Mengenal Apa itu Bandwidth : Defenisi, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Saat ini penggunaan internet bukan lagi menjadi hal yang awam bagi masyarakat. Hampir disetiap kalangan sudah mengenal dan menggunakan internet sebagai kebutuhan komunikasinya sehari-hari. Terdapat istilah bandwidth yang sering dikaitkan dengan penggunaan internet, namun dalam hal apakah anda mengenal apa itu bandwidth?

Mungkin masih banyak dari masyarakat awam yang mungkin merasa asing dengan istilah bandwidth. Namun bagi anda yang sudah biasa berteman dengan dunia jaringan, istilah bandwidth pasti sudah sangat familiar bukan? Secara garis besar Mengenal Bandwidth sangat berkaitan dengan besar volume suatu informasi pada per satuan unit waktu yang digunakan sebagai media transmisi.

Pada jaringan komputer biasanya istilah Mengenal Bandwidth juga sering dikaitkan dengan data transfer rate, yang dimaksud adalah jumlah data yang ditransfer atau dikirim dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam jangka waktu tertentu, namun biasanya dihitung pada kurun waktu perdetik. Jadi jika digambarkan secara umum bandwidth layaknya suatu kapasitas maksimal data yang dapat digunakan untuk mengirim data dalam satuan perdetik di suatu jalur komunikasi.

Layanan Hosting Murah IDCloudhost

Untuk lebih lanjut berikut ini penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan bandwidth, apa saja fungsi serta manfaatnya, dan yang paling penting bagaimana cara kerjanya.

Pengertian Apa itu Bandwidth

 

Mengenal Bandwidth merupakan besar kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi yang berfungsi dalam mengirimkan data dari server kepada client pada hitungan bit per second (bps). Jumlah dari kapasitas bandwidth tersebut sangat berpengaruh terhadap kemampuan dari akses yang diberikan. Apabila bandwidth nya besar maka akan memberikan kemampuan trasmisi data yang besar pula contohnya seperti audio file, video file, atau gambar.

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa bandwidth adalah jumlah maksimal dari besar nya transfer yang mampu dilakukan di suatu proses pertukaran data dalam kurun waktu tertentu. Jika dianalogikan, Mengenal Bandwidthbagaikan seperti lebarnya jalan raya sedangkan kendaraan yang biasa melintas pada jalan raya tersebut adalah data yang masuk pada jalur komunikasinya. Nah , jika semakin besar bandwidth, sedangkan arus datanya kecil maka lalu lintas akan semakin lebih lancar. Justru sebaliknya apabila bandwidthnya kecil namun arus datanya besar maka lalu lintas data pun juga akan semakin lambat bahkan terhenti.

Untuk mengukur bandwidth biasanya menggunakan satuan Mbps (megabit per second). Sebagai contoh, jika anda memiliki bandwidth 100Mbps maka sejalan dengan jumlah data maksimal yang bisa dilewati hanya 100Mbps per second pada suatu saluran komunikasi. Dengan demikian, apabila semakin besar bandwidth yang anda miliki maka akan semakin besarpun data yang dapat melewati saluran komunikasi tersebut.

Yang perlu diketahui bahwa kecepatan dengan bandwidth tidaklah sama. Jika ditarik kesimpulan dari penjelasan diatas maka Mengenal Bandwidthdapat didefinisikan sebagai luas atau lebarnya cangkupan frekuensi pada medium transmisi yang dipakai oleh sinyal.

Ada dua macam Bandwidth yang perlu diketahui yaitu bandwidth analog dan digital.

 

  1. Bandwidth Analog, merupakan rentang frekuensi yang biasanya diukur pada satuan Hertz/Hz, berfungsi dalam menentukan banyaknya informasi atau data yang dapat ditransmisi pada waktu tertentu.
  2. Bandwidth Digital, merupakan jumlah atau volume dari suatu data yang dikirumkan lewat saluran komunikasi tanpa adanya distorsi dalam satuan bit per second (bps)

Baca Juga : Fitur Cpanel : Bandwidth – Mengetahui Penggunaan Bandwidth

 

Perbedaan Bandwidth dengan Throughput

Throughput adalah nama yang diberikan kepada jumlah data yang dapat dikirim dan diterima dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, throughput mengukur tingkat keberhasilan pesan sampai di tujuannya. Ini adalah ukuran praktis pengiriman paket aktual daripada pengiriman paket teoritis. Throughput rata-rata memberi tahu pengguna berapa banyak paket yang tiba di tujuan.

Di permukaan, bandwidth dan throughput tampaknya serupa tetapi mereka tidak bisa terpisah jauh dalam praktik. Analogi yang paling umum digunakan untuk menggambarkan hubungan antara keduanya adalah menganggap bandwidth sebagai pipa dan throughput sebagai air. Semakin besar pipa atau bandwidth, semakin banyak air atau data yang dapat mengalir melaluinya sekaligus.

Dalam jaringan, ini berarti bahwa jumlah bandwidth menentukan berapa banyak paket yang dapat dikirim dan diterima antar perangkat sekaligus dan jumlah throughput memberi tahu Anda berapa banyak paket yang benar-benar ditransmisikan. Secara singkat, throughput dan bandwidth dapat didefinisikan sebagai berikut:

 

  • Throughput – Throughput adalah istilah yang digunakan untuk berapa banyak data yang dapat ditransfer dari sumber ke tujuannya dalam jangka waktu tertentu
  • Bandwidth – Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk kapasitas transfer maksimum jaringan.

 

Fungsi Penggunaan bandwidth

Setelah membahas mengenai pengertian dari bandwidth maka anda juga harus paham apa saja fungsi dari penggunaan bandwidth, berikut beberapa fungsi dari bandwidth secara garis besar;

  1. Sebagai Media untuk Pengiriman Data
    Jika diibaratkan dengan kabel fisik pada LAN yang biasanya digunakan sebagi penghubung koneksi LAN dengan perangkat komputer maka dalam hal ini Mengenal Bandwidth berfungsi sebagai media yang dapat menghubungkan jalannya proses transfer pada data.
     
  2. Sebagai Pembatas Kecepatan Transfer
    Meskipun berfungsi sebagai media penghubung jalannya proses data namun Mengenal Bandwidth juga bekerja sebagai pembatas dari kecepatan transfer data tersebut. Umumnya hal ini dimanfaatkan oleh para administrator guna mengelola jaringan supaya dapat terhindar dari tindakan pencurian data.
     
  3. Sebagai Pembatas Kecepatan Pengiriman Data
    Juga dapat berfungsi sebagai pembatas kecepatan pengiriman data dalam satuan waktu tertentu, biasanya digunakan oleh pihak administrator sebagai contoh pihak administrator menyediakan bandwidth 1GB perbulan dengan mempertimbangkan jumlah perangkat yang digunakan, maka batas maksimal data yang bisa dikirim hanya 1GB dan tidak bisa lebih.

 

Cara Kerja dari Penggunaan Bandwidth

Mengenal Bandwidth sebagai suatu hal yang penting dalam suatu jaringan maka semua aktifitas proses pengiriman data maupu transfer sangat membutuhkan kehadiran bandwidth ini. Meskipun begitu tahukah anda bagaimana cara kerja dari bandwidth itu?

 

Untuk cara kerja dari Bandwidth sendiri sebenarnya masih berkaitan dengan ketiga fungsi diatas yang sudah dijelaskan. Besar kapasitas bandwidth pada jaringan komunikasi sangat memberikan pengaruh terhadap kinerja jaringan tersebut, namun apabila pada saat prosesnya terjadi beberapa gangguan maka ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya yaitu seperti packet loss, latency, atau bahkan bisa jadi dari faktor bandwidth itu sendiri.

Banyak orang Mengenal Bandwidth sebagai suatu komponen yang berperan penting dalam pengiriman data pada suatu jaringan, yang perlu diperhatikan bahwa besar kapasitas dari bandwidth penting demi kelancaran dari proses pengiriman data tersebut. Sebagai contoh apabila anda mengunggah atau mengunduh beberapa file yang berukuran besar dalam jumlah yang banyak maka kapasitas dari bandwidth juga akan semakin cepat habis.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Bandwidth

Nah, itulah beberapa penjelasan dalam Mengenal Bandwidth mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga cara kerja dari bandwidth itu sendiri. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai jaringan internet.

Related Post :

popup image