Menjadikan VPS Sebagai SSH Tunnelling

Development & Security, Tutorial / 0 | | 1

Menjadikan VPS Sebagai Web Hosting

SSH Tunneling adalah trik koneksi internet gratis dan cepat yang sedang populer saat ini. pertama-tama teman-teman harus tau apa itu SSH, SSH terbagi atas 2 kata yaitu Secure Shell yang artinya adalah sebuah jaringan yang Aman, dalam artian kita menggunakan akses aman, dan disini komputer atau laptop kita berperan sebagai Client, dimana setiap SSH tersebut mempunyai sebuah Server, dan server ini di sebut dengan VPS.

Secure Shell atau SSH adalah protokol jaringan yang di lapisi aplikasi yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. SSH merupakan generasi terbaru dari telnet dan digunakan untuk melakukan remote VPS teman-teman dari jarak jauh dalam mode text (linux console). Tidak seperti telnet, SSH sendiri dienkripsi menggunakan port default 22 TCP. Tapi teman-teman juga dapat dengan mudah mengubah port yang bisa di lakukan dalam konfigurasi pada server teman-teman. SSH memungkinkan pengguna untuk mengotentikasi diri dengan beberapa cara berbeda. Sebagai contoh dengan menggunakan username dan password.

Untuk membuat sebuah akun SSH kita memerlukan sebuah VPS. VPS teman-teman bisa membelinya di layanan Penyedia VPS seperti IDCloudHost (Beli : VPS Murah Indonesia). Setelah teman-teman mempunyai VPS, dan jika VPSnya adalah Unmanaged, atau belum di instal maka teman-teman harus menginstalnya terlebih dahulu. apa yang harus teman-teman install?

hal-hal yang perlu anda install pada sebuah VPS dalam rangka membuat akun SSH tunneling adalah:

  1. Dropbear, Berfungsi untuk bisa menggunakan Dropbear koneksi dengan port standar 443
  2. OpenSSH, Biasanya sudah terinstal hanya tinggal menambahkan Port 80, 109 sesuai dengan keinginan.
  3. Web Admin, atau Webmin adalah layaknya sebuah FTP yang memudahkan dalam membuat User untuk cara membuat User SSH menggunakan Webmin.

Berikut adalah penjelasan secara singkat untuk setting up SSH Tunelling yaitu sebagai berikut:

  1. Login ke server menggunakan PuTTY dengan user dan password root. Pada kolom host name silahkan masukan host/ip server vps dan gunakan port default 22.
  2. Lakukan update dan upgrade ( jika perlu)
  3. Tambah Port OpenSSH
  4. Restart SSH/SSHD
  5. Cek Port yang sudah ditambah

SSH Tunnel menggunakan VPS sudah siap digunakan, silahkan berselancar bebas di dunia maya.
Sebagai masukan bahwa, dalam 1 VPS biasanya bisa digunakan untuk 20 s/d 25 user secara bersamaan. Jadi ini bisa menjadi pilihan hemat teman-teman semua.

Demikian menjadikan VPS sebagai SSH Tunelling, semoga bermanfaat dan teman-teman bisa merasakan koneksi internet cepat dengan biaya murah, bahkan gratis dengan memanfaatkan VPS.

Related Post :