Mengenal Macam-Macam Web Server Localhost

Development & Security, Web & Development / 1 | | 0

Localhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server, dan server adalah komputer. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain. Artinya kita bisa mengakses virtual server dari sebuah komputer menggunakan komputer atau media lain sepanjang akses portnya dibuka.

Nah jadi ketika kita membuat sebuah aplikasi berbasis web otomatis kita harus menaruh aplikasi tersebut di web server agar bisa berjalan dan bisa diakses oleh pengguna. Masudnya kita harus menginstall aplikasi tersebut pada komputer yang diposisikan sebagai web server yang sudah memiliki aplikasi web server yang bisa digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang berbasis web itu. Jika kita menyewa hosting untuk website kita tentunya disana sudah terinstall aplikasi-aplikasi web server seperti Apache, Nginx, Litespeed, dan lain sebagainya yang berbasis Linux. Sedangkan untuk yang OS berbasis windows, biasanya sudah di publish sendiri oleh microsoft.

Baca Juga : Teknologi Litespeed untuk Kualitas Maksimal

Berikut macam web server localhost yang biasa teman-teman dapatkan secara gratis:

  1. Xampp. Xampp adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Versi terbaru program ini adalah XAMPP 1.7.7, yang dirilis pada tahun 2011. Software Xampp dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends.
  2. Wamp Server. Wamp Server merupakan sebuah aplikasi yang dapat menjadikan komputer maupun laptop teman-teman menjadi sebuah server atau bisa dikatakan server offline. Kegunaan wamp server ini untuk membuat jaringan local sendiri dalam artian teman-teman dapat membuat website secata offline yang biasanya untuk joomla, wordpress, dll. Wamp server hanya bisa digunakan untuk sistem operasi windows saja, jadi untuk pemakai linux tidak bisa memakai aplikasi ini. Sebenarnya fungsi wamp server ini sama dengan Xampp.
  3. AMPPS. Merupakan aplikasi webserver ciptaan SOftaculous dan bisa digunakan baik sebagai webserver localhost ataupun di onlinekan, karena AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang sudah dapat diakses melalui browser dan sudah terintegrasi dengan segala pengaturan seperti hosting panel dan juga dapat langsung mengatur domain setting dan sebagainya. Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini, meskipun untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet.
  4. UWamp. Adalah sebuah paket kumpulan software yang terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, Perl, Freetype2, dll. UWamp berfungsi untuk memudahkan instalasi lingkungan php, di mana biasanya lingkungan pengembangan web memerlukan web. Dengan menggunakan UWamp, kita tidak perlu menginstall aplikasi-aplikasi tersebut satu persatu.
  5. EasyPHP. Adalah software antarmuka WAMP (Windows Apache MySql PhpMyAdmin) yang dapat menjalankan cms website berbasis sql di localhost windows (offline). Software ini membantu dalam pengetesan cms sebelum diupload ke webhosting.

Related Post :

popup image