Mengenal Apa itu CDN (Content Delivery Network) untuk Website

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Pernahkan Anda mendengar istilah CDN? Mungkin sebagian dari Anda ketika mendengar istilah CDN pasti bertanya-tanya apa sih CDN itu.? Istilah CDN sendiri merupakan singkatan dari Content Delivery Network yang sangat berguna untuk mengamankan data yang sensitif dari serangan para hacker. Pada artikel kali ini, Kami akan membahas apa itu CDN dan juga manfaat CDN untuk website.

 

Definisi CDN (Content Delivery Network)

CDN (Content Delivery Network) merupakan sebuah server yang ditempatkan di beberapa lokasi untuk menyebarkan berbagai konten website ke beberapa wilayah geografis yang luas. Oleh karena itu, CDN sangat berperan dalam kecepatan pengiriman konten website meskipun visitor dan server berada di lokasi dengan jarak yang cukup jauh.

Contohnya, CDN memungkinkan pengiriman konten menjadi lebih cepat ketika Anda sedang berada di Luar Negeri, akan tetapi ingin mengakses website yang server-nya ada di Indonesia. Maka dengan CDN pengiriman konten akan lebih cepat walaupun berada di lokasi yang berbeda dengan jarak yang cukup jauh.

Selain itu, CDN (Content Delivery Network) ini memungkinkan semua sisi dunia dapat terhubung dengan cara menghadirkan konten agar lebih dekat untuk orang-orang yang membutuhkannya tanpa khawatir terhalang oleh jarak.

 

Sejarah Singkat Mengenai CDN (Content Delivery Network)

Pada tahun 1998, CDN (Content Delivery Network) pertama kali berkembang dan digunakan. Pada saat itu, industri besar mulai menggunakan CDN untuk website Mereka. Karena CDN mempunyai kemampuan untuk meningkatkan hardware data center Mereka dan meringankan kinerja hardware.

Sampai saat ini CDN berkembang menjadi layanan yang bisa digunakan oleh siapa saja. CDN (Content Delivery Network) menyimpan file statis dalam pemrosesan pada halaman website dengan menggunakan API yang dapat menghubungkan website dengan server CDN.

 

Manfaat CDN untuk Website

Berikut ini manfaat CDN (Content Delivery Network) yang dapat Anda dapatkan ketika menerapkannya untuk sebuah website.

1. Meningkatkan Kecepatan Akses

Manfaat yang pertama yaitu meningkatkan kecepatan. Menggunakan CDN (Content Delivery Network) merupakan cara yang paling tepat untuk meningkatkan kecepatan serta mengurangi penggunaan resource pada website. Selain itu, CDN dapat mengetahui lokasi konten statik seperti video, JavaScript, gambar, dan lain-lain sehingga dapat diakses dengan cepat agar bisa meningkatkan waktu respon server.

Selain itu, setiap node pada CDN bekerja secara simultan berdasarkan pada wilayah terdekat sehingga waktu respon server menjadi sangat cepat untuk mengakses file. Tidak hanya itu, kecepatan akses website juga akan meningkat apabila pengunjung berada di jarak yang dekat dengan lokasi server. Selain itu, kecepatan akses dapat menghasilkan ranking website di Google akan meningkat karena kecepatan akan mempengaruhi ranking sebuah website di Google.

2. Memperbaiki Penyebaran Konten

Pada sebuah website, downtime akan sering terjadi jika trafik tinggi dan terjadi kegagalan pada hardware. Dengan mendistribusikan beban ke sistem distribusi konten, maka beban server dan infrastruktur akan lebih ringan. CDN (Content Delivery Network) juga dapat memastikan halaman sebuah website bisa tampil lebih baik di seluruh dunia.

3. Memastikan Website dapat Diakses secara Global

Manfaat yang ketiga, CDN dapat memastikan website dapat diakses secara global karena CDN memiliki sejumlah server yang tersebar di seluruh dunia sehingga memungkinkan visitor yang berada di seluruh dunia dapat mengakses website Anda.

4. Menjadi Solusi Tepat untuk Website yang Mempunyai Visitor dengan Jumlah yang Banyak

CDN (Content Delivery Network) menyimpan cache website di sejumlah server di seluruh dunia. Ketika visitor ingin mengakses situs milik Anda, CDN akan mengarahkan ke server yang mempunyai jarak paling dekat dengannya. Ketika situs mempunyai banyak visitor, cara ini akan mengurangi beban server.

5. Mengurangi Penggunaan Resource (Bandwidth dan Disk Space)

CDN (Content Delivery Network) melakukan cache dan kemudian mengirimkan ke visitor dengan cara meminimalisir permintaan ke server hosting. CDN ini akan bermanfaat untuk Anda yang memiliki hosting dengan sumber daya terbatas. Contohnya adanya pembatasan bandwidth yang bisa melebihi kapasitas yang ada. Selain itu, biasanya pada beberapa penyedia hosting juga menerapkan batasan disk space atau RAM untuk sebuah hosting.

 

Cara Kerja CDN (Content Delivery Network)

Cara Kerja Content Delivery Network (CDN) sebenarnya mudah seklai, dimana server Content Delivery Network (CDN) ditempatkan padad beberapa lokasi yang dilengkapi dengan beberapa backbone yang selanjutnya server-server Content Delivery Network (CDN) tersebut akan melakukan “mirroring” dari server utama yang berada disuatu tempat terpusat. Apabila terdapat perubahan konten maka Content Delivery Network (CDN) akan melakukan “casting” yang secara otomatis memperbaharui server Content Delivery Network (CDN).

Berikut ini  adalah contoh cara Kerja Content Delivery Network (CDN)  menggunakan Cloudflare :

 

Baca Juga : Mengenal CloudFlare – Web Performance & Security

Secara sederhana, CDN dapat bekerja dengan melakukan hal berikut :

  1. Mengurangi pemakaian bandwidth dengan cara menyediakan konten dari beberapa lokasi dengan mengirimkannya dari satu server.
  2. Mendistribusikan serta menyimpan berbagai macam tipe konten, seperti teks, file media, gambar agar akses dapat dilakukan dengan cepat.
  3. Menangani lonjakan trafik seperti pada hari libur atau dalam keadaan darurat nasional tanpa ada gangguan pada layanan.

 

Cara Menggunakan CDN

Bagi Anda yang mempunyai website tanpa menngunakan CMS (Content Management System), Anda dapat menggunakan API CDN menggunakan berbagai macam CMS. Sedangkan untuk website yang menggunakan CMS seperti Joomla, WordPress dan juga Drupal setiap CDN provider telah menyediakan extension atau plugin yang dapat diunduh dan dipasang di website dengan mudah.

Dari apa yang sudah Kami jelaskan diatas, saat ini Anda tentunya sudah mengetahui bahwa CDN menawarkan banyak manfaat untuk meningkatkan kecepatan untuk membuat sebuah website akan lebih atraktif bagi pengunjung.

CDN (Content Delivery Network) tidak hanya dapat digunakan oleh orang yang mempunyai kemampuan programming yang mahir, akan tetapi CDN juga menjadi solusi yang tepat untuk seorang pemula karena menggunakan CDN tidak perlu kemampuan programming tinggi. Secara garis besar, CDN dapat meningkatkan aksesibilitas, menjaga kestabilan bandwidth dan juga mempercepat respon server.

 

Kesimpulan dan Penutup

Content Delivery Network (CDN) mempunyai banyak sekali manfaat  yang bisa kita dapatkan terutama dari sisi Performa Website dan juga Keamanan Website. Ada banyak sekali Fungsi dan juga manfaat jika kamu menggunakan Content Delivery Network (CDN) untuk Website kamu.

Cara Kerja Content Delivery Network (CDN) juga bekerja secara Peer to Peer yang membuat Website Anda akan lebih aman untuk di akses. Selain itu juga Content Delivery Network (CDN) sudah tersedia dibeberapa  Web Hosting Provider termasuk di IDcloudhost sendiri fasilitas Content Delivery Network (CDN) sudah terintegrasi langsung dengan Web Hosting Kamu, Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait hal ini, jangan ragu untuk menghubungi tim IDcloudhost.

Related Post :

popup image