Membuat URL Permalink di WordPress yang SEO Friendly

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Permalink atau Permanent Link merupakan suatu indentitas pada URL untuk mempermudah pengguna dalam mengakses suatu website atau blog. Salah satu tujuan dari permalink adalah untuk memaksimalkan hasil pencarian SEO pada mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing.

Baca juga : Apa itu Permalink?

Dengan memanfaatkan permalink akan mempermudah user dari segi akses dengan menggunakan permalink, karena dengan memanfaatkan permalink pengguna akan lebih mudah dalam mengingat suatu akses website.

WordPress merupakan salah satu CMS yang cocok untuk dipasangkan permalink dan lebih mudah digunakan. Pada WordPress juga terdapat cara bagaimana melakukan pengaturan untuk mengubah permalink yang digunakan nantinya, caranya adalah sebagai berikut :

  1. Login menggunakan username dan password akun wordpress Anda
  2. Klik “Pengaturan”, kemudian klik “Permalink”
    Membuat URL Permalink di WordPress yang SEO Friendly 1
  3. Pada Halaman Selanjutnya, kita akan memilih beberapa opsi Permalink yang bisa digunakan. Kita merekomendasikan untuk memilih opsi “Nama Tulisan” seperti gambar dibawah ini :
    Membuat URL Permalink di WordPress yang SEO Friendly 2
  4. Kemudian Klik Save.

Untuk membuktikan apakah sudah berhasil, silahkan buka salah satu postingan Blog Anda, maka strukturnya akan sesuai dengan permalink yang telah dipilih sebelumnya.

Dengan melakukan settingan sebelumnya, maka Anda dapat dengan bebas menentukan permalink yang cocok untuk setiap postingan, misalnya pada gambar dibawah ini :

Membuat URL Permalink di WordPress yang SEO Friendly 3

Pada gambar diatas, pengguna dapat melakukan setting dan custom permalink untuk mendapatkan Kata Kunci Permalink yang lebih baik untuk SEO.

Semoga artikel ini bermanfaat 🙂

Related Post :

popup image