Panduan dan Cara Membuat Portofolio Online yang Efektif Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Jika Anda mencari pekerjaan, ada kemungkinan Anda harus menunjukkan sebuah portofolio. Portofolio sendiri adalah cara untuk mengatur dan mempresentasikan keterampilan, proyek, pelatihan, dan pendidikan Anda yang memungkinkan Anda untuk menampilkan karya terbaik Anda. Hal ini juga dapat memberikan cara untuk menceritakan kisah karir Anda dan tantangan yang telah Anda atasi. Bahkan bila Anda mencari beberapa jenis pekerjaan, bisa jadi juga Anda mungkin memerlukan lebih dari satu portofolio.

Beberapa bidang dan industri pekerjaan tertentu menuntut adanya portofolio seperti jika Anda ingin memulai karir di dunia industri kreatif dan digital. Gunanya portofolio disini sangat diperlukan untuk menilai apakah Anda adalah seseorang yang memiliki skills yang terampil dalam industri yang Anda lamar atau tidak. Portofolio bisa menambah nilai plus bagi Anda di hadapan para HR dan recruiter atau bahkan calon klien.

Bagi Anda yang sedang merencanakan untuk menyusun portofolio Anda secara online, Anda berada di artikel yang tepat. Artikel ini akan membahas definisi portfolio, kekurangan portfolio online, kelebihan portfolio, serta juga panduan singkat untuk membangun portofolio Anda secara online. Simak artikel berikut ini sampai tuntas untuk mendapatkan informasi seputar portfolio.

 

Memahami Apa itu Portofolio Online, Kelebihan dan Kekurangannya

Panduan dan Cara Membuat Portofolio Online yang Efektif Bagi Pemula
 

 

Portofolio online adalah cara mudah bagi calon pemberi kerja untuk melihat contoh pekerjaan Anda dan itu mungkin hanya memberi pertimbangan yang menguntungkan Anda. Apabila dulu portofolio masih berupa lembar dan cara konvensional, maka saat ini dengan seiring kemajuan zaman maka portofolio juga ikut serta dengan dibuat dengan formal online demi lebih praktis dan efisien.

Dalam membuat portofolio, sertakan alamat web portofolio Anda di semua komunikasi pencarian kerja. Jika Anda berpartisipasi dalam jaringan online, tambahkan tautan ke portofolio online Anda. Ini akan memudahkan jaringan Anda untuk merekomendasikan pekerjaan Anda kepada orang lain. Disamping itu, Anda juga bisa mencoba opsi lain dengan menggunakan blog yang bisa Anda update jika Anda menambahkan lagi pengalaman dan hasil karya Anda.

 

Kelebihan Portfolio Online

Kemajuan zaman tentu membuat semua hal dalam hidup menjadi lebih mudah, efisien, praktis dan cepat termasuk portofolio online. Berikut beberapa kelebihan portofolio online yang bisa sangat membantu Anda :

  • Kendali penuh

    Mengingat ini adalah milik Anda, portofolio khusus memberi Anda kendali penuh atas cara pekerjaan Anda disajikan. Anda bisa membuat, mengedit, memperbaharui semuanya secara langsung. Anda tidak perlu membutuhkan tenaga kerja yang banyak karena Anda bisa mendesain situs sendiri. Template dan alat gratis dapat menyederhanakan prosesnya serta Anda juga perlu mendaftarkan nama domain dan hosting.

  • Kesan visual yang elegan

    Portofolio gratis atau berbasis langganan cenderung memungkinkan rentang jenis file yang lebih luas, dan file yang lebih besar karena file-file ini diunggah langsung ke situs host. Pilihan portofolio diarahkan untuk menyajikan elemen grafis daripada teks yang sangat ideal jika Anda perlu memamerkan karya secara visual agar tampilan portofolio Anda semakin elegan.

  • Mudah digunakan dan diatur

    Portofolio blog dapat menjadi titik awal yang sangat baik, terutama jika digunakan hanya untuk memamerkan karya yang telah Anda ciptakan karena cenderung mudah diatur dan digunakan. Sebagian besar memungkinkan Anda untuk mengatur konten dengan mudah dimana Anda juga dapat menyematkan hampir semua hal.

  • Lebih sederhana

    Blog sering kali gratis, tetapi banyak yang memiliki opsi berlangganan dengan fitur-fitur canggih. Jika Anda hanya ingin memamerkan karya Anda dengan portofolio online, Anda bisa memilih layanan yang gratis dari blog dan bisa langsung membuat portofolio sederhana tanpa fitur berbayar.

 

Baca Juga  :     3 Manfaat Web Portofolio dalam Melamar Pekerjaan

 

Kekurangan Portofolio Online

Menggunakan layanan gratis pembuat portofolio online memungkinkan Anda untuk bangun dan berjalan dengan cepat dengan keterampilan desain yang terbatas. Tapi Anda perlu mempertimbangkan beberapa kelemahan portfolio online, yakni :

  • Terbatasnya jenis dan ukuran file

    Situs pembuat portofolio online mungkin membatasi berapa banyak file yang dapat Anda unggah serta jenis dan ukuran file.

  • Akses izin terbatas

    Portofolio online yang Anda buat mungkin mengizinkan kustomisasi yang terbatas. Ini bisa terjadi karena pengembang pembuat situs portofolio online yang Anda gunakan memiliki standar tertentu.

  • Kemungkinan munculnya iklan

    Portofolio online Anda mungkin menampilkan iklan di blog atau portofolio Anda. Beginilah cara beberapa situs pembuat portofolio dapat menawarkannya secara gratis kepada Anda yaitu dengan menampilkan iklan untuk keuntungan bagi pengembang situs pembuat portofolio.

  • Fitur terbatas

    Jika Anda ingin membuat portofolio online, Anda harus bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, waktu, anggaran, dan keterampilan web Anda. Bandingkan fitur dengan cermat untuk menentukan mana yang memenuhi kebutuhan Anda serta tidak semua penyedia layanan portofolio online lengkap dan memenuhi semua kebutuhan Anda.

 

Baca Juga  :     Jawaban yang Tepat untuk Kekuatan dan Kelemahan Saat Wawancara Kerja

 

Tips Membuat Portofolio Online yang Menarik

Untuk Anda yang baru ingin membuat portofolio secara online, sebelum Anda memilih tools untuk membuat portofolio online, ada baiknya Anda mengetahui tips untuk membuat portofolio online yang menarik para recruiter atau klien Anda. Berikut tips membuat portofolio online Anda yang bisa Anda terapkan.

 

  • Unggulkan karya terbaik Anda

    Sebelumnya Anda perlu memahami apa yang Anda ingin orang lain lihat. Meskipun Anda memiliki lebih banyak karya online daripada yang Anda cantumkan di resume Anda, Anda harus sama-sama selektif tentang apa yang Anda masukan ke dalam portofolio. Orang-orang memiliki rentang perhatian dan waktu yang terbatas, karenanya Anda harus mengunggah contoh karya yang paling menunjukkan bakat dan pengalaman Anda dan menunjukkan jenis pekerjaan yang Anda inginkan untuk dipekerjakan.

  • Permudah dalam navigasi

    Bagaimana membuat portofolio Anda mudah dinavigasi pembaca? Jawabannya adalah dengan menggunakan kategori karena jika Anda memasukkan semua hal dalam satu laman, maka ini bisa menyesatkan para calon klien atau recruiter saat masuk ke halaman website portofolio online Anda.

  • Buat dengan sederhana

    Presentasikan proyek Anda dalam format langsung di satu halaman web atau lebih baik lagi, tuliskan bagian per bagian agar mudah di pahami. Dengan opsi untuk melihat masing-masing secara individual untuk melihat detail lebih lanjut dan memberikan konteks orang tentang pekerjaan Anda. Buat desain dengan sederhana untuk memudahkan orang lain melihat karya Anda secara keseluruhan.

  • Cantumkan hal lain selain karya

    Meskipun pekerjaan Anda sebelumnya adalah aspek penting namun juga perlu untuk diingat bahwa ada elemen lain yang harus mendukung semua karya Anda. Portofolio yang baik menjadi lebih baik lagi jika itu adalah bagian dari situs web pribadi yang kuat, termasuk sedikit tentang cerita, latar belakang, dan tipe orang yang ingin Anda ajak bekerja sama.

 

Baca Juga  :    Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate yang Baik dan Benar untuk Melamar Kerja

 

Rekomendasi Tools/Alat untuk Pembuat Portofolio

Panduan dan Cara Membuat Portofolio Online yang Efektif Bagi Pemula
 

Setelah Anda belajar tips membuat portofolio online Anda lebih menarik dan unik, sekarang adalah bagaimana Anda merancang dan membuat portofolio online Anda. Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat portofolio online.

 

  • Cornerstone

    Cornerstone adalah pembangun WordPress lain yang membantu dalam membuat halaman. Situs web ini hadir dengan fitur-fitur hebat dan di berandanya Anda akan menemukan cara membuat portofolio selangkah demi selangkah. Dibuat sedemikian rupa sehingga jika Anda termasuk dalam bidang non-desain, Anda dapat mengandalkan alat ini. Menawarkan ruang kerja yang bebas kekacauan dan dilengkapi dengan opsi terbatas sehingga pengguna dapat bekerja dengan mudah tanpa komplikasi. Penggunanya dapat mengedit konten dan menawarkan pengguna untuk mengedit kode secara langsung. Kompatibel dengan tema WordPress apa pun, portofolio Anda akan menjadi lebih menonjol dan unik.

  • Portfoliobox

    Sedang mencari pembuat portofolio yang dapat menggambarkan kreativitas Anda? Maka Anda bisa mencoba tools yang satu ini yang memiliki fitur bawaan yang memungkinkan pengguna untuk memelihara blog, situs web e-niaga, galeri dan memiliki banyak desain untuk model, fotografer, seniman, desainer, dan bidang kreatif lainnya. Tidak diperlukan pengkodean untuk membuat portofolio, Anda dapat membuat atau mengedit konten sesuai keinginan yang juga termasuk domain gratis dan sangat mudah untuk mengelola portofolio.

  • All You

    All You adalah alat yang mudah untuk membuat portofolio profesional dimana penggunanya dapat membangun situs web unik hanya dalam beberapa klik tanpa memerlukan pengkodean. Selain itu, alat ini memungkinkan pengguna untuk memilih font, opsi drag and drop dan memiliki integrasi pihak ketiga. Website ini memiliki misi untuk memberikan layanan dengan kualitas terbaik. Menggunakan situs web ini akan menghemat banyak waktu dan hal terbaik tentang situs web ini adalah semua tentang Anda sehingga memudahkan orang lain mengenal Anda.

 

Baca Juga  :       Cara Membuat Resume Kerja yang Baik dan Benar untuk Melamar Pekerjaan

 

Kesimpulan dan Penutup

Sederhananya, portofolio adalah cara cerdas yang praktis untuk mempresentasikan keterampilan, proyek, pelatihan, dan pendidikan Anda. Ini juga bisa menjadi media dimana Anda bisa mempromosikan diri Anda serta memberitahu dunia apa saja yang telah Anda raih sejauh Anda berkarir.

Dari sini juga Anda berkesempatan untuk mendapatkan peluang pekerjaan dan para perusahaan yang sedang mencari pekerja juga dapat melihat Anda. Karenanya, buatlah portofolio online yang rapi, menarik dan unik agar Anda menjadi lebih menonjol di antara banyaknya saingan di bidan industri pekerjaan Anda.

Related Post :