Mengenal Apa Itu Colocation Server Beserta Manfaatnya

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Colocation server hosting atau lebih sering disebut colocation server adalah praktik yang terdiri dari hosting server pribadi di pusat data pihak ketiga. Dengan kata lain, alih-alih menyimpan server internal di kantor mereka atau di pusat data pribadi, bisnis mengalihdayakan perangkat keras server mereka ke pusat data colocation. Dengan cara ini, mereka menuai manfaat dari layanan hosting colocation yang mereka gunakan.

Manfaat umum dari penggunaan colocation server seperti sistem pendingin server, daya yang andal, pemeliharaan perangkat keras dan lunak, pencadangan data, kontrol iklim dan energi, serta peningkatan bandwidth Internet. Fasilitas colocation sering dioperasikan oleh Internet Service Provider (ISP), yang umumnya memiliki jalur serat optik sendiri, sehingga menjamin ketersediaan jaringan secara permanen.

Bisnis memanfaatkan layanan colocation untuk memastikan konektivitas Internet yang aman dan andal serta ruang untuk data, aplikasi, dan situs web mereka. Umumnya, perusahaan hosting menawarkan dukungan di tempat dan layanan jaringan terkelola tambahan untuk memperkuat keamanan dan konektivitas mereka. Mari simak dan ketahui colocation server lebih lanjut berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Colocation Server

Colocation, juga dikenal sebagai Co-location atau Colo yang sering disingkat, adalah konsep sederhana pada intinya. Daripada perusahaan yang menyimpan server di ruang server di dalam fasilitas mereka sendiri, colocation memungkinkan bisnis untuk menyewa ruang dan daya di dalam pusat data jarak jauh penyedia. Dengan imbalan biaya bulanan, bisnis yang memiliki server dapat menggunakan sumber daya pusat data sambil tetap menggunakan perangkat keras dan personel yang telah mereka bayar.

Menggunakan colocation mirip dengan menyewa unit penyimpanan di fasilitas sewa penyimpanan yang besar. Perusahaan yang menyediakan ruang memiliki gedung. Unit penyimpanan ditawarkan dalam bentuk rak dan sangkar, tetapi isi wadah ini adalah milik pribadi organisasi yang menyewa ruang tersebut. Pelanggan kemudian diberikan akses 24/7 ke server mereka dalam fasilitas yang dipantau dengan aman. Sementara peralatan disimpan dari jarak jauh, tanggung jawab untuk memelihara server tetap pada perusahaan yang memilikinya.

Biasanya, saat membeli layanan colocation, perusahaan yang menyediakan layanan menawarkan penggunaan ruang fisik, perangkat keras pendingin, penggunaan daya, bandwidth, dan prosedur keamanan/mitigasi bencana fisik. Dari sana, pemilik harus memelihara server mereka sendiri. Akibatnya, harga untuk layanan colocation dapat sangat bervariasi. Biasanya biaya ini berkorelasi langsung dengan jumlah ruang fisik yang disewa. Selain itu, kekuatan konektivitas jaringan yang diperlukan per server, dan jumlah dukungan di tempat yang diperlukan untuk mempertahankan faktor server juga.

 

Baca Juga  :     Manfaat dan Keunggulan Server Private Cloud di Indonesia

 

Manfaat Penggunaan Colocation Server

Mengenal Apa Itu Colocation Server Beserta Manfaatnya
 

Jika Anda mencari solusi hosting, ada banyak opsi berbeda yang tersedia untuk bisnis Anda. Colocation hosting sangat populer untuk perusahaan yang ingin memperluas departemen IT mereka secara internal tanpa harus membayar biaya dari Managed Service Provider (MSP). Seperti disebutkan, penyedia hosting colocation tidak hanya menyewakan Anda ruang fisik di pusat data, tetapi juga menawarkan layanan colocation tambahan seperti manfaat berikut ini :

  • Kontrol dan kendali

    Saat Anda memanfaatkan hosting colocation, bisnis Anda masih mengendalikan segalanya. Anda mengendalikan pemeliharaan dan konfigurasi server disamping Anda juga dapat memanfaatkan infrastruktur Data Center.

  • Waktu respons lebih cepat

    Dengan bandwidth yang lebih besar, waktu respons server Anda akan berkurang yang secara signifikan sehingga Anda dapat menawarkan layanan yang lebih berkualitas bagi bisnis Anda.

  • Pemantauan di tempat

    Umumnya, pusat data memiliki teknisi pendukung yang memantau fasilitas 24/7, 365 hari setahun. Jadi ini akan memberikan Anda bantuan penanggulangan kesalahan jika terjadi permasalahan kapanpun juga.

  • Bandwidth lebih besar

    Saat Anda menyewa ruang di dalam perusahaan yang menawarkan hosting colocation, server Anda terhubung ke jaringan penyedia hosting, yang memberi Anda akses ke kecepatan koneksi daya industri. Anda memiliki bandwidth yang lebih besar dan stabilitas layanan akan lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan penyedia lokal.

  • Pengoptimalan biaya

    Mendelegasikan tanggung jawab server berarti Anda menghemat biaya logistik. Anda hanya perlu menanggung biaya untuk menyewa ruang di dalam pusat data.\

  • Sistem pendingin

    Mempertahankan persyaratan suhu dan kelembaban yang sempurna untuk mengoptimalkan efisiensi server dapat menjadi tantangan. Fasilitas hosting colocation menempatkan sistem kontrol iklim di pembuangan klien mereka yang memungkinkan manajer pusat data untuk mempertahankan kondisi lingkungan yang ideal. Ini sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kinerja server Anda.

  • Daya tidak terbatas

    Harus diketahui bahwa tidak ada layanan hosting yang 100% bebas risiko, tetapi dengan memindahkan lokasi server Anda dari kantor Anda ke lokasi yang dibangun khusus untuk menghindari kerugian energi listrik, Anda meningkatkan keamanan. Fasilitas hosting colocation memiliki akses ke sumber daya, generator, dan baterai cadangan yang konstan.

  • Alamat IP

    Fasilitas colocation memberi Anda alamat IP Anda sendiri atau bagi bisnis Anda untuk memberi Anda akses melalui Internet.

 

Baca Juga  :    Keuntungan Dedicated Server Dalam Memajukan Bisnis Kecil

 

Siapa Saja yang Sesuai Untuk Menggunakan Colocation Server

Dengan pertumbuhan komputasi awan dan hosting terkelola, semakin sedikit organisasi yang meng-host server web mereka sendiri. Sebagian besar pelanggan untuk colocation adalah penyedia hosting itu sendiri. Mereka mungkin ISP, penyedia hosting web, atau penyedia komputasi awan, membuat pelanggan membutuhkan kontrol maksimum atas server mereka yang dikombinasikan dengan keandalan pusat data.

  • Industri Teknologi/IT

    Colocation sangat populer di kalangan organisasi menengah di sektor TI dan internet, karena memungkinkan mereka untuk fokus pada pekerjaan bernilai tambah tertentu daripada logistik server. Ini mungkin termasuk perusahaan di industri e-commerce, telekomunikasi, dan industri jasa.

  • Penyedia Cloud

    Selain itu colocation juga sangat populer di kalangan penyedia infrastruktur cloud, yang menyewakan ruang untuk server mereka dan kemudian menyewakan akses server ke pelanggan cloud.

 

Baca Juga  :    Memahami API (Application Programming Interfaces) : Contoh dan Modernisasinya

 

Spesifikasi dan Fitur Layanan Colocation Server IDCloudHost Indonesia

Mengenal Apa Itu Colocation Server Beserta Manfaatnya
 

Tingginya permintaan colocation server lokal membuat IDCloudHost Indonesia juga ikut membantu dengan memberikan layanan colocation server bagi bisnis maupun perusahaan yang membutuhkannya. Ini akan sangat menunjang aktifitas Anda dalam hal :

  • Membangaun atau merancang aplikasi atau website dengan aktifitas yang sangat tinggi
  • Perusahaan software house atau pembuat aplikasi yang ingin hemat pengeluaran
  • Perusahaan media informasi yang membutuhkan banyak server
  • Perusahaan startup atau bisnis yang membutuhkan resource yang sangat besar dengan harga terjangkau.

 

Adapun spesifikasi jaringan pada lokasi Colocation Server IDCloudHost adalah :

  • OpenIXP up to 1gbps untuk akses nasional – IIX APJII up to 1gbps untuk akses nasional.
  • Didukung dengan Equinix peering SGIX, HKIX upto 100mbps, Equinix up to 100mbps Openshare sehingga server Anda dapat diakses dengan kencang dari luar negeri.
  • Akses langsung ke server Google dan Yahoo melalui jaringan CDN dengan kecepatan koneksi up to 100 Mbps.
  • Akses langsung ke server Facebook dan ke SGIX melalui jaringan PGASIX dengan kecepatan koneksi up to 50 Mbps.
  • Standard International Bandwidth up to 100 mbps.

 

Sedangkan fitur dan dukungan terbaik yang Anda dapatkan berlangganan Colocation Server di IDCloudHost adalah :

  • Listrik 400VA
  • KVM Remote Access
  • Remote Reboot Access
  • Fiber Optic Connection
  • Online Central
  • UPS 100% uptime Electricity
  • Air Temperature control
  • Real Time Monitoring System
  • Quick rDNS change
  • CS 24/7 Port Monitoring
  • Ticketing Support System
  • Fast Response System

 

Untuk melakukan request dan informasi lebih lanjut, Anda dapat mengisi formulir penawaran di link https://idcloudhost.com/panduan/penawaran/ atau mengunjungi laman https://idcloudhost.com/colocation-server/ untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai colocation server.

Related Post :