Cara Menggunakan Internet dengan Bijak

Serba Serbi, Tips & Tricks / 8 | | 0

Dengan internet kamu bisa terhubung dengan dunia luar bahkan hingga daerah yang tidak bisa kamu gapai di dunia nyata. Begitu banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan melalui internet, baik itu ilmu pengetahuan, ilmu social, bahkan tips dan trik untuk personal life kamu. Semua sudah terbukti, dapat dilihat dari orang-orang disekitar kita, mulai dari pelajar hingga pembisnis menggunakan internet.

Namun tidak semua dampak positif yang diberikan internet pada para penggunanya. Tak sedikit dampak negatif yang dipatkan dari penggunaan internet, seperti bermain games berlebihan, menjadi jembatan untuk melakukan kejahatan, mencuri data-data penting orang lain, hingga hal-hal berbau pornografi yang menjadi sangat mudah untuk di akses.

Semua itu kembali lagi kepada diri masing-masing pengguna bagaimana niat kamu saat menggunakan internet. Apakah untuk kebaikan atau keburukan. Karena segala seuatu yang telah kita lakukan menjadi tanggung jawab diri kita sendiri.

Tetapi, tidak ada salahnya mencegah hal-hal buruk terjadi pada kita. Kembali pada niat awal kita menggunakan internet. Ada beberapa cara agar kita dan orang-orang disekitar  kita tidak terlalu terkena dampak buruk dari internet.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Menggunakan internet memang tidak memiliki batas, namun kita harus membatasi diri kita sendiri. Sesuaikan menggunakan internet dengan kebutuhan kita, jangan sampai berlebihan. Misalnya sebagai seorang pelajar, kita bisa menggunakan internet sebagai gudang buku dalam bentuk digital dan mendapatkan informasi mengenai ilmu pengetahuan yang lebih luas. Atau seorang pembisnis dimana internet menjadi wadah untuk berkomunikasi dan mempromosikan bisnisnya.

Memiliki batasan waktu

Terkadang saat menggunakan internet, kita bisa saja melupakan waktu yang terpakai karena sudah nyaman dengan aktivitas yang kita lakukan dengan internet. Bahkan tak sedikit kita mengabaikan waktu yang sudah terbuang sia-sia dengan aktivitas kita saat bermain dengan internet sehingga melupakan kegiatan lainnya yang lebih penting. Terlebih saat kita sedang Online media social menggunakan Instagram, Facebook, Twitter, Line, dan sebagainya pada saat jam kerja atau jam belajar. Jadi, berikan jadwal untuk kamu menggunakan internet dan cobalah untuk mematuhinya.

Melakukan kegiatan positif

Kunjungilah situs-situs yang memiliki konten bermanfaat yang memiliki kualitas dan terpercaya. Bergabunglah dengan forum-forum seuai bidang favorit kamu dan lakukan interaksi serta bertukar ilmu. Dan tidak ada salahnya kita membagikan sesuatu yang kita ketahui untuk pengguna internet lainnya di dunia ini. Namun jangan membagikan sesuatu yang sudah menjadi karya orang lain dan memberikan cap bahwa itu milik kita, dan pastikan berita yang kita bagikan bukanlah hal-hal buruk yang dapat merugikan orang lain.

Awasi penggunaan anak dibawah umur

Kebanyakan anak-anak dibawah umur saat ini sangat mengetahui apa itu internet dan dapat memanfaatkan dengan baik, namun tak sedikit juga dari mereka yang mengambil kesempatan ini untuk mengakses hal-hal yang tidak seharusnya. Maka dari itu, penggunaan internet untuk anak di bawah umur sangatlah perlu dari orang-orang yang lebih dewasa sebelum mereka terjatuh lebih dalam ke hal-hal yang tidak baik.

Related Post :