Mengenal Apa Itu Cloudflare, Definisi dan Cara Kerjanya

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Dengan umumnya dan bergantungnya masyarakat dunia kepada internet, tidak hanya memberi kemudahan tetapi juga dapat berdampak buruk juga. Seperti pengaruhnya terhadap kecepatan akses pada situs web bisnis dan perusahaan yang bisa mempengaruhi keamanannya. Ada beberapa cara untuk menangani masalah latency melalui internet, salah satunya adalah CDN (Content Delivery Network).

CDN mengharuskan Anda untuk menyebarkan beberapa pusat data di seluruh dunia dan memiliki sistem DNS yang mengarahkan permintaan Anda ke server edge terdekat, memberikan ketersediaan tinggi dengan masalah latensi minimal. Salah satu cara Anda mengurangi risiko keamanan adalah dengan menambahkan lapisan perangkat lunak atau filter untuk menyaring permintaan web sebelum benar-benar dilayani oleh sistem Anda.

Tentunya kedua pendekatan tersebut membutuhkan investasi besar-besaran baik dalam waktu maupun uang. Ini membuka pasar besar bagi perusahaan yang mampu menawarkan pusat data dengan jangkauan global dan fitur keamanan yang mengurangi sebagian besar risiko dengan investasi minimum. Di antara penyedia layanan ini adalah Cloudflare yang akan dijelaskan di bawah ini.

 

Mengenal Apa Itu dan Definisi Cloudflare

Cloudflare adalah produk jenis CDN gratis yang melindungi dari ancaman seperti injeksi SQL dan pencurian identitas. Teknologi ini juga bisa membantu untuk meningkatkan kinerja situs dan mempercepat waktu pemuatan dengan menggunakan beberapa pusat data mereka yang berlokasi di seluruh dunia. Jaringan Cloudflare bertindak seperti VPN raksasa yang berarti bahwa pengunjung situs akan mengakses situs web Anda dengan secara fisik diarahkan ke server terdekat.

Secara sederhana, semakin dekat pusat data, semakin cepat situs web Anda dimuat untuk pengguna yang menjadi poin unik dari Cloudflare. Selain itu Cloudflare membantu dalam mengurangi perayapan bot dimana hal ini dapat bermanfaat dan berbahaya tergantung pada sumbernya. Perayapan bot biasanya digunakan untuk membuka situs web dan merangkak/crawling informasi di halaman web Anda. Meskipun ini dapat membantu ketika menangkap pencuri konten menggunakan desain situs web Anda tanpa izin, teknik ini juga dapat menghasilkan tayangan iklan palsu, menyuntikkan spam dan malware melalui file backdoors, mencuri konten dan informasi situs web.

Cara yang baik untuk menjelaskan Cloudflare lainnya adalah dengan menganggapnya sebagai proxy web. Karena cache situs web Anda tersedia untuk pengunjung, Cloudflare dapat memblokir konten yang mencurigakan dan membuat Anda tetap aman dari virus berbahaya, robot spam, dan arus lalu lintas yang berbahaya.

 

Baca Juga  :    Proxy Server : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

 

Memahami Cara Kerja Cloudflare

Mengenal Apa Itu Cloudflare, Definisi dan Cara Kerjanya
 

 

Bertindak sebagai proxy terbalik, Cloudflare semacam dinding yang harus dilalui permintaan untuk mencapai situs Anda. Cloudflare bekerja pada 3 cara vertikal yakni Keamanan, Kinerja, dan Keandalan yang menawarkan yang terbaik untuk Anda dan pengunjung Anda. Bisa dikatakan kalau Cloudflare menopang keamanan, dengan memindai permintaan yang ditargetkan pada aplikasi web Anda, mencari konten berbahaya berdasarkan alamat IP yang dicurigai, jenis sumber daya yang diminta, payload permintaan dan frekuensinya, dan firewall yang menyertakan aturan yang ditentukan oleh Anda sebagai pelanggan.

Pada cara vertikal Kinerja, Cloudflare menggunakan beberapa teknik untuk memberikan konten yang lancar kepada pengunjung Anda, dengan menyimpan konten statis di pusat data Cloudflare dan meneruskan permintaan ke situs asal jika ada konten dinamis. Cloudflare juga menggunakan perutean cerdas melalui 200 pusat datanya yang kuat, yang berlokasi strategis di seluruh dunia. Sedangkan pada cara Keandalan, Cloudflare ternyata menjadi salah satu yang paling dapat diandalkan di industri dengan 738 miliar permintaan DNS diselesaikan per hari di 25 juta properti internet. Permintaan ini termasuk dari situs e-commerce, lembaga pemerintah, dan perusahaan. Secara teknis Cloudflare bertindak sebagai proxy terbalik, yang berarti semua lalu lintas akan dialihkan melalui server Cloudflare yang tersebar di 200 kota di seluruh dunia.

 

Baca Juga  :    Mengenal Apa Itu Load Balancing, Algoritma/Metode dan Manfaatnya

 

Manfaat Menggunakan Cloudflare

Bahkan jika pengguna menggunakan paket gratis, Cloudflare tetap memberi Anda peningkatan yang berharga baik untuk kinerja maupun keamanan. Berikut adalah manfaat utama menggunakan Cloudflare :

  1. Perlindungan terhadap lalu lintas berbahaya

    Karena semua lalu lintas ke situs web Anda pertama kali melewati jaringan Cloudflare, lalu lintas berbahaya seperti serangan DDoS, spam komentar, atau pengikisan konten dapat dideteksi dan di filter atau dialihkan tanpa pernah mencapai server Anda sejak awal.Ancaman berbahaya dideteksi menggunakan berbagai pengidentifikasi, termasuk alamat IP berbahaya yang diketahui sebelumnya, jenis permintaan yang dibuat, muatan berbahaya apa pun yang mungkin disertakan dalam permintaan, atau bahkan waktu dan frekuensi koneksi mereka.
    Ditimbang terhadap tingkat keamanan yang telah Anda siapkan di situs Anda untuk menentukan apakah pengunjung diizinkan masuk, jika verifikasi tambahan pada browser pengunjung diperlukan, atau jika kunjungan diblokir seluruhnya.

  2. Mengurangi beban server

    Manfaat lain dari caching adalah server Anda tidak perlu menangani semua lalu lintas webnya. Sebagai gantinya, ini akan menyediakan jaringan Cloudflare dengan salinan situs terbaru sesuai kebutuhan yang pada gilirannya disajikan kepada pengunjung Anda.

  3. Mengurangi latensi

    Karena data situs web Anda di-cache di seluruh jaringan Cloudflare, pengunjung situs akan memuat situs Anda dari pusat data Cloudflare terdekat mereka yang akan mengurangi latensi, daripada harus memuatnya langsung dari server Anda.

  4. Sertifikat SSL Universal

    Menyiapkan SSL (Secure Sockets Layer) bisa jadi hal yang sepele atau bisa jadi cukup merepotkan karena ini tergantung pada server web Anda dan pengaturan domain Anda. Cloudflare secara otomatis memberi Anda sertifikat SSL pada domain proksi apa pun, sehingga pengunjung Anda dapat menikmati koneksi yang aman meskipun SSL tidak diatur di server Anda. Anda juga dapat mengatur pengaturan SSL yang fleksibel, sehingga sertifikat yang ditandatangani sendiri masih dapat mengamankan situs web Anda selain yang disediakan Cloudflare.

 

Baca Juga  :    Manfaat Menggunakan VPN (Virtual Private Network) Bagi Pengguna Online yang Aktif

 

Fitur- Fitur Terbaik Cloudflare

Mengenal Apa Itu Cloudflare, Definisi dan Cara Kerjanya
 

Apa yang membuat Cloudflare unik adalah fakta bahwa Cloudflare bukan penyedia hosting. Setelah situs web Anda aktif dan berjalan, Anda dapat mengubah pengaturan DNS ke server Cloudflare, sehingga situs web Anda di-cache. Semua kemudahan ini tidak terlepas dari fitur- fiturnya yakni :

  • Kemampuan memuat CDN seimbang secara global
  • Mengurangi serangan DDoS
  • Perutean Berbasis Geo
  • Streaming
  • Pengoptimalan Seluler
  • Analitik
  • Argo Tunnel
  • Argo Smart Routing

 

Baca Juga  :    Mengenal CloudFlare – Web Performance & Security

 

Kesimpulan dan Penutup

Situs web dan aplikasi web telah menjadi hal umum di zaman modern saat ini. Sebagian besar situs web dan aplikasi web ini sebagian besar dibuat aman dan pribadi, tetapi banyak usaha kecil dan orang non-teknologi memiliki akses terbatas ke kebijakan keamanan mereka. Maka diperlukan bantuan luar seperti Cloudflare yang akan membantu memberikan keamanan dan kinerja untuk jenis situs web ini.

Cloudflare sendiri merupakan penyedia infrastruktur internet, yang idenya adalah untuk meningkatkan keamanan, kinerja, dan keandalan apa pun yang terhubung ke internet. Dimana Cloudflare yang sebagian besar fitur intinya dapat digunakan secara gratis dan menyediakan dan pengaturan sederhana untuk menginstal dan digunakan oleh pemilik situs web. Terlebih lagi Cloudflare juga memiliki UI dan API untuk mengelola situs web Anda.
 

Related Post :