Mengenal Apa Itu Backdoor Dan Cara Menghindarinya

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Saat Anda memiliki sebuah website dan keamanan pada website maka Anda pasti pernah mendengar yang namanya backdoor. Sejak tahun 2013 backdoor menjadi perbincangan karena ketika backdoor pada device kalian maka device kalian sebenarnya sedang terkena malware. Saat ada malware pada device kalian maka kalian akan mendapatkan bahaya dari backdoor dan harus segera diatasi karena jika dibiarkan akan berbahaya.

Pada artikel ini akan diberikan penjelasan menganai backdoor dan bahaya dari backdoor. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi kita agar bisa menangani dan bisa terhindar dari visus backdoor. Akan sangat mengganggu aktivitas Anda jika ada backdoor di device Anda.

Sebenarnya apa itu backdoor dan bagaimana cara menghindarinya itulah yang akan dijelaskan pada artikel ini. Akan dijelaskan secara terperinci dan jelas bahaya dari backdoor agar bisa dipahami oleh orang awang sekalipun.

Apa sih backdoor itu?

Backdoor merupakan sebuah portal yang menyerang sebuah software atau sistem computer yang biasanya tidak terkokumentasi. Portal tersebut akan mengijinkan administrator agar bisa masuk ke dalam sistem dan malakukan perawatan atau yang biasa disebut troubleshooting.

Istilah backdoor sendiri sering sekali digunakan dalam masalah hacking. Dalam dunia hacking backdoor sendiri bisa diartikan sebagai portal atau pintu masuk yang rahasia dan biasanya digunakan oleh hackers atau badan-badan intelijen agar bisa mendapatkan jalan atau akses gelap ke dalam sebuah perangkat lunak atau software, webisite dan bisa juga sistem komputer.

Istilah backdoor bisa diartikan bermacam-macam, namun pada umumnya backdoor dikenal lebih mejurus pada sebuah akses yang tertanam resmi yang merupakan salah satu bahaya dari backdoor dalam sistem atau program perangkat lunak guna administrasi jarak jauh.

Pada umumnya, backdoor yang seperti itu tidak bisa terdokumentasi dan dimanfaatkan untuk menjalankan mantainance pada software atau bisa jugas sistem. Sebagain backdoor yang administratif biasanya mengguanakan password dan username sebagai pengaman yang tidak bisa diubah. Meskipun demikian ada beberapa backdoor yang bisa menggunakan kredensiao dan bisa diubah.

Bahaya dari backdoor lainnya yaitu agar bisa mendeteksi adanya backdoor memang sedikit sulit dan biasanya pemilik dari sistem tidak mengetahui adanya backdoor. Namun biasanya pembuat software akan mengetahui sistem tersebut memang ada backdoor yang berbahaya.

Pembuat backdoor memiliki sifat built-in yang membuat sebuah perangkat lunak menjadi sangat rawan terkena hacker yang memang menginginkan sebuah jalan ke sistem tersebut. Para penyerang website atau biasanya disebut attackers bisa menginstall backdoor milik mereka untuk bisa masuk pada website yang ditargetkan.

Selain itu, mereka bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa mengakses dalam jarak yang jauh. Sebuah malware yang diinstall atau Remote Acces Trojan (RAT) bisa digunakan jika ingin menginstall malware lainnya pada sebuah sitem sehingga sistem akan di serang oleh beberapa malware.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Malware, Penyebab, dan Mengatasinya

Sejak tahun 2013 backdoor menjadi perbincangan setelah terjadinya kebocoran dari dokumen Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA). Dokumen yang bocor tersbeut berisi perintah dari NSA agar memasang backdoor yang ditunjukan kepada perusahaan elektronik agar menyerang produk yang mereka hasilakan dan terkhusus pada perusahaan yang memakai sistem enskripsi. Adanya bahaya dari backdoor tersebut membuat badan intelijen bisa membaca data yang ada produk tersebut.

 

Bagimana Cara Menghindari Backdoor?

Setelah kita mengetahhui apa itu backdoor dan bahaya dari backdoor bagi device kita maka akan lebih jika kita bisa menghindari serangan backdoor. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa terhindar dari backdoor yaitu:

 

  1. Mengaktifkan firewall
    Jika kita mengaktifkan firewall pada device atau website yang kita gunakan maka akan secara otomatis memblock user yang tidak dikenali atau user tanpa ijin dan mereka tidak akan bisa mengambil dan membuka data dari device atau website kita.

    Baca Juga : Mengenal Pentingannya Menggunakan FIrewall
     

  2. Lebih berhati-hati dengan software yang open source
    Sebenarnya kita boleh saja menggunakan software open source namun dengan syarat bahwa software tesebut memiliki rating yang baik dan terjami keamanannya. Saat kita akan menggunakan software open source makan kita sebaiknya menggunakan dari yang resmi namun tidak jarang juga bahaya dari backdoor yaitu backdoor yang tersembunyi yang nantinya bisa mencuri data dari device Anda. Selain semua backdoor tersebut bisa dengan mudah mengetahui serta bisa mengubah kode keamanan software yang bisa memberi akses backdoor ke jaringan yang lain.
     
  3. Menggunakan software anti virus
    Software anti virus ini setidaknya bisa menghalangi bahaya dari backdoor untuk memasuki jaringan Anda. Namu ada hal yang penting ketika akan menggunakan software anti virus yaitu pastika software yang kalian gunakan merupakan software yang terupdate dengan versi yang baru. Hal lainnya yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa semua sistem operasi yang digunakan atau program yang ada di laptop Anda merupakan yang terupdate. Sehingga, device kalian akan terhindar dari serangan backdoor.
     
  4. Lebih berhati-hati dengan email yang kalian terima
    Saat ini hacker bisa mengakses email bahkan bisa menjadi seolah-olah itu adalah orang yang Anda kenal. Jika ada email masuk dan email tersebut kalian terima atas nama teman kalian sendiri jangan langsung percaya karena bisa saja itu adalah hacker yang menyamar menjadi teman kalian. Salah satu cara untuk menangani hal tersbeut adalah dengan menggunakan anti virus yang bisa melakukan scan pada email. Setiap file yang di kirim di email di scan terlebih dahulu sebelum Anda membukanya yang bertujuan untuk terhindar dari backdoor dan serangan yang lainnya.

 

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm

Itu adalah bebarapa bahaya dari backdoor dan cara agar terhindari dari serangan backdoor yang bisa kalian terapakan dan nampaknya tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Lebih baik mencegah dari mengobati karena ketika sudah terserang backdoor maka akan sulit untuk bisa diatasi.

Related Post :

popup image