Default Homepage merupakan halaman awal dimana saat domain Anda diakses akan menampilkan halaman landing page dari Website Anda. Untuk hal ini bisa Anda lakukan konfigurasi dengan mudah agar bisa menampilkan halaman Homepage yang bagus saat pengguna mengakses website Anda. Selain itu, jika website Anda sedang maintenance pun Anda secara manual bisa mengatur agar tampilan website dalam keadaan maintenance.

 

Setting Default Homepage di Linux

Berikut ini adalah langkah-langkah Melakukan Setting Default Homepage di Linux:

  1. Silakan Login ke Panel Plesk Hosting Anda menggunakan Username dan Password. (Baca Juga : Cara Login Control Panel Plesk Hosting)
  2. Buka Websites & Domains > Apache & Nginx Settings.


  3. Pilih opsi Enter custom value di bagian File indeks. Tentukan nama file atau nama yang akan digunakan sebagai halaman default. Anda dapat menentukan lebih dari satu, memisahkan nama file dari satu sama lain dengan spasi putih. Misalnya, jika Anda menentukan “index(dot)htm index(dot)php”, server web akan menyajikan index(dot)htm sebagai halaman default. Jika file dengan nama tersebut tidak ditemukan, index(dot)php akan disajikan.

 

Setting Default Homepage di Windows

Berikut ini adalah langkah-langkah Melakukan Setting Default Homepage di Windows:

  1. Silakan Login ke Panel Plesk Hosting Anda menggunakan Username dan Password. (Baca Juga : Cara Login Control Panel Plesk Hosting)
  2. Buka Websites & Domains > IIS Settings.


  3. Pilih opsi Enter custom value di bagian Default documents. Tambahkan atau hapus nama file dari daftar. Server web akan mencari file halaman default mulai dari entri paling atas dalam daftar dan berlanjut ke bawah. Misalnya, jika Anda menentukan “index(dot)htm” dengan “index(dot)php” tepat di bawahnya, server web akan menyajikan index(dot)htm sebagai halaman default. Jika file dengan nama tersebut tidak ditemukan, index(dot)php akan disajikan.