Mengenal Tentang Macam Macam OS (Operating System)

Serba Serbi, Technology / 23 | | 0

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System dan biasa di singkat OS. Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Kemudian, di dalam OS ada beberapa macam Sistem operasi, mari kita
simak bersama:

1. Windows

Windows adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali  oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, dan versi terbarunya yaitu windows 10. Windows sendiri menawarkan kemudahan cara pengoperasiannya bagi para User.

2. Microsoft DOS (Disk Operating System)

DOS adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IMB-PC maupun oleh komputer yang kampatibel dengan OS Microsoft DOS. Mic DOS dilauching pertama kali di tahun 1981. OS ini dibuat oleh tim petterson dari perusahaan Seatle Computer Products(SCT) sebelum dikembangkan oleh Microsoft.

3. Macintosh (Mac OS) 

Adalah Operating system yang diciptakan khusus untuk komputer macintosh serta OS ini tidak kompatibel dengan Personal Computer yang berbasi IMB. MAC OS pertamakali dikenalkan secara public pada tahun 1984, Os ini dibuat oleh Apple Computer

4. Linux 

Linux merupakan salah satu OS yang bertipe Unix modular. Linux diperkirakan dikembangkan sekitar tahu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan kernel Monolitik. Perbedaan OS linux dari disistem operasi yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen-komponen yang terbuka.

5. Unix 

Unix merupakan OS yang banyak digunakan di komputer supercomputer dan mainframe, atau lebih tepatnya di perusahaan besar yang menggunakan supercomputer untuk menglola data yang sangat besar.

Related Post :