Mengenal Apa itu Segmentasi Pasar : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Syaratnya

Business, Marketing / 0 | | 0

Ketika mendengar istilah segmentasi pasar, apa saja sih yang muncul di pikiran Anda? Mungkin sebagian dari Anda istilah tersebut kedengarannya masih asing di telinga Anda. Tahukah Anda, segmentasi pasar atau market segmentation merupakan suatu pembagian kelompok pembeli atau konsumen dalam pasar tertentu yang mempunyai karakteristik, kebutuhan, serta perilaku yang heterogen (berbeda-beda) agar menadi pasar yang homogen.

Di dalam suatu perusahaan sendiri, segmentasi pasar menjadi suatu strategi guna mengenal minat serta kebutuhan konsumen di dalam pasar tertentu sehingga mampu menciptakan suatu produk baru atau product diversification yang sesuai kebutuhan dan minat konsumen tersebut.

Dengan adanya segmentasi, pasar yang sebelumnya hanya satu akan berubah menjadi pasar yang sifatnya homogen. Mungkin sebagian dari Anda belum mengenal segmentasi pasar dengan pasti. Nah kalian jangan bingung karena dibawah ini akan Kami jelaskan mengenai pengertian, tujuan, manfaat, dan syaratnya.

 

Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar?

Ada beberapa pengertian market segmentation menurut para ahli. Beberapa pengertian tersebut antara lain:

 

  1. Gary Amstrong dan Philip Kotler

    Menurut Gary Amstrong dan Philip Kotler, definisi segmentasi pasar ialah pembagian sebuah pasar atau market menjadi sejumlah kelompok konsumen atau pembeli yang berbeda. Tujuan dari penelompokan pasar tersebut yaitu agar pasar heterogen (berbeda-beda) dibagi menjadi kelompok pasar homogeny (yang sama). Hal itu bertujuan agar tiap kelompok dapat ditargetkan dalam memasarkan sebuah produk yang sesuai kebutuhan, karakteristik, serta keinginan pembeli atau konsumen yang terdapat pada pasar tersebut.

  2. Handoko dan Swastha

    Handoko dan Swastha mendefinisikan segmentasi pasar sebagai suatu aktivitas membagi pasar (market) yang mempunyai sifat heterogen kedalam satuan pasar/market yang sifatnya homogen.

  3. Ferrel dan Pride

    Menurut Ferrel dan Pride, market segmentation merupakan sebuah sistem membagi pasar ke segmen pelanggan yang potensial dengan karakteristik yang sama yang memperlihatkan adanya kesamaan pada tingkah laku pembeli/konsumen.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Manajemen: Fungsi, Tujuan, Unsur, dan Jenis-Jenisnya

 

Apa Tujuan Segmentasi Pasar?

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tujuan segmentasi pasar yang utama yaitu untuk membagi market yang masih luas menjadi sejumlah pasar yang homogen. Nah lebih jelasnya dibawah ini ada beberapa tujuan dari segmentasi pasar yaitu:

 

  1. Meningkatknan Pelayanan Konsumen agar Lebih Baik

    Setiap pembeli atau konsumen pasti akan memperhatika empat hal yang penting ketka memenui kebutuhannya yaitu harga, kualitas, pelayanan, serta ketepatan waktu. Tahukah Anda bahwa pelayanan yang dianggap baik menjadi salah satu hal yang paling krusial diantara empat hal yang telah disebutkan diatas. Dengan adanya market segmentation sebuah perusahaan bisa lebih mudah dalam memberikan suatu pelayanan yang sesuai segmentasinya.

  2. Membuat Strategi Pemasaran Dapat Lebih Terarah

    Dengan adanya market segmentation strategi pemasaran pasar homogeny bisa lebih terarah, termasuk ketika menyusun harga, produk, distribusi, serta promosi. Selain itu, dengan adanya segmentasi pasar pengelompokkan pasar sebuah perusahaan bisa lebih terarah termasuk dalam mengarahkan dana serta usahanya ke pasar yang lebih menguntungkan.

  3. Dapat Digunakan untuk Merencanakan Bisnis dan Mengevaluasi Target

    Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan bisa melakukan evaluai terhadap seluruh kegiatan pemasran sebelumnya. Hal itu tentunya dapat membantu perusahaan agar bisa mengetahui strategi pemasaran yang sesuai dengan karakteristik pasar agar bisa menjadi acuan ketika akan membuat perencanaa bisnis kedepannya.

  4. Dapat Mengenal Kompetitor

    Sesudah perusahaan memahami pembeli yang ada pada segmen pasar, selanjutnya perusahaan juga bisa mengenal siapa saja yang termasuk kempetitor di sebuah segmen yang sama. Selain itu, aktifitas kompetitor juga bisa diketahui oleh perusahaan. Dengan demikian, maka perusahaan bisa mencontoh dan mempelajari strategi pemasaran yang dilakukan oleh competitor tersebut agar bisa mengambil perhtian konsumen.

 

Manfaat Segmentasi Pasar

 

Tahukah Anda bahwa segmentasi pasar mempunyai manfaat bagi perusahaan? Ada beberapa manfaat bagi sebuah perusahaan. Berikut ini manfaatnya:

 

  1. Ide Pemasaran Suatu Perusahaan Lebih Terarah

    Dengan adanya market segmentation, makan sebuah perusahaan dapat mempunyai ide serta bisa menerapkan ide pemasaran tersebut agar lebih terarah.

  2. Membantu Perusahaan dalam Mengatur Produk

    Manfaat yang kedua yaitu perusahaan akan lebih terbantu untuk mengatur produk agar menjadi lebih baik kualitasnya.

  3. Membantu Perusahaan Mendapatkan Pasar Segmentasi

    Pasar bisa bermanfaat bagi perusahaan agar mendapatkan peluang pasar yang baru dengan cara mengetahui serta membandingkan peluang tersebut.

  4. Memudahkan Perusahaan untuk Mengatur Budget

    Manfaat segmentasi pasar selanjutnya yaitu dapat memudahkan perusahaan untuk Mengatur budget perusahana secara efisien dan efektif. Sebuah perusahaan bisa dengan mudah menyusun serta menggunakan budget perusahaan agar lebih teratur.

  5. Meningkatkan Daya Tarik Konsumen

    Dengan adanya segmentasi pasar, sebuah perusahaan tentu dapat meningkatkan daya Tarik konsumen atau pembeli ketika memasarkan produknya.

  6. Memperoleh Posisi yang Menguntungkan

    Manfaat yang terakhir yaitu membantu suatu perusahaan di pasar agar bisa menadapatkan posisi yang menguntungkan.

 

Syarat-Syarat Market Segmentation

Dalam melakukan market segmentation, ada beberapa syarat yang harus dilakukan. Di bawah ini merupakan syarat market segmentation yang efektif:

 

  1. Bisa Diukur/Measurable

    Syarat yang pertama yaitu dapat diukur atau measurable, Artinya, pengelompokkan pasar harus bisa diukur baik luasnya, besarnya, dan juga daya beli pembeli/konsumen di dalam segmen tersebut.

  2. Bisa Dijangkau/Accessible

    Syarat yang kedua yaitu dapat dijangkau atau Accessible. Artinya, segmentasi pasar harus dapat dilaksanakan. Oleh karena itu strategi pemasaran yang telah dibuat bisa dijalankan serta bisa memberikan pelayanan kepada segmen pasar sebaik mungkin.

  3. Cukup Besar/Substantial

    Syarat selanjutnya yaitu cukup besar atau substantial sehingga bisa memberikan keuntungan ketika perusahaan memberikan pelayanan.

  4. Bisa Dibedakan/Differentiable

    Segmentasi pasar harus bisa dibedakan atau differentiable. Maksudnya, segmen yang telah dikelompokkan tersebut harus bisa dibedakan secara jelas.

  5. Bisa Dilaksanakan/Actionable

    Syarat market segmentation yang terakhir yaitu bisa dilaksanakan atau actionable. Artinya, harus bisa dilayani serta dijangkau sumber daya perusahaan. Ketika melakukan sebuah segmentasi pasar, ada beberapa dasar dalam pelaksanaannya antara lain: demografis dimana dasar dari pengelompokkan pasar meliputi usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, ras, agama, dan sebagainya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Geografis yang berdasarkan pada aspek geografis seperti daerah, lokasi, iklim, wilayah, kepadatan penduduk, dan psikografis yang berdasarkan karakteristik kepribadian, seperti gaya hidup, kepribadian, dan kelas sosial.

Setelah Anda membaca artikel tentang pengertian, mengenal apa itu segmentasi pasar pengertian, tujuan, manfaat, dan syaratnya, sekarang Anda lebih paham kan jika kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi sebuah perusahaan.

Selain itu, produk yang dipasarkan dapat didesain sesuai kebutuhan konsumen dan juga bisa responsif terhadap kebutuhan market/pasar. Adanya market segmentation suatu bisnis bisa berjalan sesuai rencana sehingga bisa mempunyai target utama yang dapat dituju. Sumber daya yang ada juga pasti tidak akan terbuang secara sia-sia. Tentunya mengenal market segmentation sangatlah penting untuk seorang pebisnis ataupun bagi perusahaan.

Related Post :

popup image