Panduan Lengkap Terbaru Sertifikat SSL (Certificates SSL – HTTPS)

Development & Security, Web Security / 0 | | 0

Bagi kamu para developer website pasti sudah tidak asing dengan kata – kata SSL atau Secure Socket Layer. Dalam sebuah website, perlu sebuah pengaman  yang berfungsi untuk mengamankan data pengguna di situs web dengan menggunakan SSL. Apalagi belakangan ini juga isu-isu terkait keamanan internet menjadi topik yang paling hangat untuk kebicarakan.

Hal ini layaknya seperti brankas, yang berisi banyak uang dan perhiasan namun harus dijaga dan di berikan pengamanan ekstra agar tidak dicuri oleh orang lain. Selain membuat pemiliknya merasa aman, brankas juga tetap terjaga ketika dibawa kemana – mana. Begitu juga halnya dengan website.

Web visitor atau customer Anda tentu juga perlu merasa aman ketika sedang mengakses atau mengunjungi website Anda. Dengan SSL, data pengguna sebuah situs web akan lebih aman ketika berselancar seperti password atau nomor kartu kredit.Nah, terutama bagi yang punya blog / media online, patut dicatat bahwa Google sejak tahun 2014 lalu telah mengimplementasikan fitur di mana mesin pencari Google memberi prioritas lebih ke situs web yang mengimplementasikan  SSL. Melihat ini, mengimplementasikan SSL bagi para developer atau pemilik situs web tentu akan memberikan manfaat yang besar baik untuk mereka sendiri ataupun untuk para penggunanya. Berikut ini pembahasan definisi , tujuan hingga manfaat SSL.

 

Sejarah SSL Certificate

 

Pada tahun 1995, Netscape mengembangkan web browser mereka dengan meningkatka  keamanan dalam komunikasi klien mereka dan server mereka. Mereka akhirnya membuat dan memasang Netscape Navigator 1.1 pada awal tahun itu, lalu membuat juga Secure Sockets Layer Protocol SSL. Kemudian Netscape mengembangkan SSL versi 3.0 dirilis pada tahun 1996, yang pada akhirnya menjadi dasar pengembangan Transport Layer Security, sebagai protocol standart IETF. Definisi awal dari TLS muncul pada RFC,2246: “The TLS Protocol Version 1.0″. Visa, MaterCard, American Express dan banyak lagi institusi finansial terkemuka yang memanfaatkan TLS untuk dukungan commerce melalui internet.

Netscape menciptakan jalur untuk data yang di enkripsi antara klien dengan server, yaitu berupa platform. Netscape juga memanfaatkan SSL untuk membuat skema enkripsi baru seperti adopsi dari Advanced Encryption Standard (AES) yang kini dianggap lebih aman bila dibandingkan dengan Data Encryption Standard (DES). Kemudian pada tahun 2003 baru SSL Certificate digunakan oleh setiap perusahaan untuk menjaga kerahasiaan data perusahaan.

Layanan Keamanan Certificates SSL IDCloudhost

 

Definisi SSL Certificate

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman yang menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL adalah standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap hari.

SSL Certificates (Sertifikat SSL) merupakan salah satu pilar penting dalam bisnis online karena sangat berhubungan dengan keamanan. HTTPS adalah versi secure dari protokol HTTP yang sering digunakan. Ketika user melakukan koneksi ke website via HTTPS maka website akan melakukan eksripsi data dan informasi sehingga akan lebih aman digunakan.

 

Manfaat SSL

Tentunya  dalam melindungi Website ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi Sertifikat SSL yang berguna sebagai alat pelindung untuk serangan  yang ada  pada website Anda. Berikut ini adalah manfaat yang didapatkan dengan menggunakan SSL :

  • Authentication and Verification
    Pada SSL Certification didalamnya terdapat informasi tentang keaslian dari detail-detail yang ada pada identitas seseorang, sebuah bisnis, maupun sebuah website. Jika website aman, maka akan ditampilkan pada web visitor Anda lewat padlock symbol (gambar gembok) seperti IDCloudHost yang menggunakan Norton Symantec kemudian terdapat Norton Secured Seal.
  • Communication dan Data Encryption
    Jika customer  harus login dengan alamat email sebagai validasi dan memasukkan beberapa informasi atau data sensitif seperti identitas atau nomor kartu kredit pada website Anda maka Anda perlu SSL Certification. Hal ini karena jika tidak menggunakan SSL, Website anda akan mudah untuk di intervensi jalur komunikasi yang ada antara klien dengan server. Sehinnga mudah di hack. Data yang anda miliki akan dapat diambil oleh pihak lainnya.
  • Performance dan HTTP/2
    Pada versi baru dari HTTP, yaitu upgrade ke HTTP/2. Keunggulannya, yaitu setelah melalui beberapa perbaikan menjadi lebih bagus kinerjanya dibanding HTTP sebelumnya. Kenaikan yang dihasilkan sekitar 50-70% lebih baik dibanding situs yang melalui HTTP/1.1. Ketika anda sudah menggunakan HTTP/2 untuk meningkatkan performa website menjadi lebih cepat. Anda juga harus menggunakan SSL Certificate.
  • SEO dan Ranking di Google
    Memanfaatkan SSL untuk website juga berpengaruh dengan pencarian website di Google. Karena hal itu, banyak pengelola website yang mengalihkan websitenya dari HTTP menjadi HTTPS. Ketika sebuah website tidak menggunakan SSL maka akan menurunkan peringkat website anda didalam pencarian Google. Kemudian hal ini akan menyebabkan kemungkinan website anda akan mendapat sedikit visitor.
  • Membangun Kepercayaan Klien
    SSL dapat menjaga bisnis anda agar tetap aman dan terkendali, terutama data rahasia pada website anda. Dengan menggunakan website yang sudah mempunyai SSL IDCloudHost yang sudah banyak dipercaya oleh banyak perusahaan.

Berikut ini juga Alasan penting mengapa kita perlu menggunakan SSL Certificates :

  1. Memberikan jaminan keamanan data dan informasi yang ada pada website dan aplikasi
  2. Meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website bisnis
  3. Meningkatkan penjualan dan kunjungan yang ada pada website Anda
  4. Meningkatkan keamanan transaksi yang ada pada Website Bisnis
  5. Dapat meningkatkan SEO dimana mendapatkan posisi lebih tinggi di mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Bing dll.

 

Jenis-Jenis SSL Certificate

Meskipun ada banyak Provider yang saat ini beredar menyediakan layanan Sertifikat SSL untuk kebutuhan Anda, namun sebelum memilih brand dan layanan mana yang terbaik, perlu  Anda ketahui terlebih dahulu terkait Jenis-Jenis Sertifikat SSL yagn ada saat ini :

  • Shared SSL Certificate
    Shared SSL Certifikate merupakan SSL yang disediakan secara gratis untuk beberapa webhosting. Karena merupakan jenis sertifikat bersama, tentu jenis ini tidak dikhususkan bagi website anda. Oleh karena itu,anda tidak bisa memakai nama domain milik anda sendiri melainkan nama domain yang merupakan Shared Certificates yang akan anda gunakan.
  • Domain Validated SSL Certificate
    Domain Validated SSL Certificate adalah Jenis yang banyak digunakan dalam memvalidasi status kepemilikan domain pengguna internet sehingga sangat populer bagi para blogger. Ada hal yang perlu diperhatikan disini yaitu data yang dipakai harus sesuai dengan data domain yang tertera di WHOIS agar keamanan para pengunjung bisa terjamin. Untuk dapat memilikinya anda tidak perlu berkorban lebih karena harganya tergolong murah serta sangat terjangkau ditambah setup yang sangat mudah. Belum lagi jika anda memanfaatkan hosting di IDCloud Host, dijamin urusan anda akan dipermudah berkat tersedianya SSL/TLS manager di cPanel usernya.
  • Organization Validation SSL Certificate
    Validation SSL Certificate adalah Jenis ini sering digunakan dalam memverikasi organisasi atau badan usaha dari nama domain yang sertifikatnya diajukan. Adapun jenis SSL ini banyak dijumpai pada E-Commerce dan E-Business sebagai jaminan keamanan didalam websitenya.
  • Extended Validation SSL Certificate
    Jenis Extended Validation SSL Certificate atau disingkat dengan EV. EV menawarkan keamanan yang mengedepankan kepercayaan dan keamanan yang tinggi atas suatu perusahaan, di sinilah fungsi sertikat EV dengan catatan terpenuhinya syarat-syarat pada OV. Salah satu ciri bahwa anda memiliki sertifikat EV diantaranya warna hijau pada Address Bar yang ditampilkan oleh browser pengunjung website anda. Tidak hanya itu, Site Seal atau logo pun akan melengkapi website bersertifikat EV yang anda miliki.
  • Multi Domain SSL Certificate
    Jenis SSL yang terakhir yaitu Multi Domain SSL Certificate. Multi Domain SSL Certificate ini penggunaannya mencakup banyak domain. Untuk jumlah maksimal domain tergantung pada penerbit, yang mana beberapa di antaranya secara default sedangkan beberapa yang lainnya yang bisa ditambahkan.

 

Cara Kerja SSL Certificate

Cara kerja SSL adalah dengan mengenkripsi data dengan proses yang sangat cepat, hitungannya bahkan sampai permillisecond. Saat komunikasi SSL Handshake sedang berlangsung antara client dan server, sangat sulit pihak ketiga untuk bisa memecahkan kode enkripsi yang sudah dibuat. Sekedar diketahui saja level enkripsi tertinggi saat ini 256-bit baru bisa ditembus dengan 100 super computer selama 100 tahun.

SSL pada dasarnya bekerja dengan acuan 2 konsep berikut ini:

 

1. Kriptografi Asimetris

Kriptografi asimetris atau (Asymmetric Encryption) bisa disebut juga Public Key Cryptography menggunakan kunci yang berpasangan untuk melakukan enkripsi dan dekripsi data. Dalam proses asimetris ini berjalan, akan ada satu public key yang bisa diketahui oleh orang lain dan  private key yang hanya bersifat rahasia.

Dalam kriptografi asimetris, ada 1 data yang dikirimkan dengan private key hanya bisa dibukan dengan public key, jadi harus ada 2 kunci yang saling berhubungan untuk mengamankan data. Algoritma kriptografi asimetris sekarang ini banyak ditemui di EIGama, RSA, DSA, Elliptic curve techniques dan PKCS.

2. Kriptografi Simentris

Kriptografi simetris merupakan kebalikan kriptografi asimetris. Kriptografi simetris memiliki satu kunci private key untuk mengenkripsi data. Untuk pengirim dan penerima harus mengetahui kunci ini untuk membuka enkripsi data.

Baca Juga : Panduan Cara Aktivasi Certificate SSL

 

Penutup dan Simpulan

Bagi anda yang memiliki usaha atau perusahaan perlu dipahami bahwa resiko yang ada terkait web security Anda. Ketika anda memiliki sebuah website anda harus memastikan keamanan data pada website anda dengan melakukan instalasi SSL Certificate.

Jika anda ingin menggunakan SSL anda dapat menggunakan jasa penyedia SSL Certificate yang terpercaya seperti IDCloudHhost. Selain memudahkan pekerjaan Anda, Anda juga dapat menghindari resiko kerusakan yang ada saat melakukan instalasi SSL Certificate.

Ketika anda tidak menggunakan SSL, Data didalam website yang anda miliki mudah untuk di intervensi data yang ada di dalamnya. Maka dari itu, teknologi SSL sangat dibutuhkan oleh perusahaan terutama perusahaan korporat.

Related Post :