Mengenal Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Di era teknologi dan komunikasi yang semakin maju, Anda dapat dengan mudah berbelanja dengan sistem online yang telah menjadi gaya hidup saat ini. Kini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang banyak untuk berbelanja di toko atau mall.

Hal itu menjadikan munculnya berbagai jenis bisnis online yang bisa dibilang mudah untuk dijalankan tanpa memerlukan modal yang cukup besar untuk memulai bisnis tersebut. Disini peranan aplikasi payment gateway dibutuhkan agar bisnis online yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar.

Sejarah Perkembangan Payment Gateway

Payment Gateway merupakan suatu aplikasi yang melayani e-commerce dengan cara kerjanya memproses suatu otorisasi pembayaran seperti kartu debit, transaksi online yang memerlukan pembayaran, dan kartu kredit. Aplikasi payment gateway ini memberikan fasilitas transaksi dengan mengirim informasi yang penting antara bank dan toko online.

Di era teknologi dan komunikasi yang semakin maju saat ini, seseorang dapat dengan mudah berbelanja dengan sistem online yang telah menjadi gaya hidup Mereka. Kini, seseorang tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang banyak untuk berbelanja di toko atau mall.

Jika melihat kilas balik payment gateway di Indonesia, sepuluh tahun lalu istilah payment gateway masih jarang diperbincangkan atau didengar oleh banyak orang. Seiring munculnya situs belanja online yang berkembang pesat, aplikasi payment gateway memegang peranan yang sangat penting.

Aplikasi payment gateway, banyak digunakan oleh berbagai situs besar e-commerce karena memberikan berbagai manfaat bagi penjual maupun pembeli. Berikut ini beberapa manfaat payment gateway bagi penjual dan juga pembeli.

 

  • Proses Transaksi dapat Dilakukan dengan Cepat
    Manfaat yang pertama yaitu proses transaksi yang dapat dilakukan dengan cepat. Dengan menggunakan aplikasi payment gateway, proses transaksi yang dilakukan tidak membutuhkan waktu lama. Hal itu terjadi karena transaksi bisa dilkukan secara massal dalam jumlah ribuan dalam waktu yang singkat.
     
    Payment gateway juga membantu penjual agar mudah mengecek bagaimana status pembayaran dengan sangat cepat dan mudah. Dengan menggunakan aplikasi payment gateway, penjual dapat menyelesaikan lebih dari satu transaksi dalam satu hari. Proses transaksi akan berjalan dengan cepat sehingga akan menghindari berbagai macam pertanyaan yang muncul dari pembeli. Penjual bisa lebih fokus terhadap masalah-masalah bisnis yang lain.
     
  • Terhindar dari Tindak Kejahatan
    Anda tidak perlu khawatir ketika memilih memakai kartu kredit karena dengan memakai aplikasi payment gateway dapat mengurangi resiko suatu tindak kejahatan. Selain itu, payment gateway telah dilengkapi fraud detection yang merupakan teknologi canggih yang mempunyai fungsi mencegah terjadinya tindakan curang ketika melakukan transaksi secara online menggunakan aplikasi payment gateway.
     
    Keamanan transaksi dapat lebih ditingkatkan di toko online penjual karena dengan menggunakan payment gateway perusahaan penyedia payment gateway tersebut akan memeriksa transaksi yang berjalan dan juga mencegah transaksi yang fiktif.
     
  • Dapat Menerima Transfer dari Semua Jenis Rekening
    Penjual kini tidak perlu bingung untuk menggunakan jenis rekening untuk transaksi pembayaran. Hal itu karena dengan menggunakan payment gateway penjual tidak harus menyediakan semua rekening dari berbagai jenis bank. Penjual dapat menerima transfer dari berbagai rekening.
     

 

Manfaat Payment Gateway bagi Pembeli

Penggunaan payment gateway juga memberikan manfaat untuk pembeli . Dibawah ini beberapa manfaat payment gateway bagi pembeli.
 

  • Pembeli Mudah Melakukan Transaksi
    Dengan menggunakan payment gateway, pembeli dengan mudah dapat melakukan transaksi dengan aman karena cara yang sederhana ketika melakukan belanja secara online. Selain itu, metode pembayaran yang cukup beragam dapat memudahkan pembeli untuk berbelanja secara online karena Mereka memiliki beberapa pilihan ketika akan membayar apa yang Mereka beli. Pembeli tidak akan terkena biaya transfer dan juga dapat membayar di minimarket maupun menggunakan kartu kredit. 
  • Bisa Mengetahui Rincian Transaksi yang Dilakukan
    Ketika menggunakan payment gateway, pembeli dapat membayar dengan mudah dan melihat rincian transaksi yang telah dirangkum di halaman proses transaksi.

 

Standar  Keamanan Payment Gateway

Payment Gateway mempunyai standar keamanan khusus untuk bisa berjalan khususnya di Indonesia, Selain itu juga Payment Gateway diIndonesia juga sudah mendapatkan persetujuan resmi dari OJK dan Bank Indonesia untuk dapat beroperasi dengan benar. Berikut ini adalah standar keamanan Payment Gateway yang harus dimiliki :
 

  • Address Verification System (AVS). Melalui tool satu ini, rincian tagihan pelanggan/ customer bisnis Anda akan diperiksa serta disesuaikan dengan alamat kartu yang memang sudah resmi terdaftar.
  • Card Security Code (CV2) . Setiap proses transaksi atau pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan/ customer Anda akan diawali dengan permintaan untuk masukkan tiga digit terakhir di bagian belakang kartu debit atau kreditnya.
  • 3D Secure Password. Tool ini digunakan sebagai alat yang berguna untuk mengotorisasi pembayaran atau transaksi online yang dijalankan.

Baca Juga : Layanan SSL Certificates IDCloudhost

 

Cara Kerja Aplikasi Payment Gateway

Untuk Anda yang ingin menggunakan payment gateway, Kami akan jelaskan cara kerja payment gateway dibawah ini.

  1. Mengunjungi Website
    Pada proses ini, pembeli yang akan membeli produk di toko online harus mengunjungi website terlebih dahulu. Setelah melihat suatu produk tertentu, Mereka harus memilih jenis metode pembayaran kemudian melakukan checkout.
     
  2. Melanjutkan Info ke Payment Processor
    Setelah informasi transaksi diterima oleh payment gateway, informasi tersebut kemudian dilanjutkan ke payment processor dari bank.
     
  3. Payment Processor Melanjutkan Info Transaksi ke Asosiasi
    Cara kerja yang ketiga ialah payment processor melanjutkan info transaksi kepada asosiasi penerbit kartu yang digunakan misalnya, Visa atau Mastercard. Pembeli diharuskan untuk membayar melalui metode pembayaran yang telah dipilih.
     
  4. Pihak Bank Akan Mengirimkan Balasan ke Processor
    Yang ke empat, setelah bank mendapatkan permintaan, kemudian bank tersebut akan mengirimkan balasan ke processor menggunakan kode yang khusus dan memberikan konfirmasi mengenai berhasil atau tidaknya transaksi yang telah dijalankan. Ketika data tidak tepat dan terdeteksi kesalahan pembayaran, transaksi akan ditolak.
     
  5. Payment Gateway Menerima Pesan yang Dikirim oleh Payment Processor
    Cara kerja yang terakhir yaitu payment gateway menerima pesan yang dikirim oleh payment processor. Pada proses ini, payment processor mengirim pesan ke payment gateway yang kemudian dilanjutkan ke situs atau website sampai transaksi telah dinyatakan berhasil.

 

Payment Gateway di Indonesia

Indonesia sendiri sudah menyediakan beberapa metode payment Gateway yang  bisa digunakan oleh umkm, startup, hingga perusahaan dengan aturan khusus, pada bagian ini kita akan informasikan beberapa payment gateway terkenal yang banyak digunakan di Indonesia :

  1. DOKU Payment Gateway

    Doku merupakan salah satu Payment Gateway yang sudah lama beroperasi di Indonesia. pada tahun 2019 sendiri doku mengatakan bahwa sudah ada lebih 17.000 merchant yang sudah menggunakan layanan doku Payment Gateway sebagai salah satu metode pembayaran mereka.

     

  2. Midtrans (Veritrans) Payment Gateway

    Midtrans (Veritrans) salah satu Payment Gateway yang sempat diakusisi oleh GOJEK dimana sistem Payment Gateway ini juga merupakan salah satu Payment Gateway terkenal dan banyak digunakan oleh merchant-merchant yang ada di Indonesia. Midtrans sudah terintegrasi dengan beberapa Bank di Indonesia seperti BCA, BNI Bank Mandiri, CIMB selain itu juga beberapa industri teknologi digital seperti GOPAY yang merupakan salah satu e-wallet terbesar di Indonesia saat ini.

     

  3. Finpay Payment Gateway

    Finpay merupakan salah satu payment gateway yang biasanya banyak digunakan oleh UMKM dan startup untuk pembayaran mereka. Ada banyak fitur dan fasilitas yang diberikan pada payment gateway ini diantaranya Credit Card VISA, MasterCard dan JCB, Debit Online, Finpay Wallet, KlikPay BCA, tcash, dan kode bayar di jaringan Indomaret, Alfagroup, Pegadaian, Kantor Pos dan Channel Perbankan di menu pembayaran Telkom.

 

Penutup

Ada banyak sekali manfaat dan kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan payment gateway. dan IDcloudHost sendiri merupakan salah satu pengguna dari payment gateway doku dan Midtrans untuk mempermudah proses pembayaran pengguna  yang membeli layanan IDcloudhost. Anda bisa cek pada halaman pembayaran mengenai metode pembayaran  yang digunakan oleh IDCloudhost.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Related Post :

popup image