Mengenal Apa itu Afiliasi (Affiliate) : Defenisi, Keunggulan, Manfaat, Cara Kerja

Business, Marketing / 0 | | 0

Apakah anda seorang pengusaha? Dan ingin mencoba dunia marketing melalui internet? saat ini sudah banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk berjualan melalui internet. Salah satunya yaitu mengenal Affiliate Marketing atau juga dikenal dengan bisnis afiliasi. Untuk bisnis afiliasi sendiri memang menjadikan internet sebagai perantara utamanya.

Mengenal Affiliate Marketing memang sangat membutuhkan internet sebagai alat utamanya untuk dapat menjalankan bisnis tersebut. Dengan begitu, sudah pasti bisnis yang satu ini menggunakan sistem penjualan secara online. Dalam mengenal Affiliate Marketing butuh untuk melibatkan pihak orang ketiga dan anda sebagai pelaku bisnis afiliasi tidak membutuhkan modal untuk bisa berjualan.

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya mengenal Affiliate Marketing mengunakan prinsip berjualan dengan berbasis komisi. Sebagai contoh yang sederhananya, anda akan mendapatkan komisi atau uang dari hasil penjualan produk yang berhasil anda jual tersebut meskipun barang yang anda jual tersebut bukanlah barang milik anda.

Dengan mengenal Affiliate Marketing, anda akan lebih cepat mendapatkan keuntungan hanya dengan mengandalkan berjualan melalui internet. untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa yang dimaksud dengan bisnis afiliasi, simak penjelasan berikut ini.

Bergabung di Program Affilate IDcloudhost

 

Apa Itu Affiliate Marketing ?

Mengenal Affiliate Marketing merupakan suatu sistem bisnis yang menggunakan internet sebagai media utamanya dengan melibatkan pihak ketiga. Dalam hal ini bisnis afiliasi adalah bisnis yang membayar jasa seseorang yang telah berhasil menjual produk ataupun jasa dari suatu perusahaan tertentu.

Apabila anda tidak memiliki modal untuk membeli produk yang nantinya akan dijual kembali, maka sangat tepat bagi anda untuk mencoba mengenal Affiliate Marketing yang satu ini. Kenapa demikian? Karena melalui bisnis ini anda akan tetap berjualan meski tidak memiliki modal, anda akan menjual produk-produk ataupun jasa milik suatu perusahaan lain kemudian apabila anda berhasil menjual produk tersebut anda akan diberikan komisi sesuai dengan produk yang telah anda jual tersebut.

Dalam kata lain, mengenal Affiliate Marketing merupakan bisnis yang berbasis komisi. Komisi yang anda dapatkan akan berbeda-beda sesuai dengan produk yang telah anda jual berdasarkan kesepakatan dan syarat yang telah diberlakukan. Jika anda tidak melakukan penjualan produk maka anda juga tidak akan mendapatkan komisi.

Jika dilihat dari pengertiannya, mengenal Affiliate Marketing kurang lebih sama saja dengan bisnis makelar pada umurnya, hanya saja bisnis ini jalankan melalui internet. Dengan adanya bantuan internet anda sebagai makelar tidak perlu pergi menawarkan produk atau jasa secara langsung, namun dapat menggunakan website yang sudah lebih dulu di ciptakan khusus untuk program afiliasi.

Setiap aktivitas penjualan yang anda lakukan maka akan dilacak secara otomatis melalui tautan afiliasi dari suatu website kepada website lainnya. Yang perlu untuk diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup penting dari tiga pihak agar dapat mendukung suksesnya menjalankan bisnis afiliasi ini, yaitu pembuat produk atau penjual, pengiklan dan konsumen.

 

Cara Kerja Bisnis Affiliate Marketing

Bagi anda yang berminat ingin menjadi seorang afiliater maka anda diwajibkan untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke suatu perusahan web afiliasi kemudian nantinya anda akan mendapatkan sebuat link afiliasi untuk anda gunakan.

Link yang sudah diberikan tersebut harus anda promosikan kesemua sosial media yang anda puny untuk nantinya apabila ada yang mengklik link yang anda promosikan tersebut. Kemudian ketika anda berminat untuk melakukan pembelian maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dari produk yang dibeli tersebut. Dengan begitu sangat mempengaruhi jumlah komisi anda juga sesuai dari pembelian tersebut.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Mengikuti Program Afiliasi

Perlu diketahui bahwa besar nominal komisi atau bayaran yang akan anda terima tersebut bervariasi tergantung pada produk atau jasa yang terjual sesuai dengan peraturan dan syarat yang sudah ditentukan. Hal ini justru sangat mendatangkan keuntungan bagi pemula yang ingin mencoba untuk berjualan namun tidak memiliki modal ataupun tidak memiliki website miliknya sendiri. Nah, IDCloudHost memiliki program Affiliate Marketing, yang dapat menunjang penghasilan binsis anda, dengan Layananan Affiliate Marketing yang profesional dan berkualitas.

 

 

Keuntungan Affiliate Marketing

Lalu apa saja keuntungan serta manfaat yang bisa anda dapatkan jikan menjalankan sistem bisnis afiliasi ini? Setelah anda mengetahui definisi dari Affiliate Marketing, selanjutnya anda perlu mengetahui keuntungan affiliate marketing. Yuk, simak Keuntungan Affiliate Marketing berikut ini :

  1. Tidak Membutuhkan Modal yang Besar

    Meskipun banyak yang mengira dalam menjalankan bisnis afiliasi anda tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun, namun kenyataan nya sebenanya anda tetap harus membutuhkan modal lain seperti laptop atau komputer dan juga jaringan internet yang dapat mendukung agar bisnis ini bisa berjalan dengan lancar.

  2. Dapat Menjual Semua Macam Produk

    Apabila anda sudah menjadi rekan dari bisnis affiliate marketing maka secara tidak langsung sudah termasuk sebagai pemilik toko atau pusat grosir karena anda dapat menjual berbagai jenis produk. Untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang anda dapatkan disarankan untuk menjual produk yang sesuai dengan minat anda sehingga akan lebih memudahkan anda untuk melakukan promosi produk tersebut karena sesuai dengan apa yang lebih anda pahami.

  3. Tidak Perlu Repot Membayar Gaji Karyawan

    Mengenal Affiliate Marketing merupakan bisnis yang dapat anda lakukan sendiri. Dengan begitu anda tidak perlu untuk repot mengeluarkan uang guna membayar gaji karyawan. Karena bisnis ini anda yang bekerja sendiri maka anda juga akan mendapatkan gaji penuh sendiri sesuai dengan keuntungan produk yang sudah berhasil anda jual tersebut.

  4. Keuntungan Jangka Panjang

    Jangka panjang dalam hal ini terjadi berulang-ulang. Kenapa demikian? Karena ketika anda memasang iklan pada suatu website tertentu atau media sosial anda maka para calon konsumen akan bisa mengklik iklan tersebut kapan dan dimana saja. Dengan begitu, jika hal tersebut terjadi berulang kali dalam jangka yang panjang maka keuntungan juga akan terus masuk kerekening anda berulang kali.

  5. Pasar Lebih Luas

    Bisnis afiliasi merupakan bisnis yang terbuka sangat terbuka luas. Dalam hal ini memiliki pasar yang sangat luas karena menggunakan jejaring internet maka anda juga sangat berpotensial untuk menjangkau pasar tidak hanya dalam negeri namun juga pasar luar negeri.

 

Kesinpulan dan Penutup

Nah itulah penjelasan mengenai bisnis afiliasi, dalam mengenal Affiliate Marketing sebenarnya tidak terlalu rumit namun sangat berpotensial untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Dengan demikian ada baiknya untuk anda mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis ini ya.

Affiliate Marketing sangat cocok bagi anda yan tidak memiliki modal namun ingin menjalankan bisnis. Apalagi bisnis ini bisa nada pasarkan di media social yang jangkauan pasarnya lebih luas.

Produk yang anda tawarkan pun bisa berabagai macam, bahkan hanya dengan mengklik iklan yang anda pasang dalam sebuah website akan mendatangkan pundi – pundi rupiah untuk anda.

Related Post :

popup image