logo Mengenal Meta Description: Manfaat dan Cara Membuatnya

Mengenal Meta Description: Manfaat dan Cara Membuatnya

Mengenal Meta Description: Manfaat dan Cara Membuatnya

Seorang pemilik website harus memastikan jenis konten yang dipublish menarik perhatian audiens untuk mengunjungi laman website Anda. Salah satu caranya adalah membuat konten yang berkualitas. Namun, menuliskan ringkasan atau meta description yang menarik juga sangat penting.

Konten Anda tentu saja harus mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh audiens. Dalam laman pencarian, audiens cenderung mencari jawaban atas kesulitan yang dihadapi. Maka konten Anda lah yang menjadi solusinya. Selain itu, penjelasan yang simple dan judul yang menarik juga bisa membuat audiens tertarik.

Pertama kali yang biasa dilihat oleh audiens saat masuk laman pencarian adalah jenis konten yang sesuai serta deskripsi singkatnya. Sehingga Anda yang punya website harus mengoptimalkan deskripsi ini yang dikenal dengan nama meta description. Apa saja manfaat dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini! 

Baca Juga: Cara Setting Yoast SEO dan Fitur Terlengkap

Apa Itu Meta Description?

apa itu meta description

Meta description adalah deskripsi singkat untuk menjelaskan secara sekilas tentang konten Anda. Biasanya ini dapat Anda temukan di awal halaman hasil pencarian. Secara spesifik, letaknya dibawah judul dari konten yang di cari. Cara kerjanya di mesin pencarian dimana ketika Anda mengetik sebuah informasi disana kemudian keluar judul dan tampilan sesuai dengan frasa yang dicari akan tercantum dalam deskripsinya.

Fungsi dari deskripsi meta adalah membuat audiens mengkilk postingan yang Anda publish. Semakin sering audiens mengklik dan mengunjungi laman website Anda, maka traffic pada website akan semakin naik. Tetapi tidak semua deskripsi bisa dijadikan deskripsi meta. Agar optimal deskripsinya dibatasi panjang idealnya hanya maksimal 155 karakter, sehingga saat akan tampil di mesin pencari tidak akan terpotong dan tetap singkat.

Manfaat Meta Description

manfaat meta description

Selain fungsinya ada beberapa manfaat dari Meta Description yang harus Anda ketahui antara lain:

  • Menaikkan jumlah traffic

Manfaat dari meta description yang pertama adalah dapat menaikkan jumlah kunjungan pada website. Audiens biasanya akan tertarik dengan konten yang dapat menyelesaikan masalahnya, seperti tips dan trik serta masih banyak lagi. Bukan hanya judulnya yang harus menarik tetapi deskripsi dari kontennya juga. Sehingga audiens lebih mudah untuk mengunjungi website Anda.

  • Memastikan Konten Menjadi Relevan

Manfaat dari meta description yang kedua adalah dapat melihat sejauh mana relevansi dari jenis konten yang dipublish pada website. Tulisan pada konten website akan dicetak tebal, biasanya sesuai dengan keyword yang akan dicari oleh audiens. Inilah yang bisa memastikan bahwa jenis konten yang ditulis pada website relevan dengan kebutuhan audiens.

  • Memunculkan Promosi Di Media Sosial

Manfaat dari meta description yang terakhir adalah konten website Anda dapat muncul di media sosial. Ini tentunya menguntungkan dari segi promosi konten Anda yang dapat langsung terhubung ke media sosial. Deskripsi yang muncul berupa konten iklan atau deskripsi biasa saat audiens membagikan postingan dari website Anda. 

Cara Membuat Meta Description

cara membuat meta description

Setelah beberapa manfaat telah dijabarkan diatas, saatnya Anda tahu tentang bagaimana cara membuat Meta description yang ternyata bisa Anda buat sendiri, jika Anda tertarik ikuti beberapa cara dibawah ini!

  • Tentukan Konten Yang Bermanfaat

Pertama, sebelum membuat meta description Anda harus menentukan dahulu jenis konten yang akan mengisi website Anda. Buatlah jenis konten yang sesuai dengan Anda atau keahlian bidang Anda. Usahakan kontennya bermanfaat bagi audiens. Setelah itu Anda baru bisa mulai merencanakan meta description yang tepat.

  • Pilih Bahasa Yang Menarik

Kedua, meta description dapat dibuat dengan rangkaian kata-kata dengan bahasa yang menarik. Gunakanlah bahasa yang mudah dimengerti,singkat tetapi membuat penasaran audiens. Pemilihan kata ini harus dipelajari secara cermat, agar menghasilkan kalimat yang menarik perhatian audiens.

  • Maksimalkan Jumlah Karakter

Ketiga, meta description dapat dibuat jika karakternya sudah dimaksimalkan. Jadi tidak bisa melewati 160 karakter untuk membuat deskripsi. Deskripsi yang kepanjangan akan membuat audiens sulit untuk memahami maksud awal konten. Aturan jumlah karakter untuk deskripsi adalah 150-155 karakter saja.

  • Gunakan Simbol Atau Angka

Keempat, meta description dapat dibuat dengan menggunakan simbol dan angka. Ini dilakukan agar adanya kombinasi antara pola huruf,simbol dan angka. Selain itu cara ini dapat meningkatkan minat audiens yang lebih mudah tergiur dengan kalimat yang ada unsur angkanya. Biasanya kalimat yang mengkombinasikan ketiga unsur ini identik dengan kalimat diskon.

  • Cobalah Hindari Spam

Kelima, meta description dapat dibuat jika spam dapat diawasi serta dihindari. Spam lebih kepada keyword yang bertebaran secara tidak beraturan. Keyword yang seperti ini cenderung tidak bervolume saat akan dicari oleh audience. Sehingga menghindari keyword spam, cobalah untuk meriset keyword pada Google trends atau aplikasi seacrh keyword lainnya. Setelah riset akan dapat keyword dengan volume yang pasti akan dicari oleh audiens.

  • Tuliskan Keunggulan Produk

Keenam,  meta description dapat dibuat dengan menuliskan keunggulan dari suatu produk. Ini perlu untuk menarik perhatian audiens jika website Anda memuat produk dari bisnis yang Anda kelola. Hal ini membantu agar brand mu mudah diingat oleh audiens. 

  • Buatlah deskripsi yang unik

Terakhir, buatlah meta description yang unik. Keunikan ini akan menjadi pembeda antara konten Anda dengan konten kompetitor. Sehingga membuat audiens cepat mengenali dan tertarik mengunjungi website Anda. Akan tetapi deskripsi unik ini harus disesuaikan dengan jenis konten Anda.

Penutup

Itulah dia penjelasan tentang meta description yang telah kami jabarkan untuk Anda. Sangat penting menggunakan meta description pada konten di website Anda sehingga lebih menarik dan relevan. Cobalah untuk mulai membuat deskripsi yang sederhana terlebih dahulu, kemudian pahami cara-cara membuatnya yang sudah ada diatas. Lakukan secara konsisten agar hasilnya maksimal ya!

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image