Android merupakan salah satu sistem operasi berbasis Linux yang dirancang pada smartphone maupun komputer tablet. Sistem Operasi Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan saat ini untuk berbagai kebutuhan, salah satunya adalah berkirim email. Bagi Anda yang sudah membuat email dengan menggunakan hosting, mungkin ingin menghubungkannya dengan Android. Sehingga pada tutorial kali ini kita akan membahas bagaimana konfigurasi untuk mengaktifkan email hosting Anda pada perangkat sistem operasi Android.

Konfigurasi Email di Android

Menghubungkan email ke perangkat Android memberikan Anda banyak kemudahan. Salah satunya adalah Anda bisa mengecek dan menerima pesan kapan saja dari aplikasi smartphone Anda. Bagaimana cara konfigurasi email cPanel di Android dan menghubungkannya dengan smartphone kita? Simak langkah-langkah mudah berikut ini.

Sebelum menghubungkan email dengan perangkat Android, pastikan Anda sudah membuat email di cPanel, ya! Jika belum, Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini untuk membuatnya: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri di cPanel.

Login ke cPanel dan pilih menu Akun Email (Email Accounts).

Pada email yang ingin Anda hubungkan, klik Connect Device.

Selanjutnya, akan muncul tampilan seperti berikut. Ini adalah informasi port, server masuk, serta server keluar untuk email Anda. Informasi ini akan Anda butuhkan saat mengkonfigurasi email di perangkat Android Anda.

Pada perangkat Android Anda, buka aplikasi Gmail. Kemudian, klik pada icon profil yang ada di pojok kanan atas.

Setelah itu, klik Add Another Account.

Anda akan diminta untuk memilih platform email yang Anda gunakan. Karena kita akan menghubungkannya dengan email yang kita buat sendiri di cPanel, klik Other.

Pilih jenis email yang Anda gunakan. Pada tutorial ini, kita memilih IMAP.

Setelah itu, masukkan email Anda dan klik Manual Setup.

Masukkan email, password dan incoming server email hosting Anda. Informasi ini bisa dilihat di cPanel sebelumnya.

Masukkan email, password dan outcoming server email hosting Anda. Informasi ini bisa dilihat di cPanel sebelumnya.

Jangan lupa untuk memasukkan password email Anda. Kemudian, klik Next.

Selamat! Konfigurasi email sudah berhasil dan kini Anda bisa menggunakan akun email tersebut di perangkat Android.

 

Penutup

Demikianlah cara konfigurasi akun email hosting di perangkat Android. Semoga tutorial ini membantu Anda yang ingin menggunakan email lebih mudah di perangkat mobile, ya! Sekarang Anda bisa mengirim dan menerima email hanya dari smartphone Anda. Ingin kemudahan dalam mengelola email hosting dan membangun website? Gunakan Cloud Hosting IDCloudHost yang cepat dan handal dengan dukungan teknologi NVMe.