logo Mengenal Teknologi Cloud Storage Lebih Dekat - IDCloudHost

Mengenal Teknologi Cloud Storage Lebih Dekat

Mengenal Teknologi Cloud Storage Lebih Dekat

Kapasitas penyimpanan seringkali menjadi permasalahan yang dihadapi oleh pengguna. Apalagi jika menyimpan sebuah file baik itu dalam bentuk word,pdf atau video butuh ruang penyimpanan yang memuat kapasitas besar. 

Hal ini menjadi serius jika penyimpanan cepat penuh padahal data yang disimpan tidak banyak. Bukan hanya itu saja ini juga berdampak pada akses file yang sulit untuk dibuka. Untuk mengatasi permasalahan tersebut hadirlah penyimpanan file online bernama cloud storage.

Cloud storage menjadi alternatif baru yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data. Layanan penyimpanan awan ini populer digunakan karena sistemnya yang praktis namun mampu memuat berbagai data penyimpanan. Jika Anda ingin menggunakan penyimpanan berbasis cloud ini ketahui terlebih dahulu jenis dan keunggulannya berikut. 

Apa Itu Cloud Storage?Apa Itu Cloud Storage?

Cloud storage adalah tempat penyimpanan data berbasis online yang langsung terhubung dengan internet. Jika dilihat secara teknis, cara kerja penyimpanan awan ini sama dengan penyimpanan pada umumnya, sama-sama menyimpan data pengguna hanya saja yang membedakannya penyimpanan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu juga, penyimpanan berbasis cloud ini bisa digunakan gratis maupun berbayar sesuai dengan kebutuhan dari pengguna.

Sebenarnya penyimpanan awan ini berbentuk perangkat lunak sehingga jika Anda mencari bentuk fisiknya Anda tidak akan menemukannya. Singkatnya ada data yang akan Anda simpan dalam cloud storage kemudian data tersebut akan dimasukkan dalam sebuah server dengan kapasitas skala besar. Selanjutnya penyedia layanan cloud yang akan mengelola data Anda tersebut.

Jenis-Jenis Cloud Storage

jenis cloud storage

Ada beberapa jenis dari penyimpanan awan ini yang wajib Anda ketahui antara lain:

  • Public Cloud Storage

Jenis yang pertama dari penyimpanan awan adalah public cloud storage. Dimana jenis ini disebut sebagai yang paling populer digunakan. Alasannya karena penyimpanan awan yang satu ini bersifat publik sehingga dapat diakses dimana saja selama terhubung dengan internet. Contoh dari public cloud storage yaitu Google Drive. Selain memiliki akses yang mudah penyimpanan awan jenis ini tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal.

  • Personal Cloud Storage

Sesuai dengan namanya jenis penyimpanan data yang ini adalah jenis personal. Dimana jika Anda ingin menyimpan data maka aksesnya akan menggunakan koneksi jaringan lokal. Sehingga penggunaannya pun bisa diakses di dalam rumah dan dapat terkoneksi dengan device yang lain.

  • Private Cloud Storage

Ketiga dari jenis cloud storage adalah private cloud storage. Jenis ini hampir mirip dengan jenis personal cloud storage hanya saja bersifat private. Dimana pengguna yang lain tidak dapat memiliki akses untuk masuk pada jaringan penyimpanan data. Inilah alasan disebut sebagai penyimpanan awan yang private. Namun penyimpanan ini lebih terintegrasi karena hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja misal orang-orang dalam perusahaan tertentu.

  • Hybrid Cloud Storage

Terakhir adalah hybrid cloud storage. Dimana jenis ini berupa kombinasi antara private dengan public cloud. Sehingga pengguna dibebaskan untuk menyimpan data secara online maupun offline. Selain itu untuk biaya penyimpanan data ini terbilang besar karena biasanya hanya digunakan secara ekslusif oleh perusahaan-perusahaan besar saja yang memiliki data yang penting dengan skala yang besar.

5+ Keunggulan dari Cloud Storage

5+ Keunggulan dari Cloud Storage

Setelah mengetahui berbagai jenisnya, berikut beberapa keunggulan dari penyimpanan berbasis cloud yang akan kami jabarkan untuk Anda!

  • Biaya Lebih Sedikit

Keunggulan pertama jika Anda menggunakan cloud storage sebagai tempat penyimpanan data adalah pengeluaran biaya yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena saat menyimpan data dengan penyimpanan awan Anda tidak memerlukan lagi hardware sebagai wadah untuk data tersebut. 

Karena jika menggunakan hardware maka ada banyak biaya yang harus dipersiapkan. Tetapi sebaliknya jika menggunakan penyimpanan berbasis cloud penyimpanan data dilakukan secara online sehingga biaya bisa ditekan lebih sedikit dibanding dengan menggunakan hardware. Hal ini juga didukung dengan penyimpanan awan yang dinilai lebih ramah lingkungan.

  • Data Dijamin Lebih Aman

Berikutnya keunggulan dari cloud storage adalah keamanan data terjamin. Jika Anda menggunakan penyimpanan data dalam bentuk hardware, ada kemungkinan jika sewaktu-waktu alat tersebut rusak sehingga menyebabkan data hilang. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan penyimpanan awan

Dimana data yang disimpan semuanya akan tersimpan di internet sehingga tidak perlu khawatir akan kerusakan yang terjadi dalam bentuk fisik. Sehingga keamanan data dinilai lebih aman daripada menggunakan penyimpanan data biasa seperti hardware.

  • Fleksibel

Sudah sangat jelas bahwa cloud storage adalah penyimpanan data yang fleksibel. Ini dibuktikan dengan data-data yang Anda simpan biasanya akan dikelola oleh penyedia layanan penyimpanan awan. Pengelolaan data tersebut bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tanpa khawatir dengan adanya keterbatasan tertentu. Karena semua sudah terhubung dengan jaringan internet.

  • Privasi Data Lebih Terjaga

Data pribadi milik pengguna sangat penting untuk dijaga. Tidak sedikit kasus kebocoran data milik pengguna yang pernah terjadi, karena serangan hacker yang tidak bertanggung jawab. Hal ini bisa diatasi jika Anda menggunakan cloud storage

Sebelum menyimpan data, Anda harus memiliki akun terlebih dahulu yang menggunakan username serta password yang sudah Anda atur sendiri. Inilah yang membuat privasi data terjaga karena hanya yang memiliki akun yang bisa mengaksesnya.

  • Kecepatan Akses Data Lebih Efektif

Selain fleksibel, jika menggunakan penyimpanan data awan Anda bisa melakukan kecepatan akses data. Ini dibuktikan dengan akses yang bisa dilakukan dimana saja. Hanya membutuhkan jaringan internet akses data yang Anda miliki bisa dibuka kapan saja. Ini dinilai efektif karena tidak memerlukan waktu yang lama.

  • Data Lebih Mudah Di Bagikan

Cloud storage lebih memudahkan Anda jika ingin membagikan data. Bukan hanya itu saja jika Anda ingin mengerjakan pekerjaan secara bersamaan dalam satu file juga bisa dilakukan dengan penyimpanan awan ini. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir dengan ukuran dan kualitas dari data yang sudah tersimpan dalam cloud. Karena dapat dipastikan ukuran maupun kualitasnya tidak ada yang berubah.

Jika Anda ingin membagikan data, pada penyimpanan berbasis cloud sudah dilengkapi dengan fitur sharing yang bisa dibagikan ke siapa saja yang ingin Anda tuju. Inilah yang membuat pembagian data yang sudah tersimpan lebih mudah dan praktis.

  • Data Menjadi Lebih Mudah Di Kontrol

Terakhir keunggulan dari cloud storage adalah data menjadi lebih mudah untuk dikontrol. Maksudnya pada pengiriman data yang dilakukan melalui email, terkadang ada kalanya proses pengiriman mengalami kendala atau masalah. Ini yang memicu proses pengiriman mengalami perubahan dan bisa berakibat pada data yang hilang atau data yang tidak terdeteksi. 

Hal seperti ini bisa diatasi dengan cloud storage dimana pengiriman data melalui email tidak perlu lagi dilakukan. Cukup dengan mengerjakannya pada satu file secara online. Kemudian disusul dengan fitur notes yang memudahkan Anda terhadap instruksi yang ada. Apalagi akses penyimpanan data awan menggunakan koneksi internet memudahkan penyimpanan kemana pun.

Penutup 

Cloud storage tentu menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin lebih mudah dan praktis dalam menyimpan data. Berbagai keunggulan yang Anda dapatkan jika menggunakanpenyimpanan berbasis cloud seperti data lebih terjamin keamanannya, fleksibel,privasi data lebih terjaga, dan beberapa keunggulan lain yang bisa Anda baca di atas .Sebagai media penyimpanan berbasis online yang langsung terhubung dengan jaringan internet. Apakah Anda tidak tertarik untuk menggunakan penyimpanan berbasis cloud?

Jika Anda ingin mencoba menyimpan data dengan penyimpanan awan. Anda bisa menggunakan  layanan Cloud Storage dari IDCloudHost yang mendukung semua bentuk penyimpanan file secara online yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Dengan harga terjangkau dapatkan kapasitas penyimpanan besar sesuai kebutuhan Anda.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image