Mengenal Apa itu Gateway (Gerbang Jaringan)

Development & Security, Tutorial / 10 | | 0

Apakah kalian sering mendengar kata gateway? Mungkin untuk sebagian orang kata gateway sudah tidak asing lagi di era sekarang ini karena banyak orang jaman sekarang yang menggunakan internet. Gateway sendiri adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan jaringan antara satu komputer dengan komputer lain.

Gateway (Gerbang Jaringan) adalah suatu perangat yang menghubungkan jaringan komputer yang satu atau lebih jaringan komputer dengan media komunikasi yang berbeda sehinga informasi pada saat jaringan komputer di alihkan akan berbeda dengan media jaringan yang berbeda. Di era sekarang ini dimana internet sudah merajalela, seringkali pengertian dari pada gateway bergeser atau tidak lagi sama seperti awal pengertian, dan juga banyak orang yang mengaitkan atau menyamakan gateway ini dengan router yang sebetulnya keduanya memiliki kegunaan atau pengertian yang sedikit berbeda.

Gateway juga dapat di artikan sebagai komputer yang daapat menghubungkan 2 buah jaringan atau lebih karena memiliki minimal 2 buah network interface. Untuk dapat menghubungkan 2 buah jaringan yang berbeda protokol nya, gateway harus mengkonversi setiap protocol yang berbeda pada setaip jaringan komputer sehingga dapat di hubungkan satu sama lain. Gateway yang berbeda protocol tidak bisa di sambungkan karen protocol nya yang berbeda, maka secara otomatis pada saat mengirim informasi dari komputer satu dengan komputer lainnya tidak dapat di akses, maka dari itu protocol nya harus di konversi kan agar dapat lancar mengakses suatu informasi dengan mudah.

Gateway dapat menjadi jalan atau rute untuk menunjukan tujuan dari suatu alamat pada internet dan gateway dapat berfungsi layak nya router. Gateway juga dapat menghubungkan satu jaringan dengan jaringan lainnya meskipus setiap jaringan tersebut meniliki arsitektur dan pola topologi yang berbeda. Selain itu gateway dapat menghubungkan suatu jaringan komputer yang besar dengan jaringan yang besar lainnya, tidak hanya itu gateway juga bisa menghubungkan jaringan komputer yang besar dengan jaringan komputer yang lebih kecil.

Istilah dari gateway biasanya tertuju kepada hardware atau software yang menghubungkan dua aplikasi atau jaringan yang tidak kompatibel, dan dapat mentransfer data yang berbeda beda. Contoh dari penggunaan gateway adalah email, dan email sendiri dapat mengirim data dengan sistem yang berbeda.
Jadi gateway bisa kita simpulkan sebagai jaringan komputer yang dapat menghubungkan 2 jaringan komputer atau lebih dan gateway dapat menghubungkan jauringan komputer yang berbeda artritektur (bangunan jaringan) atau yang berbeda pola topologi nya selain itu gateway juga dapat menghubungkan jaringan komputer yang sama besar atau jaringan komputer yang besar dengan jaringan yang sangat kecil

Related Post :

popup image