Mengenal HTTP dan Fungsi, Manfaat, dan Cara Kerja untuk Website

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Gadget saat ini sudah merupakan kebutuhan bagi manusia dalam melakukan berbagai kegiatan.  Pastinya anda terlebih dahulu harus membuka papan pencaharian yaitu Google. Nah, Tanpa anda sadari bahwa anda telah mengakses HTTP pada laptop anda.

Ketika anda membuka Youtube atau Social Media berarti anda juga telah mengakses HTTP. Nah, dari mana kah alamat HTTP itu berasal? Dan apa sih fungsinya bagi kita?

Nah perlu kamu ketahui bahwa HTTP tidak akan lepas dari kehidupan kita saat ini. Pada Artikel ini kita akan membahas details mengenai apa itu HTTP. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai HTTP secara lengkap, yuk kita simak artikel  berikut ini.

 

Pengertian HTTP

 

Anda pasti sudah sering mendengar HTTP.  Nah, HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web).

HTTP sendiri merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk komunikasi data dalam dunia internet yang mana HTTP digunakan untuk distribusi dan sistem informasi hypermedia.  Intinya, HTTP menetapkan bagaimana pesan diformat dan ditransmisikan, dan seperti apa respon dari browser.

Baca Juga : Apa Perbedaan http dan https ?

 

Sejarah HTTP (Hypertext Transfer Protocol) Pada Jaringan Komputer

Pertama kali penggunaan HTTP sekitaran tahun 1990. Pada protokol HTTP yang berkembang yaitu versi 0.9 saat  itu HTTP hanya bisa protokol transfer data dengan data mentah yang dikirimkan dan tidak bisa melihat tipe dari dokumen itu sendiri. Selanjutnya, tahun 1996, protokol HTTP mengalami beberapa kali perubahan sehingga menjadil HTTP versi 1.0.

Kemudian, ditahun 1999 dikembangkan HTTP versi selanjutnya yaitu 1.1 untuk menjembatani proxy, cache dan koneksi yang persisten. Setelah itu, HTTP dalam pengembangannya protokol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas dasar TCP (Transmission Control Protocol). Ketika HTTP  memulai permintaan dengan menciptakan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server web hosting tertentu dan port yang digunakan adalah port 80.

Klien yang biasa disebut user agent, Namun server yang meresponnya dan juga meyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar disebut dengan origin server. Diantara kedua user agent dan origin server bisa saja ada penghubung, seperti misalnya geteway, tunnel dan proxy. Selanjutnya, sumber yang mau diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan URL (Uniform Resource Locator) dengan skema URL http: atau https:.

 

Mengetahui Manfaat HTTP

Manfaat  HTTP yaitu dapat  mengatur format dan bagaimana data ditransmisikan. Selanjutnya, HTTP ini dapat berfungsi untuk mengatur bagaimana web server dan browser memproses berbagai macam perintah yang masuk.

Contohnya saja, ketika Anda memasukkan domain (URL) di dalam browser. Ketika URL yang Anda masukkan tersebut merupakan sebuah perintah ke dalam web server untuk memberikan data halaman website sesuai dengan alamat yang diakses. Ketika hasil dari perintah ini seperti tampilan halaman website yang muncul melalui web browser.

Untuk fungsi lain dari HTTP adalah mengamankan data dari pencurian dan hacker. Hal ini ditandai dengan munculnya SSL yang biasanya terlihat seperti HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Fungsinya yaitu, membuat keamanan website anda dengan HTTPS dibandingkan dengan HTTP. Anda dapat menggunakan Layanan Sertifikat SSL IDCloudHost yang sudah bersertifikasi Internasional.

 

Cara Kerja HTTP

Setelah anda mengetahui pengertian dan fungsi pada HTTP, anda harus mengetahui beberapa langkah cara kerja dalam  HTTP . Berikut ini cara kerja HTTP sebagai berikut :

 

Pertama, klien (HTTP klien) membuat sambungan, lalu mengirimkan permintaan dokumen ke web server.
HTTP server kemudian memproses permintaan klien, setelah itu HTTP klien menunggu respon dari server tersebut.
Selanjutnya web server merespon permintaan dengan kode status data, selanjutnya menutup sambungan ketika telah selesai memproses permintaan.

Baca Juga : Cara Aktivasi Certificate SSL (Let’s Encrypt)

 

Kesimpulan dan Penutup

Ketika anda mengakses website, tanpa anda sadari anda telah mengakses HTTP. HTTP merupakan komponen website yang mengatur pertukaran data yang terjadi di dalam internet.

Cara kerjanya ialah  protokol ini yang membuat web client (browser) dan web server (aplikasi web) dapat saling terkoneksi. Pada Protokol HTTP dapat mengatur proses transmisi dan bagaimana format data di distribusikan.

Dalam pengembangannya, HTTP memerlukan sebuah keamanan yang disebut SSL yang memiliki sertifikasi. Ketika HTTP telah menggunakan SSL maka HTTP akan berubah menjadi HTTPS. Nah, sekarang anda dapat mengerti beberapa informasi mengenai HTTP.

Related Post :

popup image