Mind Mapping : Jenis Metode dan Manfaatnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Jika Anda sedang penuh dengan ide baru atau perlu mengeksplorasi konsep secara lebih mendalam, mengembangkan mind mapping atau dikenal juga sebagai peta pikiran biasanya merupakan cara terbaik untuk memikirkan sebuah pemikiran dan menjaga segala sesuatunya tetap teratur. Mind mapping disebut sebagai teknik organisasi yang berguna yang melibatkan pembuatan diagram visual untuk menangkap dan menyusun informasi, ide, atau konsep.

Mind mapping dapat menjadi cara yang lebih menarik untuk bertukar pikiran tentang sebuah ide. Alih-alih metode tradisional mencatat untuk menghasilkan dan mengatur ide, mind mapping memiliki metode grafis untuk meletakkan ide Anda dan mengatur informasi dengan cara yang mudah diingat. Saat membuat mind mapping, ingatlah elemen kunci yang membuat mind mapping efektif. Elemen-elemen tersebut adalah Ide utama atau pusat yang menjadikan sebuah informasi sebuah alasan inti untuk mind mapping. Ide sentral mewakili subjek utama yang ingin Anda fokuskan saat membuat mind mapping.

Ada hal-hal penting yang harus Anda ingat ketika ingin mencoba metode mind mapping. diantaranya adalah menentukan kata kunci pada mind mapping, informasi yang disederhanakan, diringkas, dan ditangkap dalam sebuah kata kunci. Kata kunci mewakili ide di balik setiap cabang dalam mind mapping, kemudian mulailah membentuk cabang. Pada tahap cabang, terdiri dari sub-ide atau informasi berasal dari ide sentral. Sub-ide yang langsung bercabang dari ide sentral dikenal sebagai asosiasi tingkat pertama dimana lebih banyak cabang dibuat, maka makin banyak pula informasi yang didapatkan sehingga mind mapping Anda Semakin detail. Didalam mind mapping, Anda juga dapat memikirkan dan mengingat warna ataupun gambar. Kedua hal ini akan memungkinkan pikiran atau informasi Anda terkoneksi baik satu sama lain. Elemen Visual seperti warna dan gambar juga akan membantu anda dalam mengingat.

 

Baca Juga :  Panduan Mengenal Apa Itu dan Fungsi Mind Mapping

 

Mengenal Apa Itu Mind Mapping

Mind Mapping : Jenis Metode dan Manfaatnya
 

Dalam pendidikan sekolah dan universitas, mind mapping telah terbukti menjadi alat bantu belajar yang populer dan efektif. Dengan menyusun informasi dengan cara yang lebih sesuai dengan gaya belajar visual, dan dengan menyaring teks panjang menjadi topik peta pikiran yang lebih pendek, pelajar biasanya dapat menyerap informasi dalam jumlah besar lebih cepat. Sebuah studi di tahun 2013 yang diterbitkan dalam Modern Journal of Language Teaching Methods (MJLTM) meneliti bagaimana siswa di Iran bereaksi terhadap mind mapping sebagai alat untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Dari kelompok sampel, 83,4 persen siswa memiliki pandangan positif tentang mind mapping dalam pemahaman bacaan, sementara hanya 16,7 persen yang merespons negatif. Menariknya, dalam kuesioner yang dikeluarkan setelah penelitian, terdapat sebuah pernyataan “Ketika saya menggunakan mind mapping untuk bacaan, saya lebih mampu menyelesaikan kegiatan pasca-membaca” mendapat skor paling tinggi.

Mind mapping atau dikenal juga dengan peta pikiran adalah cara organik yang mudah untuk mengatur ide, konsep, tugas, dan item lainnya tanpa membatasi ragam ide atau pendapat Anda pada struktur linier. Biasanya dibangun dengan ide atau tujuan sentral di tengah diagram, kemudian ada garis yang digunakan sebagai cabang untuk menghubungkan tema terkait, kemudian item tertentu, kembali ke konsep sentral. Mind mapping adalah alternatif yang kreatif dan fleksibel dari bentuk organisasi ide lain yang lebih terstruktur. Anda memiliki kebebasan untuk menggunakan format, warna, atau visual apa pun yang akan membantu Anda tetap teratur dan menyimpan informasi.

Disisi lain mind mapping merupakan proses kreatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi masuk dan keluar dari pikiran. Namun, alih-alih merekam informasi dalam daftar yang monoton, mind mapping memungkinkan Anda untuk merekam ide-ide Anda dalam format non-linier yang tidak terlalu kaku. Anda dapat dengan cepat mengeluarkan semua ide Anda dalam satu dokumen, yang dapat Anda modifikasi dan mengelola seiring berkembangnya ide Anda. Mind mapping dapat menyimpan dan menyusun sejumlah besar informasi. Mereka menampilkan hierarki, menunjukkan hubungan antara ide-ide individu dan memungkinkan Anda untuk melihat gambaran besar secara sekilas. Fitur-fitur ini juga membuat mind mapping menjadi alat yang ideal untuk menyajikan informasi kepada orang lain, menciptakan kumpulan pengetahuan dan memecahkan masalah yang kompleks .

Menggunakan teknik atau metode mind mapping sebenarnya menjadikan pemikiran Anda persis seperti otak diprogram. Otak manusia pada dasarnya adalah sebuah superkomputer dengan garis pemikiran yang memancar dari konstelasi node data yang sangat besar. Menggunakan mind mapping dapat membantu Anda membuka garis pemikiran tersebut dan menyajikannya dengan cara yang mudah untuk dipahami bahkan diingat.

 

Baca Juga :  Manfaat dan Cara Melakukan Mind Mapping

 

Jenis Metode dari Mind Mapping

Anda dapat membuat mind mapping menggunakan teknik atau metode yang berbeda tergantung pada seberapa banyak informasi yang sudah Anda miliki tentang topik yang ada, tingkat keahlian Anda dalam topik dan konteks dimana mind mapping seharusnya digunakan. Artikel ini akan membahas empat metode yang dimiliki mind mapping.

  • Central Start

    Jika Anda menggunakan kertas, mulailah di tengah halaman kosong sehingga Anda memiliki cukup ruang untuk memperluas mind mapping ke berbagai arah. Jika Anda menggunakan perangkat lunak, langkah ini masih belum terlalu disarankan. Untuk membantu imajinasi Anda dan memberi otak beberapa inspirasi, gunakan gambar untuk ide inti Anda. Menggunakan gambar juga dapat menjaga perhatian Anda di mind mapping dan menjaga hal-hal agar tidak membosankan. Kemudian hubungkan cabang utama Anda ke gambar pusat dan kemudian hubungkan cabang kedua dan ketiga Anda ke cabang pertama dan kedua sambil menjaga semuanya tetap relevan. Anda juga dapat membuat koneksi langsung antar item pada level yang sama.

  • Spaghetti on the Wall

    Pada metode ini setelah Anda harus yakin bahwa semua bahan mentah telah dikumpulkan, Anda dapat mulai membuat struktur di sekitar ide sentral, dan menghubungkan konsep satu sama lain. Metode ini memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan bentuk yang lebih bebas dengan ide-ide Anda dan menciptakan hubungan antara elemen-elemen yang berbeda dalam mind mapping Anda.

  • Drill Down

    Dalam metode pembuatan mind mapping ini, Anda akan mengambil ide sentral dan memecahnya menjadi beberapa sub topik di cabang pertama. Ambil satu sub-topik, lalu bagi menjadi sebanyak mungkin dan sebanyak yang Anda bisa, dengan detail yang semakin meningkat. Setelah Anda tidak dapat melangkah lebih jauh, kembalilah ke sub topik lain di cabang pertama dan ulangi seluruh proses. Metode drill down memungkinkan Anda menjelajahi satu topik tertentu dalam peta pikiran dengan sangat rinci.

  • First Structure

    Berbeda sekali dengan teknik sebelumnya, metode first structure adalah tentang membangun struktur metodis ke mind mapping Anda. Jika Anda ingin mengikuti metode ini, Anda dapat mulai dengan ide sentral dan memecahnya menjadi beberapa sub topik di cabang pertama. Setelah selesai, Anda akan menangani cabang kedua untuk setiap sub-topik, bercabang menjadi topik serupa. Metode first structure berusaha mempertahankan struktur mind mapping yang seragam dan seimbang dan berfokus pada pencapaian tingkat detail yang sama untuk setiap topik dan subtopik dalam mapping.

 

Baca Juga :  Storytelling dan Visualisasi : Kombinasi Kuat dalam Customer Journey Mapping

 

Manfaat Mind Mapping

Mind Mapping : Jenis Metode dan Manfaatnya
 

Mind mapping menawarkan sejumlah manfaat, baik sebagai visual maupun sebagai latihan mengingat sebuah informasi. Pada artikel ini, Anda akan mengetahui beberapa manfaat-manfaat tersebut agar dapat memulai latihan metode mind mapping.

  • Meningkatkan memori atau daya ingat

    Otak kita merespon jauh lebih baik terhadap gambar visual daripada daftar kata-kata. Mind mapping yang terorganisir dapat membantu Anda menyimpan informasi dengan lebih baik dengan mengkontekstualisasikan secara visual dan menghubungkan tema dan ide seputar satu topik utama. Dengan menambahkan antrian visual seperti warna atau bentuk, Anda dapat meningkatkan peluang untuk mengingat detail utama.

  • Meningkatkan produktivitas

    Manfaat mind mapping tidak terbatas pada pendidikan, mind mapping dapat berguna dalam bidang komersial juga. Mind mapping memungkinkan Anda belajar lebih cepat, berkomunikasi lebih efisien, dan bertukar pikiran dengan lebih efektif. Baik Anda sedang merencanakan proyek di tempat kerja atau menulis makalah ilmiah. Mind mapping akan membantu Anda menghemat banyak waktu. Menurut survei Mind Mapping Software Blog, perangkat lunak pemetaan pikiran dapat meningkatkan produktivitas rata-rata 23 persen .

  • Menyederhanakan ide yang kompleks

    Mind mapping menawarkan struktur yang sempurna untuk menyaring dan mengklarifikasi konsep besar. Dengan memecah konsep sentral Anda secara visual menjadi ide-ide yang lebih mudah dicerna, Anda dapat membuat gambaran yang jelas tentang bagaimana ide atau proyek besar dipecah menjadi item atau tugas yang lebih kecil.

  • Fleksibel

    Mind mapping dapat dibuat bagaimanapun dan kapanpun diperlukan, terlepas dari materi pelajaran atau audiens. Mind mapping sangat baik sebagai aktivitas solo atau dalam kelompok saat melakukan brainstorming atau mempresentasikan ide kepada tim. Dan karena strukturnya sangat intuitif, mind mapping dapat digunakan oleh semua orang mulai dari kelas satu hingga eksekutif.

  • Meningkatkan kreativitas

    Bahkan tindakan sederhana dengan mencatat pada dokumen dapat membantu Anda mempelajari informasi. Namun, dengan mind mapping, sekadar mencatat akan menjadi membangun hubungan antara ide-ide yang berbeda. Proses mencari tahu bagaimana ide berhubungan satu sama lain dapat membantu mengungkap koneksi baru yang mungkin tidak Anda pertimbangkan sebelumnya.

 

Baca Juga :  Apa Itu Blogger : Fitur, Fungsi, Keunggulan, dan Cara Kerjanya untuk Website

 

Kesimpulan dan Penutup

Manfaat menerapkan teknik mind mapping dalam rutinitas sehari-hari Anda sangat besar. Setiap orang bisa menjadi pengguna mind mapping atau menjadi master dari mind mapping. Anda dapat menggunakan metode mind mapping mulai dari brainstorming dan mencatat, hingga proyek perencanaan acara, belajar dan berbicara, bahkan presentasi di depan umum.

Terakhir, jika Anda menggunakannya dengan cara yang benar, mind mapping pasti akan merangsang pemikiran kreatif Anda dan memungkinkan Anda untuk memecahkan masalah dengan lebih efektif. Anda hanya perlu mengikuti semua langkah sebelumnya yang disertakan dalam artikel ini sehingga Anda akan semakin terlatih dalam mind mapping.

Related Post :