Mengenal Bahasa Pemrograman C++ dan Kelebihan serta Kekurangannya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Hampir setiap perangkat atau produk digital dan elektronik yang kita gunakan bergantung pada beberapa jenis kode dalam perancangan dan pembuatannya. Teknologi dan pengetahuan pemrograman merupakan dua hal telah berkembang sangat jauh sejak jenis bahasa pemrograman pertama dikembangkan, tetapi fungsi kode dan tujuan di balik pembuatan bahasa-bahasa ini tetap sama.

Bahasa pemrograman komputer memungkinkan manusia untuk memberikan instruksi ke komputer dalam bahasa yang dimengerti komputer. Sama seperti banyak bahasa berbasis manusia yang ada, ada berbagai bahasa pemrograman komputer yang dapat digunakan programmer untuk berkomunikasi dengan komputer. Bagian bahasa yang dapat dipahami komputer disebut biner dimana menerjemahkan bahasa pemrograman ke dalam biner dikenal sebagai kompilasi.

Setiap bahasa pemrograman, mulai dari bahasa C hingga Python, memiliki fitur yang berbeda, meskipun sering kali ada kesamaan antara bahasa pemrograman. Bahasa ini memungkinkan komputer dengan cepat dan efisien memproses petak informasi yang besar dan kompleks. Penerapan bahasa pemrograman, contohnya mampu menempatkan semua pemrograman yang rumit yang tidak bisa dilakukan secara cepat oleh manusia. Saat ini sendiri ada berbagai macam bahasa pemrograman yang lazim digunakan di industri modern, salah satunya adalah C++. Mari ketahui C++ yang merupakan penambahan dari bahasa pemrograman induk C.

 

Mengenal Bahasa dan Sejarah Pemrograman C++

Mengenal Bahasa Pemrograman C++ dan Kelebihan serta Kekurangannya
 

Pemrograman C++ dibuat, dirancang dan dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup, seorang ilmuwan komputer Denmark yang ingin membuat bahasa yang fleksibel dan dinamis mirip dengan C, tetapi dengan kemampuan tambahan yang lebih canggih. Awalnya dikenal sebagai C dengan kelas/C with classes, 1983 silam bahasa ini telah berganti nama menjadi C++, yang berarti kira-kira dimaksudkan satu lebih tinggi dari C.

Sejak saat itu C++ telah diupgrade sebanyak lima kali sejak tahun 1998 hingga 2017 kemarin. Bahkan dalam waktu dekat versi baru C++20 dikabarkan akan dirilis segera. Di antara bahasa pemrograman paling populer di dunia, C++ mampu membantu dan memberi programmer banyak kendali atas sumber daya dan memori sistem. Sehingga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang berjalan di berbagai platform seperti server, komputer pribadi, sistem berbasis cloud, dan perangkat seluler.

Dengan mempelajari C++ dapat membantu banyak programmer jika mereka tertarik untuk masuk ke permainan komputer, rekayasa perangkat lunak untuk proyek komputasi kelas atas, program penambangan cryptocurrency, dan mengembangkan sistem operasi dan perangkat lunak lain untuk perangkat seluler. Tapi meski telah menjadi bahasa pemrograman yang populer dengan dukungan keandalan yang baik, bukan berarti C++ tidak lepas dari kelebihan dan kekurangannya.

 

Baca Juga  :    Tips dan Cara Belajar Coding Secara Online Untuk Programmer Pemula

 

Kelebihan Penggunaan Bahasa Pemrograman C++

Dirilis pada tahun 1983 dan C++ lebih terkenal dan sering dianggap sebagai versi bahasa C yang berorientasi objek. C++ dibuat untuk mengkompilasi kode yang ramping dan efisien, sambil tetap dapat memberikan abstraksi tingkat tinggi untuk mengelola proyek pengembangan besar dengan lebih baik. Berikut beberapa kelebihan penggunaan bahasa pemrograman C++ yang populer di antara programmer.

  • Berorientasi pada objek

    Konsep OOP (Object-Oriented Programming) seperti polimorfisme, enkapsulasi, pewarisan, dan abstraksi memberi C++ keuntungan terbesar dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Ini terbukti sangat penting karena fitur ini tidak ada di bahasa asli C, yang dapat membantu pengguna untuk memperlakukan data sebagai objek dan kelas.

  • Cepat, kuat dan bisa diandalkan

    Karena C++ adalah bahasa pemrograman berbasis compiler, programmer tidak perlu menginstal runtime khusus saat menjalankan program. Oleh karena itu, bahasa C++ ini dapat diinterpretasikan sebelumnya yang akhirnya membuat kode lebih cepat dan lebih kuat. Bahkan kompilasi dan eksekusinya lebih cepat sehingga memungkinkan untuk membuat beberapa jenis program mulai dari game hingga driver sampai GUI yang terkenal rumit.

  • Portabilitas yang baik

    C++ menyediakan fitur portabilitas yang memungkinkan programmer untuk mengembangkan kode tanpa mempedulikan perangkat keras. Karena kepraktisannya ini memungkinkan pengembang dalam memindahkan pengembangan program dari satu platform ke platform lainnya. Programmer yang bekerja di Windows juga bisa membuka kode dan bekerja di Linux, ini adalah contoh yang membuat C++ semakin populer.

  • Mirip bahasa lain dan mudah dipelajari

    Karena adanya kemiripan sintaks C++ yang mirip dengan C#, C, dan Java, membuat belajar C++ lebih mudah jika Anda sudah mengetahui salah satu bahasa ini. Disamping juga membuat peralihan ke dan dari bahasa lain juga menjadi lebih mudah. Kelebihan lainnya adalah C++ sangat kompatibel dengan program C yaitu setiap program C yang berjalan dapat dijalankan sebagai program C++.

  • Mempunyai dukungan dan komunitas tersendiri

    Bahasa populer ini juga mempunyai dukungan dan komunitasnya tersendiri. Sebuah komunitas sangat penting jika programmer ini mendapatkan dukungan dan mencari bantuan. Semakin besar ukuran komunitas, semakin banyak bantuan yang Anda dapatkan untuk memecahkan masalah Anda. selain itu, tak jarang juga komunitas besar juga menyediakan kursus dan pembelajaran online untuk anggota maupun pengguna bahasa C++.

 

Baca Juga  :    Kumpulan Rekomendasi Text Editor Terbaik Untuk Pengembangan Website

 

Kekurangan Penggunaan Bahasa Pemrograman C++

Mengenal Bahasa Pemrograman C++ dan Kelebihan serta Kekurangannya
 

C++ adalah versi yang disempurnakan dari bahasa C yang mencakup semua bagian dari C dengan tambahan dukungan untuk pemrograman berorientasi objek (OOP). Selain itu, C++ juga berisi banyak peningkatan dan fitur yang menjadikannya versi bahasa asli C yang lebih baik, terlepas dari pemrograman berorientasi objek. Meskipun begitu, C++ juga mempunyai kekurangannya yakni :

  • Tidak aman

    Adanya pointer, variabel global, dan lain- lain adalah alasan utama dibalik masalah keamanan ini. Faktor- faktor ini berarti mungkin untuk merusak seluruh program hanya dengan menggunakan bagian dari memori sebagai jenis yang salah yang membuat C++ bisa menjadi tidak aman.

  • Kurang fleksibel

    C++ sangat ketat mengenai sintaks, sedikit saja celah terbuka akan memberikan serangkaian kesalahan. Disamping itu tidak mudah juga untuk menulis kode C++ dengan cara yang mudah dibaca, membuat bahasanya kurang ramah pengguna dan kurang fleksibel bagi pengguna sehingga akan membutuhkan waktu untuk menguasai C++ jika dibandingkan dengan bahasa lain.

  • Sangat kompleks

    Pemrograman C++ adalah bahasa multiparadigma, yaitu pemrograman berorientasi objek dengan polimorfisme runtime, template, dan polimorfisme statis, beberapa dukungan untuk pemrograman fungsional. C++ tidak berguna untuk aplikasi yang bergantung pada platform dan karenanya rumit dalam program tingkat tinggi yang sangat besar membuatnya menjadi kompleks untuk dipelajari dalam waktu singkat.

 

Baca Juga :    Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik

 

Kesimpulan dan Penutup

Mengingat bahasa pemrograman C++ sangatlah populer, ada banyak sumber yang tersedia seperti tutorial, kursus online dan buku untuk pemula yang tertarik dan ingin mempelajarinya. Tetapi jika Anda ingin mempelajari C++ maupun bahasa pemrograman komputer lainnya, paling tidak Anda harus memahami apa saja yang bisa dilakukan oleh tiap bahasa pemrograman serta kelebihan juga kekurangannya.

Dikarenakan ini adalah bagian bahasa C, kebanyakan programer yang menggunakan C++ dalam pekerjaan mereka adalah para insinyur perangkat lunak. Terdapat perbedaan penting terlebih lagi bagi mereka yang mempunyai latar belakang ilmu IT untuk mengetahui bahasa pemrograman yang sesuai dengan skill serta tujuan penggunaannya. C++ memang lebih dianggap lebih sesuai untuk membantu programmer yang mengembangkan perangkat lunak, maka dari itu pilihlah bahasa yang sesuai Anda ingin kuasai.

Related Post :