Mengenal Apa Itu Metode Penelitian : Pengertian, Macam-Macam, dan Contohnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 2 | | 0

Riset sekarang ini semakin berkembang dan digunakan dalam berbagai bidang untuk menemukan pertemukan baru. Penemuan baru ini digunakan sebagai bentuk menciptakan pengetahuan baru atau sebagai bentuk memperbaiki penemuan sebelumnya yang mana dalam faktanya harus ada pembaharuan. Dalam riset tidak pernah lepas dari namanya metode penelitian yang digunakan.

Metode penelitian sendiri sering digunakan oleh banyakn instansi pendidikan untuk kebutuhan dalam melakukan riset mereka secara dalam. Pada postingan ini kita akan membahas details apa  itu metode penelitian serta bagaimana membuat metode penelitian yang baik dan benar.

 

Pengertian Dari Metode Penelitian

Pengertian Metode penelitian
 

Penelitian sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu research, yang berasal dari dua kata yaitu re dan search. Pengartian leksikal, re diartikan : kembali dan search : mencari. Dengan demikian secara harfiah, dapat diartikan pencarian kembali. Sedangkan metode yaitu, posedur atau tata cara guna mengatahui suatu hal dengan langkah-langkah yang sistematis.

Sedangkan Metode dalam dunia riset merupakan cara atau proses yang dipilih oleh peneliti secara spesifik sebagai bentuk menyelesaikan perihal masalah yang diajukan dalam riset. Pengertian dari metodologi penelitian yaitu ilmu yang mengajarkan atau menjelaskan tentang bagaimana harusnya penelitian tersebut dilaksanakan.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Manajemen?

Pendapat lainnya tentang pengertian metodologi penelitian yaitu serangkaian tata cara atau langkah yang sistematis atau terstruktur dan dilakukan oleh seorang peneliti dengan tujuan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah yang ada. Berbicara tentang metodologi penelitian intinya yaitu membicarakan atau membahas berkaitan tata cara ilmiah dengan tujuan mendapatkan dan menemukan berbagai ilmu baru. Temuan sendiri bias disebut sebagai bentuk ilmu jika di dalam pencariannya mendasarkan pada metode ilmiah yang seharusnya digunakan.

Penelitian dilakukan sebab mempunyai hal penting bagi perkembangan ilmu pengatahuan, pentingnya penelitian dalam hal ini adalah:

  1. Sebagai bentuk jalan manusia dalam menemukan dan membahas berbagai pengetahuan baru yang belum ada sebalumnya atau mengembangkan ilmu yang telah ada menjadi lebih detail kembali.
  2. Membantu manusia dalam memperoleh berbagai jawaban yang tidak bias dijawab secara langsung, kecuali lewat penelitian terlebih dahulu.
  3. Memberikan jalan pemecah masalah, sehinggamasalah yang belum bisa dipecahkan dengan penelitian bisa ditemukan pemecah masalahnya.
  4. Bisa dijadikan jalan menemukan kebenaranatas pertanyaan atau suatu masalah yang masih absurd sebelumnya.

 

Langkah Sistematis Dalam Metode Penelitian

Beberapa langkah yang diperlukan dalam menyusun penelitian sehingga penelitian tersebut bisa sistematis, yaitu melakukan proses identifikasi serta merumuskan masalah apa yang akan menjadi fokus penelitian; menyusun kerangka berpikir; melakukan perumusan hipotesis; menjelaskan dalam pembahasan masalah dan menutup dengan kesimpulan juga saran.

Para peneliti sangat membutuhkan metodologi penelitian sebab sebagai kunci peneliti menemukan dan bisa menjawab pertanyaan dalam penelitian tersebut secara tepat dan sesuai dengan keadaan yang ada di lapangan. Hasil penelitian harus dipertanggungjawabkan oleh peneliti mulai awal sampai akhir penyelesaian penelitian tersebut.

 

Pengertian Metode Penelitian Dari Para Ahli

Supaya lebih mengerti tentang metode penelitian, maka yang bisa dilakukan adalah menelisik pengertian dari para ahli, yaitu:

  1. Menurut Prof. Dr. Sugiyono

    Metode penelitian adalah suatu cara atau proses ilmiah dengan tujuan memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.

  2. Menurut Muhiddin Sirat

    Metode riset merupakan cara yang digunakan untuk menentukan beberapa topik serta penentuan judul dalam suatu penelitian.

  3. Menurut Prof M.E. Winarno

    Metodologi penelitian merupakan kegiatan secara ilmiah dilakukan menggunakan teknik yang sistematik dan teliti.

  4. Menurut Hery Rahyubi

    Metode riset yaitu salah satu model yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar untuk tercapainya proses yang baik.

  5. Menurut Nasir

    Metode riset adalah cara yang utama dan umumnya digunakan oleh peniliti dengen tujuan mencapai pemecahan masalah serta menemukan jawaban atas masalah yang ada.

 

Jenis Metode Penelitian

Data Metode penelitian
 

Metode riset sendiri ada beberapa jenis dan umumnya peneliti menggunakan metode riset tersebut dengan cara masing-maisng disesuaikan dengan masalah yang di ambil. Dengan demikian data dari lapangan juga mengikuti metode yang digunakan, sehingga tidak heran jika tidak semua orang menguasai banyak metode penelitian. Umumnya peneliti akan lebih memehami jenis metode yang memang dia kuasai, tetapi tidak bisa dipungkiri ada yang menguasai segala jenis metode tersebut.

 

  1. Penelitian historis

    Penelitian ini biasanya digunakan dengan melakukan penyelidikan, pemahaman, dan penjelasan terhadap suatu keadaan di masa lalu. Contoh permasalahan tentang: perkembangan ekonomi Islam di Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir.

  2. Penelitian korelasional

    Penelitian ini biasanya identik dengan membandingkan antara satu variable dengan variabel yang lainnya dalam penelitian tersebut. Contoh permasalahannya tentang: bagaimanakan hubungan antara relegiusitas dengan sikap terhadap bunga bank.

  3. Penelitian kausal kontributif

    Penelitian ini biasanya digunakan sebagai petunjuk arah antara hubungan variabel bebas dengan variabel terikat, juga seberapa besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat. Contoh permasalahannya tentang: pengaruh dari pendapatan, pendidikan, pandangan terhadap bunga bank, pemaham produk terhadap minat menabung di bank, dan lain sebagainya.

  4. Penelitian eksperimental

    Penelitian ini bias anya digunakan untuk menguji satu variabel terhadap dampak munculnya variabel yang lain. Contoh permasalahannya tentang: penerapan incentive compatible constraints terhadap masalah agency pada pembiayaan mudharabah.

  5. Metode deskriptif

    Metode riset ini mempunyai tujuan menjelaskan peristiwa tertentu yang sedang terjadi di masa sekarang dan pada masa lampau. Ada dua jenis metode riset dalam metode deskriptif ini, yaitu Longitudinal atau sepanjang aktu serta Cross Sectional atau dalam waktu tertentu. Contoh permasalahannya tentang: bagaimana tingkat kepuasaan nasabah terhadap pelayanan bank syariah?

Baca Juga : Mengenal Apa itu Infografis?

 

Data yang Digunakan Dalam Metode Penelitian

Dalam metode penelitian pasti tidak lepas yang namanya data, data yaitu, sekumpulan informasi yang perlu diolah lebih lanjut untuk mendapatkan kunci yang bisa dijadikan untuk pengambilan keputusan dalam suatu permasalahan. Data menjadi sangat penting, sebab diperoleh dengan pengukuran terhadap objek yang diberi nilai.

Data yang baik sebaiknya memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Data harus bersifat objektif, yaitu harus sesuai dengan keadaan di lapangan.
  2. Data bisa mewakili atau representatif.

Menurut jenis data yang digunakan dalam setiap metode penelitian biasanya dibedakan menjadi dua garis besar, yaitu:

 

  1. Data kualitatif

    Data jenis ini penyajiannya tidak menggunakan angka, sebagai contoh penelitian berkaitan dnegan sikap konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh perbankan syariah “Berkah” sangat negative, layanan yang diberikan oleh BMT sungguh memuaskan, produk perbankan syariah yang digemari msyarakat DIY adalah tabungan wadiah dan lain sebagainya.

  2. Data kuantitatif

    Data jenis ini biasanya disajikan dalam bentuk angka, grafik, dan umumnya menggunakan rumus statisika dalam perhitungannya. Misalkan, rata-rata jumlah pembiayaan yang dijalankan oleh Bank syariah sebesar 20%, penjualan buku “Pengantar Akutansi” dalam rata-rata bulan ini mencapai angka 25%, dan lain sebagainya.

 

Penutup dan Kesimpulan

Metode Penelitian penelitian merupakan salah satu elemen yang akan bisa lepas dari banyak hal disaat ini terutama di intansi pendidikan dimana Metode Penelitian merupakan salah satu bagian yang penting untuk bisa memastikan bagaimana proses penilitian berlangsung.

Ada banyak metode yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjalankan praktek dari Metode Penelitian yang efektif dan efisien untuk penelitian kamu, selain itu juga metode pengumpulan dan pengelolaan data juga menjadi dasar yang paling di perhatikan  untuk bisa memaksimalkan hasil dari Metode Penelitian yang kita lakukan.

Penggunaan metode penelitian sangat penting, sehingga dalam setiap riset hal inlah yang menjadi kunci keberhasilan riset. Begitu pun dengan data yang dikumpulkan harus memenuhi criteria data yang sesuai. Dengan demikian, penelitian bisa semakin baik dan berkualitas.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua, jika Anda mempunyai tambahan terkait artikel Metode Penelitian ini bisa melakukan komen  dibawah, jika dirasa artikel Metode Penelitian bermanfaat jangan lupa untuk share artikel ini. Thanks!

Related Post :