Mengenal Apa Itu Malware Serta Cara Mengatasi / Menghindari

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Virus adalah salah satu hal yang sangat mengganggu untuk para pengguna komputer. Apalagi saat ini banyak pekerjaan yang sudah melibatkan komputer dan juga akses internet untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Kali ini Kita akan membahas apa itu yang dimaksud dengan Malware atau biasa disebut Malicious Software yang dikenal sebagai sesuatu yang membahayakan bagi pengguna komputer.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Malware, Virus, Trojan, Spyware dan Worm

 

Pengertian Malware  (Malicious Software)

Malicious Software atau yang biasa Kita kenal dengan Malware merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang dengan memiliki tujuan untuk merusak sistem pada jaringan komputer ataupun server tanpa diketahui oleh penggunanya. Selama ini Kita hanya akrab mengenal istilah virus namun penggunaan istilah tersebut kurang tepat. Hal ini karena pada dasarnya virus itu sendiri termasuk ke dalam salah satu dari Malware.

Malicious Software terdiri dari virus, trojan, dan worm yang sebagian besar nya dalah spyware, rootkit, adware dan juga software lainnya yang tak diharapkan oleh pengguna komputer. Seperti yang Kita ketahui bahwa malware sangat membahayakan jaringan komputer karena dapat merusak melalui internet, email, halaman situs website maupun program-program terinstall yang juga bisa terkena infeksi.

Tak hanya itu, Malware atau Malicious Software juga sangat berkemungkinan untuk mencuri data dan infromasi pengguna komputer ketika melakukan unduhan file atau software yang berasal dari tempat yang ilegal. Melalui malware yang merusak komputer Kita, seorang hacker bisa saja mencuri bermacam data pribadi yang Kita miliki seperti contohnya password dan juga akun bank milik Kita.

Tedapat tiga bagian dari Malware yang perlu Kita ketahui jika dilihat berdasarkan sifat dan juga tujuannya, diantaranya:

  1. Malware biasanya dapat merusak atau menginfeksi komputer seperti virus dan worm.
  2. Malware yang berguna untuk mencuri celah keuntungan diantaranya adware tidak jujur, spyware, botnet, dialer, dan keystroke logger.
  3. Malware yang bersembunyi dalam komputer seperti rootkit, trojan horse, dan juga backdoor.

 

Cara Mengatasi Serangan Malware (Malicious Software)

Setelah sedikit mengetahui tentang penjelasan mengenai Malware atau Malicious Software dan juga gambaran bahaya yang ditimbulkan oleh perangkat lunak ini, maka sebagai pengguna komputer dan juga internet sangat penting bagi Kita untuk mengetahui bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengatasi apabila komputer Kita terinfeksi oleh Malware.

Berikut ini tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi Malware apabila sudah tersebar dan menginfeksi komputer Anda :

 

1) Mengatasi Malware menggunakan Wordfence

 

Melalui wordpress anda dapat menggunakan Wordfence untuk menghilangkan  atau Malicious Software yang terdapat dalam komputer Anda. Perlu diketahui bahwa wordfence sendiri merupakan plugin yang berasal dari wordpress yang memiliki manfaat sebagai pemindai dan juga membersihkan virus pada komputer.

Langkah yang dapat Anda lakukan yaitu membackup semua file dan juga database yang dimiliki, lakukanlah scan instalasi pada wordpress dengan menggunakan wordfence. Setelah melakukan scan Anda juga perlu untuk memperbaharui instalasi wordpress tersebut.

 

2) Mengatasi Halaman website yang terkena Malware

Pernah tidak Anda mengalami website yang dimiliki secara tiba-tiba error dan muncul pesan yang mengatakan bahwa website berisi program berbahaya?

Nah, perlu diketahui hal tersebut sangat mungkin terjadi karena website yang Anda miliki tersebut terjangkit Malware atau Malicious Software terdiri dan sudah menginfeksi website tersebut. Penyebabnya Anda akan kehilangan banyak trafik apabila tidak segera ditangani.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu cari penyebabnya terlebih dahulu, dengan bantuan layanan sucuri tool yang menyediakan jaminan keamana website yang cukup dapat dipercaya lengkap. Dengan menggunakan Sucuri Anda dapat menemukan Malware yang menginfeksi website Anda tersebut.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan wordfence untuk membantu melakukan scanning pada website yang nantinya akan menemukan file yang berbahaya. Selain itu juga dapat mengganti file yang sudah rusak tersebut dengan file baru yang bersih. Langkah lainnya yang dapat dilakukan untuk membersihkan website Anda yaitu dengan menggunakan submit website yang berguna untuk meminta Google untuk melakukan review terhadap website yang Anda miliki.

 

3) Mengatasi komputer yang Terinfeksi Malware

Malware atau Malicious Software sering kali menyerang komputer atau perangkat dekstop. Hal tersebut bisa saja terjadi karena para pengguna komputer sering melakukan akses atau mengembangkan situs website yang nantinya akan diunggah pada server web menggunakan FTP.

Maka pastikan tidak adanya malware sebelum melakukan aktivitas tersebut karena apbila sudah masuk ke dalam folder pada komputer makan malware semakin lama akan semakin menyebar.

Lakukanlah pemindaian terhadap folder Anda karena bisa jadi Malware tersebunyi pada setiap file yang Anda miliki, pastikan satu persatu file yang Anda miliki untuk setidaknya mencegah Malware kian menyebar di komputer. Sebelumnya pastikan Anda membackup semua data data penting agar tidak hilang ketika tiba-tiba terjadi serangan atau infeksi dari Malware agar data penting yang Anda miliki tersebut tetap aman.

Dalam melakukan pembersihan Malware atau Malicious Software pada komputer matikan semua koneksi internet pada komputer Anda karena secara tidak langsung hal tersebut dapat membantu untuk memutus segala koneksi masuknya Malware pada komputer Anda.

Aplikasi software anti virus akan cukup membantu Anda untuk melakukan scan secara menyeluruh agar semua Malware yang ada bisa terhapus secara otomatis. Anda juga harus mewaspadai semua program yang sekiranya mencurigakan atau Anda tidak mengenalnya sama sekali, hapus program-progam tersebut untuk mencegah penyebaran dari Malware.

Baca Juga : Cara Mengatasi Website yang Terkena Malware

 

Perlu ingat bahwa Malware sangat berbahaya bagi para pengguna komputer karena juga dapat mengancam semua data pribadi yang Kita miliki. Untuk itu lebih baik lakukan scan secara berkala untuk mencegah andanya Malware pada komputer maupun website yang dimiliki.

Related Post :