Mengenal Brand Awareness, Tujuan dan Cara Meningkatkannya

Business, Marketing / 0 | | 0

Sadarkah Anda bahwa suatu warna, logo dan symbol dapat mengasosiasikan ingatan dan perspektif kita kepad suatu merek?. Warna hijau saat ini lebih identic dipakai oleh dua ojek online yang akan membuat kita mengingat mereka dengan mudah. Kenapa kita dapat mengingat ciri khas warna, logo dan symbol suatu brand?. Hal inilah yang disebut dengan branding, suatu usaha yang menanamkan image yang akan mengakar pada masyarakat.

Brand awareness sendiri adalah suatu kesadaran pada sejauh mana pelanggan dapat mengingat atau mengenali suatu merek. Semua ini mempunyai aspek pertimbangan utama dalam perilaku konsumen, manejemen periklanan, manajemen merek dan pengembangan strategi. Kemampuan konsumen untuk mengenali atau mengingat suatu merek adalah pusat dari pengambilan keputusan pembelian. Pembelian tidak dapat dilanjutkan kecuali sang konsumen mengetahui kategori produk dan merek dalam kategori itu.

Kesadaran tidak harus berarti bahwa konsumen harus dapat mengingat nama merek tertentu, tetapi ia harus mampu mengingat fitur-fitur pembeda yang cukup untuk melanjutkan pembelian. Misalnya, jika seorang konsumen meminta temannya untuk membelikannya makanan dengan kotak berwarna ‘kuning’teman tersebut akan diharapkan untuk mengetahui makanan mana yang akan dibeli, meskipun tidak ada teman yang dapat mengingat nama merek yang dimaksud pada saat itu.

 

Apa Itu Branding dan Brand Awareness?

Sebelum adanya awareness atau kesadaran, suatu merek akan membuat branding terlebih dahulu. Branding sendiri adalah suatu proses atau usaha untuk memberikan makna kepada suatu usaha, produk atau jasa dengan menciptakan nilai image brand ke dalam ingatan masyarakat. Ini merupakan strategi yang di rancang oleh perusahaan untuk membantu identifikasi secar cepat dan menjadi pembeda diantara rival yang sama di tengah pasar.

Tujuannya adalah untuk menarik serta menjaga loyalitas konsumen dengan banyak cara seperti memberikan produk yang selalu sama dan sesuai dengan konsep yang telah dibangun juga dijanjikan oleh brand itu sendiri. Dari branding ini maka kesadaran akan sebuah usaha dan produk mulai tumbuh dan meluas baik dari mulut ke mulut ataupun melalui social media dan iklan. Untuk menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness sendiri memang bukan sebuah proses yang mudah dan instant. Tetapi cara ini wajib ditempuh oleh setiap perusahaan yang ingin mencapai pasar yang besar lagi dan tentunya proses ini mampu memberi kelangsungan dampak jangka panjang.

 

Manfaat Brand Awareness

 

Dengan menjalankan strategi branding dan membuat kesadaran mengenainya tentu akan membawa reaksi dan feedback yang besar bagi si perusahaan. Branding yang bagus mampu mengubah dan menyetir perspektif juga opini masyarakat disamping meluasnya target pasar. Berikut manfaat manfaat dari brand awareness :

  • Menyadari kehadiran sebuah brand/merek

    Masyarakat umum menyadari sosok kehadiran suatu brand jika brand terebut juga mempermudah dalam menanamkan sosok mereka sendiri. Sebaiknya brand membuat logo dan nama yang mudah diingat, kuat juga mampu memberi kesan awal yang melekat.

  • Menarik pelanggan baru

    Apabila branding telah menjadi kuat dan kokoh, makai a telah memberi kesan positif serta stabil di mata umum. Aspek- aspke ini menambah daya tarik menggunakan atau membeli produk atau jasa yang ditawarkan karena public telah merasa dekat, familiar dan juga percaya yang nantinya akan juga tersebar dari satu ke yang lainnya.

  • Meningkatkan nilai jual

    Target jual juga merupakan point yang ingin dicapai setelah kesadaran akan brand, baik bisnis kecil ataupun dengan caliber tinggi sekalipun pasti mengingankan penjualan dan menarik minat para calon investor, oleh karena itu kesadaran akan brand harus lebih memperhatikan point ini.

  • Membentuk kepercayaan

    Cara branding yang professional dan strategis mampu mendongkrak banyak kepercayaan yang datang dari penggunanya maupun investor. Susun dan bangunlah branding dengan serius dengan menekankan pada satu expertise dalam bidang tertentu demi memudahkan kesadaran brand.

  • Membantu penyebaran informasi mengenai brand

    Pada branding yang kuat, brand akan mendapatkan tambahan promo selain cara konvensional seperti iklan. Public akan menaruh kepercayaan dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand juga akan lebih mudah diterima khayalak ramai.

Baca Juga : Bagaimana Memaksimalkan Website untuk Brand (Produk Khusus)

 

Cara Meningkatkan Brand Awareness

 

Dalam menumbuhkan dan meningkatkan brand awareness bukanlah suatu proses atau perjalan yang mudah. Tapi apabila suatu brand telah mempunyai fondasi branding yang solid tentu akan sangat membantu, untuk bisa mengukuhkan brand awareness tersebut, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba :

  • Buatlah logo beserta tagline yang unik namun menarik

    Sebuah logo adalah batu awal dalam membangun branding dan menyebarkan brand awareness. Logo akan menjadi citra dan wajah dari sang perusahaan atau merek yang memakainya, logo akan menjadi kemunculan awal setiap kali masyarakat mencari usaha Anda.
     
    Bersamaan dengan logo, sertakan juga tagline yang menunjang. Buatlah tagline yang merepresentasikan merek dagang Anda. Tagline juga harus mudah diingat agar mempercepat asosiasi pengguna terhadap brand Anda. Ciptakan tagline yang tidak hanya pendek, akurat serta tepat, tagline yang baik juga harus melengkapi sang logo yang juga harus berbentuk ikonik.

  • Manfaatkan jaringan social media dan jasa influencer

    Saat ini duni telah mampu berkomunikasi tanpa batas dan global, maka dengan ini hendakanya produsen juga mampu memanfaatkan momen tersebut. Selain penggunana pribadi, banyak brand juga membuat akun media social mereka sendiri agar dapat berkomunikasi secara langsung dengan konsuen mereka.
     
    Paltform ini tidak hanya gratis namun juga powerful, sebuah branding akan lebih cepat disadari melalu penyebaran informasi di social media. Bahkan platform yang tersedia juga menyediakan fitur dan sarana periklanan. Brand awareness juga lebih cepat menjamur dengan adanya kehadiran banyak influencer yang terbukti mampu menaikkan engagement pengetahuan sebuah brand atau produk.

  • Ikuti pergelaran event

    Mengikuti event mungkin sebuah usah brand awareness yang termasuk cara lama, tetapi cara ini masih diminati dan terbukti mampu menggaet konsumen. Event biasanya juga dihadiri/diselenggarakan oleh satu bidang tertentu atau berbagai macam merek dari berbagai macam bidang usaha pula, tentu ini akan memberi exposure yang baik dikalangan para pebisnis itu sendiri.
     
    Exposure seperti ini juga dapat meraih simpati dan kepercayaan umum karena mereka bisa dapat berinteraksi langsung dengan pelaku bisnis dan merasakan produk yang dijual. Maka jika suatu perusahaan aktif didalam kegiatan sperti ini, tentu akan membantu brand awareness itu sendiri.

  • Mempunyai website khusus

    Disamping social media, brand sebaiknya juga harus pintar memanfaatkan website sebagai pusat informasi suatu brand. Rancang website Anda seramah atau user friendly dan semenarik mungkin, berikan informasi yang jelas mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
     
    Tarik minat pelanggan dengan memasukkan konten- konten yang relevan dengan kategori bisnis Anda, serta update dan rawat website Anda secara berkala.

Baca Juga : 6 Keunggulan Website Sebagai Media Branding Usaha Anda

 

Kesimpulan dan penutup

Menciptakan branding dan brand awareness dapat dilakukan dengan berbagai cara, tetapi Anda harus jeli dalam menentukan cara yang tepat dan sesuai menurut kategori produk atau jasa yang Anda tawarkan. Juga tak lupa selalu lakukan riset pasar, trend terkini dan terus melakukan branding meski perusahaan Anda sudah bersa sekalipun.

Jaga image dan kesan yang baik, tetap disiplin dan konsisten adalah salah satu kunci brand awareness. Catat dan buat daftar cara- cara apa saja dan yang tidak berhasil yang pernah Anda tempuh dalam mengukuhkan brand Anda. Dari pencatatan yang lengkap dan detil nantinya akan dapat membantu Anda mengembangkan strategi baru atau menghindari kesalahan yang sama.

Jangan ragu untuk menggunakan platform yang sekiranya akan turut membantu promosi. Gunakan jasa influencer yang sesuai dan mendekati jenis produk atau jasa Anda agar memudahkan menaikkan awareness di mata public. Pantau selalu feedback yang Anda dapatkan dari menggunakan jasa para influencer tersebut.

Related Post :

popup image