Peluang Bisnis Pada Masa Pandemi (COVID-19) di Indonesia

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Memulai bisnis selama pandemi mungkin bukan upaya yang ideal, tetapi sebenarnya ini bisa menjadi keputusan wirausaha yang bagus. Meskipun ada banyak ide bisnis yang terinspirasi COVID yang tumbuh di dunia bisnis saat ini, ada banyak cara bisnis tradisional dapat diadaptasi selama COVID-19. Sebagai seorang pengusaha, jika Anda memahami dan beradaptasi dengan tantangan Anda, Anda dapat memulai bisnis yang berkembang selama pandemi ini.

Di awal tahun 2020, calon wirausahawan tidak dapat membayangkan dampak COVID-19 terhadap dunia bisnis. Sementara norma jarak sosial dan pekerjaan jarak jauh saat ini telah mengubah bisnis tradisional secara langsung seperti restoran, ritel fisik dan layanan publik terpaksa harus dihentikan. Hal ini tentunya sangat berdampak besar mengingat usaha tradisional banyak melakukan kontak secara langsung.

Oleh karena itu, banyak bisnis yang sudah berjalan jauh sebelum pandemi melanda harus mencari cara agar dapat tetap bertahan. Ini juga berlaku bagi mereka yang sedang mencari peluang bisnis di tengah pandemi. Berikut beberapa peluang dan ide bisnis pada masa pademi yang bisa Anda coba dan terapkan.

 

Peluang Bisnis Pada Masa Pandemi (COVID-19)

Peluang Bisnis Pada Masa Pandemi (COVID-19) di Indonesia
 

Meski pandemi yang melanda telah banyak menghancurkan sektor ekonomi negara- negara di dunia tidak terkecuali Indonesia, membuat pengusaha gulung tikar, tetapi selalu ada celah untuk bertahan. Dengan digitalisasi dan aplikasi online yang umum digunakan, maka bisnis- bisnis juga dapat beralih menggunakannya. Selain juga tentunya membawa trend, ide, mau pun peluang bisnis baru pula. Simak beberapa peluang bisnis pada masa pandemi yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

 

  • Membuka Digital Marketing Agency

    Dengan aplikasi dan situs web yang terus-menerus baru dan berkembang, mempunyai pengetahuan akan cara memasarkan klien secara digital adalah aset yang sangat berharga. Bisnis terus mencari biro iklan yang dapat membantu mereka mengatasi kebisingan dan menonjol dari pesaing mereka secara online. Buat agensi pemasaran digital yang menawarkan pemasaran konten, media sosial, layanan SEO, iklan berbayar dan bertarget, analitik, desain web, dan konsultasi kepada klien. Ini adalah bisnis yang selalu diperlukan mengingat semua kehidupan yang dilakukan serba online dan digital.

  • Layanan Pembersihan Komersial (Cleaning Service)

    Beredarnya virus corona dan protokol kesehatan yang kuat serta ketat untuk mencegahnya, dapat membawa ide akan bisnis baru yakni layanan pembersihan komersial. Layanan seperti ini dapat mendatangi rumah, gedung perkantoran, restoran, dan bisnis publik lainnya untuk melakukan desinfeksi ruang. Karenanya, ide bisnis ini tentu akan lebih menarik mengingat beberapa tempat- tempat umum mulai dibuka kembali dan terus menerus memerlukan penjagaan kesehatan.
     
    Baca Juga :   Cara Membuat Bisnis Plan (Business Plan) yang Baik dan Benar untuk Bisnis dan UMKM

  • Pengembang Aplikasi

    Virus Corona membuat banyak perusahaan lengah karena tidak ada cara untuk menjalankan bisnis mereka secara online. Sekarang banyak yang berjuang untuk menemukan cara yang efisien untuk terhubung dengan pelanggan di platform digital. Sebagai pengembang aplikasi, Anda dapat membantu bisnis menyesuaikan diri dengan virus korona dan penghentian yang diakibatkannya dengan membuat aplikasi untuk membantu mereka menjangkau pelanggan. Bisnis tidak hanya membutuhkan aplikasi atau cara online untuk bertahan hidup selama pandemi saja, tetapi hampir semua orang saat ini juga membutuhkan aplikasi untuk terus berkembang di era digital.

  • Drop Shipping

    Dengan orang-orang yang merasa lebih aman tinggal di dalam ruangan, layanan pengiriman online berada pada titik tertinggi sepanjang masa ditengah pandemi ini. Layanan ini sebagian besar mencakup makanan, bahan makanan, dan barang-barang farmasi, tetapi ada pasar untuk layanan yang mengirimkan berbagai komoditas. Anda dapat fokus untuk memulai bisnis yang berpusat pada barang yang tidak tersedia melalui layanan ini seperti bekerjasama dengan bisnis lokal Anda untuk mengirimkan barang langsung dari toko atau pemasok langsung ke pelanggan.
     
    Anda juga dapat fokus untuk memulai sistem pengiriman hiperlokal yang lebih efisien dan lebih murah daripada layanan umum. Dengan bekerja hanya di area tertentu, Anda dapat memahami biaya melakukan bisnis di sana serta mempelajari klien Anda dan kebiasaan membeli mereka untuk menginformasikan bisnis Anda dengan lebih baik.

  • Bimbingan Kelas Belajar atau Les Virtual (Online)

    Karena semakin banyak sekolah menggunakan cara pembelajaran virtual di masa mendatang, pasar untuk bimbingan dan kelas- kelas virtual kemungkinan akan tumbuh. Sementara banyak orang tua membutuhkan bantuan agar anak-anak mereka menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyelesaikan pelajaran mereka, ada juga pasar yang besar bagi siswa yang sama membutuhkan dukungan tambahan untuk tetap fokus dan memahami materi pelajaran mereka.
     
    Anda dapat memulai kelas bimbingan belajar virtual dengan menentukan keahlian Anda dalam berbagai mata pelajaran dan memilih kelompok usia yang akan dipasarkan. Pertimbangkan apakah Anda ingin bekerja dengan orang tua dengan anak-anak kecil, siswa sekolah menengah yang bersiap untuk Ujian Nasional (UN), atau mahasiswa yang membutuhkan bantuan ekstra untuk melewati ujian atau mereka yang berusaha untuk mendapatkan sertifikat khusus seperti IELTS atau TOEFL.

  • Membuat Masker Wajah

    Jika Anda ahli dengan mesin jahit, salah satu jalan potensial untuk bisnis rumahan yang bisa dipasarkan secara online adalah masker wajah kain. Sebagian besar negara bagian memiliki peraturan tentang wajib penutup wajah ketika jarak sosial tidak memungkinkan, sehingga permintaan akan masker masih sangat tinggi.
     
    Mereka bahkan telah menjadi semacam fashion karena orang-orang mencari aksesori pakaian mereka dengan motif masker wajah yang sama. Dengan sedikit meluangkan waktu untuk melihat trend saat ini, Anda dapat membuat masker wajah yang dapat disesuaikan bagi mereka yang ingin menonjolkan kepribadian mereka saat mereka tetap mengikuti protokol keselamatan.

 

Baca Juga  :      Peluang Bisnis Modal kecil yang Terbaik dan Menguntungkan di tahun 2020

 

Tips Agar Bisnis Tetap Bertahan Pada Masa Pandemi

Peluang Bisnis Pada Masa Pandemi (COVID-19) di Indonesia
 

Pandemi telah jelas- jelas banyak menghancurkan banyak bisnis global, baik itu skala besar maupun skala kecil. Semua bisnis tentu berusaha untuk tetap dapat bertahan dengan berbagai macam cara. Berikut beberapa tips agar bisnis dapat bertahan pada masa pandemi :

 

  • Optimalkan Media Sosial

    Ini adalah zaman dimana semua orang mencari informasi serta memasarkan produk mereka secara online. Karenanya, gunakan kesempatan ini untuk dapat memasarkan dan membangun image branding bisnis Anda karena cara ini termasuk cara yang ampuh di zaman media sosial sekarang ini.

  • Luncurkan Aplikasi Pembelian Online

    Hampir semua orang juga menggunakan aplikasi dalam untuk membantu banyak hal dalam kehidupan mereka. Melalui aplikasi, orang – orang dapat berkomunikasi, berbelanja online, menonton dan lain- lain. Anda juga harus memanfaatkan kesempatan ini dengan meluncurkan aplikasi Anda sendiri atau dapat menumpang pada aplikasi lain yang telah ada.

 

Baca Juga  :    Tips Mengelola Bisnis bagi UKM dan Startup di Masa Pandemi (Covid-19)

 

Kesimpulan dan Penutup

Beragam perasaan seperti putus asa, kesuraman, isolasi, depresi adalah kata-kata yang sudah banyak di dengar selama pandemi global ini. Dengan keadaan ekonomi yang tertekan saat ini, banyak pemilik usaha kecil merasa seolah-olah tidak perlu membuat rencana ke depan. Ide mereka adalah untuk bertahan dalam masa-masa yang tidak pasti ini sebaik mungkin, berharap untuk masa depan yang lebih cerah.

Sebaliknya, perencanaan adalah suatu keharusan agar tetap dapat bertahan. Ketika pemulihan keadaan kehidupan dan ekonomi global dimulai nanti, pertumbuhan jangka panjang akan menjadi produk sampingan dari perencanaan, alih-alih tidak melakukan apa pun atau membuat keputusan bisnis yang sembarangan. Perencanaan melibatkan banyak aspek bisnis yang berbeda, maka dari itu pilihlah ide bisnis yang kiranya mampu dan sesuai dengan diri Anda agar Anda tetap dapat bertahan di tengah pandemi ini.

Related Post :