Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Pengkodean dan minat akan coding telah meledak beberapa tahun terakhir ini sehingga siapa saja yang berminat juga bisa mempelajarinya dari kursus online. Ilmu coding berkembang dari yang hanya bahasa pemrograman untuk komputer dan situs web atau aplikasi menjadi apa yang membentuk cara hidup masyarakat dunia modern. Karena itu kebutuhan akan mereka yang ahli dibidang ini semakin meningkat setiap waktunya,

Mengingat hampir setiap perangkat, barang elektronik, dan mesin modern setidaknya mengandung sedikit kode. Seiring bertambahnya jumlah penggunaan untuk pengkodean, jumlah pekerjaan pengkodean yang tersedia juga akan terus bertambah. Permintaan akan programmer dan pengembang juga menjadi tinggi dengan naiknya tawaran gaji yang biasanya juga tinggi karena demand yang tidak boleh terputus.

Meski permintaan yang tinggi, namun untuk dapat benar- benar menguasai skill dalam coding membutuhkan dedikasi dan pembelajaran yang tidak sedikit pula. Belajar memprogram bukanlah perjalanan semalam tetapi juga tidak sesulit yang dipikirkan karena saat ini sudah banyak tersedia sumber daya tempat belajar online maupun offline. Jika Anda tertarik ingin menguasai bidang ilmu IT ini, mari ketahui dulu istilah- istilah yang umum ditemukan dalam programming dan coding.

 

Mengenal dan Memahami Apa Itu Programming

Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula
 

Lebih dulu, Anda harus memahami dan mengenal apa itu programming yang merupakan proses merancang dan membangun program komputer yang dapat dieksekusi untuk mencapai hasil komputasi tertentu atau untuk melakukan tugas tertentu. Pemrograman ini biasanya melibatkan tugas-tugas seperti analisis, menghasilkan algoritma, membuat profil akurasi algoritma dan konsumsi sumber daya, dan implementasi algoritma dalam bahasa pemrograman yang dipilih umumnya disebut sebagai pengkodean.

Kode sumber sendiri adalah suatu program ditulis dalam satu atau lebih bahasa yang dapat dimengerti oleh pemrogram, bukan kode mesin, yang langsung dieksekusi oleh unit pemrosesan pusat. Adapun tujuan pemrograman guna untuk menemukan urutan instruksi yang akan mengotomatisasi kinerja tugas di komputer, seringkali untuk memecahkan masalah yang diberikan. Pemrograman yang mahir sehingga sering membutuhkan keahlian dalam beberapa ilmu pendukung yang berbeda termasuk pengetahuan tentang domain aplikasi, algoritma khusus, dan logika formal.

 

Baca Juga  :    Bahasa Pemrograman Terbaik Tahun 2021

 

Manfaat Mempelajari Coding dan Menguasai Banyak Bahasa Pemrograman

Meluangkan waktu untuk mempelajari bahasa pemrograman baru adalah pencapaian besar, terutama bagi orang-orang yang mencari pekerjaan penuh waktu sebagai pengembang. Kini pengembang harus mampu menguasai lebih dari 1 bahasa pemrograman karena jika Anda hanya menguasai 1 bahasa saja, itu akan membatasi membatasi peluang karir dan potensi pendapatan. Belum lagi teknologi terus berkembang dan bahasa pemrograman tambahan mulai muncul. Berikut adalah beberapa alasan mengapa akan sangat bermanfaat bagi Anda untuk mempelajari berbagai bahasa.

  • Membantu meningkatkan potensi pendapatan

    Tren dalam bahasa pemrograman berubah dari waktu ke waktu dan kemungkinan Anda diminta untuk belajar bahasa baru bisa terjadi kapan saja. Tidak hanya itu, bahkan banyak perusahaan yang juga mencari programmer yang bisa menguasai banyak bahasa dengan menawarkan insentif yang sangat tinggi untuk keahlian ini. Mereka yang menguasai banyak bahasa pemrograman biasanya berpeluang lebih tinggi dari pengambang yang hanya menguasai 1 bahasa saja.

  • Programmer dapat memilih spesifikasi pekerjaan mereka

    Hanya mengetahui satu bahasa pemrograman membatasi pencarian pekerjaan Anda sebagai pengembang. Menjadi bilingual memberi pengembang poin keunggulan dalam pencarian pekerjaan mereka, karena menguasai beberapa bahasa pemrograman akan membuka lebih banyak kemungkinan bagi Anda dan memungkinkan Anda memilih jalur karier mana yang ingin Anda ambil. Ini membuat Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk memilih peran dan perusahaan yang Anda sukai, daripada terjebak dengan pilihan terbatas saja.

 

Baca Juga  :   Tempat dan Aplikasi Belajar Coding Online GRATIS Terbaik 2021

 

Mengenal Istilah Programming dan Coding

Mengenal Istilah Programming dan Coding Bagi Pengembang/Programmer Pemula
 

Banyak pemrogram komputer tahu banyak bahasa karena jangkauan bahasa pemrograman sangat luas, dengan beberapa bahasa yang digunakan dalam konteks tertentu dan yang lebih umum. Bahasa pemrograman juga mengambil pendekatan yang berbeda untuk melakukan pemrosesan, sehingga aplikasi penulisan dapat melibatkan tugas dan aktivitas yang berbeda tergantung pada bahasa yang digunakan. Mari mengenal beberapa istilah programing dan coding yang umum digunakan dikalangan pengembang dunia.

  • API

    Ini adalah singkatan dari Application Programming Interface (Antarmuka Pemrograman Aplikasi) yang adalah cara komputer dan aplikasi web berbagi informasi satu sama lain. API merupakan kumpulan seperangkat aturan, rutinitas, dan protokol untuk membangun aplikasi perangkat lunak. Selain juga membantu dalam komunikasi dengan program atau layanan pihak ketiga, yang dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak yang berbeda.

  • Bug

    Bug adalah istilah umum yang digunakan untuk menunjukkan kesalahan atau cacat yang tidak terduga pada perangkat keras atau perangkat lunak yang menyebabkannya tidak berfungsi. Meskipun bug sering dianggap sebagai gangguan komputer yang tidak signifikan, ada beberapa contoh dimana bug telah menyebabkan kondisi yang mengancam dan menyebabkan kerugian finansial yang besar. IMaka penting untuk berinvestasi dalam proses menemukan bug sebelum program diluncurkan untuk aplikasi mereka. Selain itu, proses ini juga dikenal sebagai pengujian.

  • Conditionals

    Conditional, pernyataan dan ekspresi conditionals adalah fitur bahasa pemrograman, yang membantu kode membuat pilihan dan menghasilkan TRUE atau FALSE. Dengan melakukan tindakan yang berbeda tergantung pada kebutuhan programmer dan beberapa kondisi dapat digabungkan menjadi satu kondisi, selama nilai akhir dari contionals tersebut adalah TRUE atau FALSE.

  • Framework

    Framework yang ada dalam pemrograman adalah pondasi dengan tingkat kerumitan tertentu yang dapat diubah oleh programmer yakni dengan menggunakan kode mereka. Sedangkan framework mungkin mencakup pustaka perangkat lunak yang berbeda, API, kompiler, dan banyak lagi. Secara sederhana framework menyediakan lingkungan yang menguntungkan untuk jenis dan tingkat pemrograman tertentu untuk suatu proyek sehingga kerja memungkinkan pengembang untuk mengabaikan kebutuhan umum dan fokus pada lebih banyak spesifik terkait proyek.

  • Loop

    Loop adalah urutan instruksi yang mengulangi proses yang sama berulang-ulang sampai suatu kondisi terpenuhi dan menerima perintah untuk berhenti. Dalam satu lingkaran loop, program akan mengajukan pertanyaan dan jika jawabannya mengarahkan program untuk melakukan tindakan, maka tindakan dilakukan sehingga loop akan berjalan lagi tetap melakukan tugas yang sama. Ini berjalan sampai jawabannya sedemikian rupa sehingga tidak ada tindakan yang diperlukan dan kode dapat melanjutkan lebih jauh. Ada pun loop dianggap sebagai salah satu konsep paling dasar dan kuat dalam pemrograman.

  • Beacon

    Untuk istilah yang umum digunakan di pengembang aplikasi adalah teknologi beacon memungkinkan aplikasi seluler memahami posisinya dalam skala mikro-lokal. Menggunakan Bluetooth, beacon dapat mengirim konten kontekstual yang relevan kepada pengguna berdasarkan lokasi mereka.

  • Spaghetti code

    Spaghetti code adalah bahasa atau jargon yang digunakan untuk menggambarkan kode sumber suatu program yang sulit dibaca atau diikuti oleh manusia karena cara programmer asli menulis kode tersebut. Kebutuhan proyek yang fluktuatif, kurangnya aturan gaya pemrograman, dan kemampuan atau pengalaman programmer yang tidak memadai adalah beberapa penyebab munculnya spaghetti code.

  • Runtime

    Runtime merupakan periode waktu di mana suatu program pada kenyataannya, berjalan di komputer. Jika suatu operasi terjadi pada ‘runtime’, itu terjadi saat program sedang berjalan atau saat program mulai dijalankan. Juga dikenal sebagai waktu eksekusi, runtime adalah bagian dari siklus hidup program, dan ini menunjukkan waktu antara saat program mulai berjalan dan sampai ditutup oleh OS atau pengguna.

 

Baca Juga  :     Mengenal Penerapan dan Penggunaan API (Application Programming Interfaces)

 

Kesimpulan dan Penutup

Menjadi pengembang serbaguna berarti keterampilan Anda tidak pernah ketinggalan zaman dan Anda dapat beradaptasi dengan lebih baik dengan tren industri yang terus bergerak maju. Terlebih lagi perkembangan dan permintaan akan situs web juga aplikasi semakin tinggi setiap harinya. Ini juga tidak terlepas dari tren yang bergeser dan munculnya inovasi- inovasi baru sehingga pengembang hendaknya menguasai lebih dari 1 atau 2 bahasa pemrograman.

Sedangkan dalam mempelajari bahasa pemrograman sangat mirip dengan mempelajari bahasa asing, akan semakin mudah mempelajari bahasa berikutnya jika Anda telah mempelajari bahasa kedua. Proses pembelajaran bahasa ini juga akan menjadi lebih mudah karena Anda mulai mengenali kesamaan antar bahasa yang Anda pelajari. Inilah yang akan membantu mempercepat proses pembelajaran dan kemampuan Anda untuk menyimpan informasi baru dan menguasainya.

 

 

 

Related Post :