Manfaat Penggunaan Email dan Cara Membuatnya Secara Gratis dan Cepat

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Dengan berkembangnya teknologi saat ini Anda dapat berkomunikasi melalui internet, baik dengan individu, kelompok kecil, perusahaan, atau organisasi. Hal tersebut dapat Anda lakukan dengan menggunakan email. Email telah memungkinkan Anda, agar dengan mudah Anda dapat mengirim serta menerima dokumen, gambar, tautan, dan file lainnya. Tidak hanya itu saja, email akan memberi Anda sebuah fleksibilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan jadwal Anda sendiri.

Email merupakan sebuah surat elektronik, karena email adalah surat yang diketik dengan format digital dimana surat ini dikirim menggunakan perangkat elektronik, seperti ponsel cerdas, laptop, dan perangkat lainnya. Email adalah salah satu protokol yang disertakan dengan rangkaian protokol seperti Transport Control Protocol/ Internet Protocol (TCP/IP). Selain itu protokol yang juga populer untuk mengirim email adalah Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) dan Post Office Protocol 3 (POP3).

Hal menarik lainnya dari email adalah email termasuk salah satu aktivitas pertama yang dilakukan melalui internet dan sampai saat ini email masih digunakan oleh banyak orang serta sampai saat ini email masih populer. Penggunaan email sangat bermanfaat untuk Anda melakukan komunikasi satu ke satu, atau kelompok kecil. Tidak hanya itu saja, Anda dapat mengirim email tindak lanjut yang memiliki sifat profesional, seperti setelah janji temu, rapat, atau wawancara secara langsung dan cepat.

 

Mengenal Apa Itu Email

Manfaat Penggunaan Email dan Cara Membuatnya Secara Gratis dan Cepat
 

Meski email adalah salah satu praktik online yang umum digunakan, namun tidak semua mengenal email dan kepanjangannya. Electronic Email dirancang sebagai program yang digunakan untuk bertukar pesan yang disimpan di dalam komputer. Dalam suatu hal pemrograman, email dikodekan dengan menggunakan teks ASCII (American Standard Code for the Exchange of Information Interchange). Dengan menggunakan email, Anda tidak hanya dapat mengirimkan sebuah teks, tetapi Anda juga dapat mengirimkan file non-teks, seperti gambar, video, dan file suara melalui email.

Selain itu, email adalah salah satu fitur pertama yang tersedia di internet dan masih menjadi salah satu fitur yang paling banyak digunakan untuk banyak situs yang berbeda, karena kepraktisannya dalam mengirim dan menerima informasi dari mana saja. Layaknya surat, email bekerja dalam fungsi yang sama seperti surat kertas biasa, tetapi email dikirim dengan menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone, laptop dan perangkat elektronik lainnya.

Penggunaan email semakin menjadi kebutuhan dasar di era digital saat ini, mulai dari untuk mendaftar di aplikasi dan media sosial, surat- menyurat profesional, hingga dalam mendaftar di e-commerce. Ada banyak sekali program dan aplikasi berbeda yang telah dirancang khusus untuk mengakses akun email Anda. Beberapa contohnya seperti Yahoo Mail dan Gmail yang dapat digunakan di perangkat ponsel atau laptop Anda dengan sistem iOS atau Android.

 

Baca Juga  :    Tips Cara Melamar Pekerjaan Melalui Email

 

Mengetahui Manfaat Penggunaan Email

Mengingat berkembangnya inovasi dan teknologi membuat cara berkomunikasi menjadi lebih mudah serta cepat. Contohnya adalah penggunaan email sebagai Email adalah sistem komunikasi virtual yang sangat populer dan banyak digunakan oleh banyak orang sejak diperkenalkan oleh Ray Tomlinson tahun 1971 silam. Dalam perkembangannya email menjadi sarana komunikasi dan korespondensi yang lebih cepat, sehingga email telah mengubah cara perusahaan untuk menjalankan bisnis.

Kemunculan email telah mempercepat dan meringkas informasi, menghilangkan hambatan global, menjaga biaya komunikasi agar tetap rendah, dan akan memungkinkan Anda memiliki fleksibilitas untuk mengakses pesan dari mana saja di dunia ini. Dengan menggunakan email, Anda mendapat banyak manfaat dari keuntungan yang ditawarkan oleh email. Berikut adalah manfaat yang perlu Anda ketahui dari penggunaan email :

  • Email dapat digunakan secara gratis

    Dibandingkan dengan pengiriman surat secara fisik dan tradisional, email merupakan alat berkomunikasi secara gratis. Dengan menggunakan email, tidak akan ada biaya lebih lanjut yang perlu Anda keluarkan untuk mengirim dan menerima pesan. Ada berbagai layanan email gratis yang tersedia untuk individu atau organisasi yang dapat Anda gunakan.

  • Email dapat disimpan dalam jangka yang panjang

    Memiliki layanan email berarti Anda dapat melihat pesan Anda dari tahun – tahun sebelumnya, karena data Anda telah disimpan secara digital, dan beberapa file dapat Anda simpan atau arsipkan melalui klien email serta Anda dapat mencarinya dengan mudah. Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan seperti percakapan, konfirmasi, atau instruksi penting dalam catatan Anda dan dengan cepat Anda dapat mencarinya jika diperlukan lagi.

  • Email dapat diakses dari mana saja

    Email telah menyediakan proses komunikasi yang tidak mendesak bagi Anda dan akan memungkinkan Anda untuk menggunakan email dengan aman. Hal ini karena Anda dapat mengakses email dari mana saja, terlepas dari waktu atau zona waktu yang berbeda. Anda dapat mengakses email dan membaca pesan Anda dari mana saja, selama Anda masih memiliki koneksi internet.

  • Email sangat cepat dan sederhana

    Ini adalah keuntungan utama dari sebuah email. Begitu juga dalam membuat akun email menulis pesan, mengirim, dan menerima pesan. Sesederhana dengan menyiapkan akun Anda, menulis pesan, mengirim, dan menerima pesan. Tidak hanya itu saja, email telah memungkinkan akses informasi dan kontak yang mudah serta cepat sehingga tidak ada lagi penundaan yang membuat komunikasi lebih efisien dan produktif.

  • Email dapat mengirim pesan secara massal

    Poin terbaik berikutnya adalah email akan memungkinkan dan memudahkan Anda untuk mengirim satu pesan ke sekelompok orang besar. Anda tidak perlu lagi mengirimkan pesan dan informasi satu persatu yang memakan waktu serta tenaga. Hal ini akan memudahkan Anda dan merupakan cara yang praktis ketika Anda ingin mengirim pesan secara massal ke beberapa penerima sekaligus.

  • Email sangat user friendly dan hemat sumber daya

    Dengan menggunakan email Anda tidak harus menggunakan segala sumber daya fisik seperti kertas dan pita pengepakan, hal ini sangat berarti karena tidak ada pemborosan sumber daya. Karena email tidak lagi menggunakan kertas, Anda tidak hanya dapat mengurangi biaya kertas, tetapi Anda sebenarnya juga mengurangi kerusakan terhadap lingkungan sekitar Anda.

 

Baca Juga  :     Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Cara Membuat Email Secara Gratis dan Cepat di Gmail

Manfaat Penggunaan Email dan Cara Membuatnya Secara Gratis dan Cepat
 

Setelah mengenal apa itu email dan mengetahui berbagai manfaat dari email, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat email dengan gratis dan cepat. Menggunakan email akan memudahkan Anda untuk berkomunikasi baik itu secara individu maupun kelompok besar. Selain itu, email akan mempercepat pertukaran informasi Anda, menghilangkan hambatan global, menjaga biaya komunikasi Anda tetap rendah bahkan dapat digunakan secara gratis.

Dengan berkembangnya teknologi, saat ini siapa saja bisa membuat dan memiliki akun email dengan mudah lagi cepat. Anda hanya perlu memilih penyedia email yang sesuai dengan kebutuhan Anda karena ada banyak sekali platform yang gratis untuk membuat akun email Anda, salah satunya adalah Gmail. Berikut adalah cara membuat akun email gratis dengan menggunakan Google Mail atau Gmail :

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Google terlebih dahulu.
  • Pergi ke browser Anda, lalu ketikkan www(dot)gmail(dot)com.
  • Lalu, klik “create account” atau “buat akun”.
  • Setelah itu akan muncul formulir pendaftaran, lalu ikuti petunjuk dengan memasukkan informasi yang diperlukan.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda untuk memverifikasi akun Anda. Saat ini Google telah menggunakan proses verifikasi dua langkah demi keamanan Anda.
  • Anda akan menerima sebuah pesan teks dari Google yang berisi kode verifikasi. Lalu, masukkan kode verifikasi tersebut untuk menyelesaikan verifikasi akun.
  • Setelah itu, Anda akan melihat formulir untuk memasukkan beberapa informasi pribadi Anda, seperti nama dan tanggal lahir Anda.
  • Selanjutnya Anda akan membaca tinjau persyaratan layanan dan kebijakan privasi Google, lalu setelah itu klik “Saya Setuju”.
  • Akun Anda berhasil dibuat.
  • Langkah terakhir, untuk memastikan akun Anda berhasil dibuat, Anda perlu kembali lagi ke halaman www(dot)gmail(dot)com. Setelah itu, ketik nama pengguna Anda (alamat email Anda), dan ketikkan kata sandi Anda.
  • Jika berhasil masuk, berarti Anda sudah berhasil membuat akun email baru Anda.

 

Baca Juga   :     Apa Itu Email Phishing : Pengertian, Bahaya, Ciri-Ciri, dan Contohnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Sebagai salah satu inovasi teknologi terbaik, email menjadi alat komunikasi yang dapat digunakan dalam berbagai cara, baik itu digunakan secara pribadi atau dalam suatu organisasi. Kebanyakan orang telah menganggap email sebagai cara yang bermanfaat untuk berkomunikasi yang memungkinkan Anda agar dengan mudah dapat mengirim dan menerima dokumen, gambar, tautan dan file lainnya.

Selain itu, email akan memberi Anda fleksibilitas untuk berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan jadwal mereka sendiri. Selain itu Anda dapat menggunakan email di berbagai platform bahkan ada yang gratis, seperti Yahoo, Gmail, Outlook, iCloud Mail, ProtonMail, Mozilla, dan beberapa platform lainnya. Bahkan untuk memiliki akun email, Anda tidak perlu mengeluarkan sedikit biaya karena Anda dapat membuat akun email secara gratis dan cepat.

Related Post :