Peluang Kerja Jurusan IT di Indonesia untuk Fresh Graduate

Development & Security, Web & Development / 0 | | 0

Jurusan IT alias Teknik Informatika memang salah satu jurusan yang menjadi favorit. Bagaimana tidak, didalam jurusan ini mempelajari sektor telekomunikasi baik itu jaringan, desain, hingga programming. Teknologi dan digitalisasi yang kian hari kian berkembang, juga membuat semakin banyak yang tertarik dengan jurusan IT.

Biasanya, jurusan ini diantara jurusan teknik lainnya yang lebih banyak menghabiskan waktu didalam ruangan. Nah, jurusan ini cocok bagi anda yang ingin bekerja kantoran. Namun, ketika anda sudah memilih jurusan IT, anda harus siap untuk belajar hitungan dan programming.

Terapan ilmu komputer yang berdasar pada angka 1 dan 0 menjadi landasan utama pada penghitungan program maupun jaringan. Ketika anda sudah lulus dari jurusan IT ini, anda terlebih dahulu harus mengetahui skill dan fokus anda selama masa perkuliahan dulu.

Jika anda masih bingung dengan pekerjaan apa yang cocok bagi anda yang jurusan IT, maupun yang ingin mengambil jurusan IT. Yuk, simak artikel berikut ini.

 

1. Web Designer

 

Bagi anda yang suka programming dan desain, bisa mencoba menjadi web designer. Web designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu halaman web. Dia adalah orang yang membuat wajah halaman web yang responsive dan menarik.

Para web design mengintegrasikan komponen seperti gambar, file flash, atau multimedia ke dalam halaman web untuk menambah pengalaman visual user, atau untuk melengkapi content page. Biasanya seorang web designer akan menjadi seorang UI/UX Designer dalam sebuah perusahaan.

 

2. Mobile Application Developer

Jika saat ini sedang marak berbagai startup mengembangkan aplikasinya. Baik itu untuk support dengan smartphone android maupun apple, mobile application developer merupakan orang yang bekerja untuk pengembangan aplikasi tersebut.

Jika anda orang yang kreatif yang bekerja menciptakan berbagai macam aplikasi berbasis mobile yang bisa disesuaikan dengan sistem operasi pada gadget saat ini. Inilah salah satu profesi yang menuntut kreativitas tingkat tinggi dan pemahaman algoritamayang cukup baik. Lowongan pekerjaan lulusan IT seperti mobile developer ini, saat ini sangat di butuhkan apalagi di dunia startup.

 

3. System Analyst

Profesi inilah yang bertugas menganalisa sistem yang akan digunakan oleh organisasi. Untuk menjadi seorang System analyst yang handal, kamu perlu tingkat ketelitian yang tinggi sehingga berbagai tahapan dalam merangkai sistem bisa dipantau dengan cermat.

Tak hanya itu saja, pekerjaan ini juga dituntut untuk bisa berinovasi dengan sesuatu yang baru dalam hal upgrade operasi sistem dari sistem yang telah ada.

 

4. Sofware Tester

 

Seorang Sofware Taster biasanya akan melakukan pengujian pada perangkat lunak di tempatnya bekerja. Ia akan bertanggung jawab atas kebenaran serta fungsinya sebagai perangkat lunak yang telah diciptakan.

Selain itu, biasanya software tester menguji perangkat lunak dengan menggunakan perangkat lunak tersebut tetapi di luar aturan dari perangkat lunak tersebut.

Baca Juga : Kumpulan Website Lowongan Pekerjaan Terpercaya & Terbaik [Lengkap]

 

5. IT Support

Bertugas untuk memberikan bantuan teknis IT bagi perusahaan. IT support juga bersifat fleksibel, karena bekerja pada bidang yang cukup umum di bidang IT. Pekerjaan ini menuntut waktu untuk selalu siap sedia kapan pun perusahaan membutuhkan pertolongan.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang pintar memenejemen waktu baik untuk keperluan pribadi maupun perusahaan. Biasanya IT support akan dimintai tugas untuk memperbaiki komputer yang error, pemeliharaan komputer, hingga installasi beberapa aplikasi yang ada di komputer.

 

6. Network Administrator

Prospek kerja Teknik Informatika lainnya yang bisa kamu pilih ialah menjadi network administrator. Seorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP server, hingga DNS server.

Intinya, sebagai seorang network administrator, kamu akan mengelola serta menjaga seluruh sistem jaringan yang ada. Karena tugasnya seperti itu, maka kamu pasti dibutuhkan banyak perusahaan. Terutama, perusahaan yang dasar usahanya sistem jaringan.

 

7. Web Developer

 

Seorang web developer adalah orang yang mempelajari bahasa. Namun bukan bahasa manusia, melainkan bahasa pemrograman. Bukan berarti mereka tidak bisa berbahasa manusia, hanya saja itu merupakan keharusan mereka sebagai web developer untuk bisa membuat aplikasi pada web.

Pada umumnya seorang web developer memiliki waktu kerja yang fleksibel. Pekerjaan yang mereka lakukan seakan tidak ada habisnya, maka wajar saja jika perusahaan memberikan waktu fleksibel bagi mereka untuk menyelesaikan deadline. Gaji global yang diterima seorang web developer sebesar 62.500 Dollar per tahun.

 

8. SEO Specialist

Dimulai dengan munculnya mesin pencari Google, pekerjaan menjadi SEO Specialist merupakan pilihan bagi para lulusan teknik informatika yang suka menulis. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, atau dalam Bahasa Indonesia bermakna Optimasi Mesin Pencari.

Tugas dari seorang SEO specialist adalah membuat suatu website tampil di halaman pertama mesin pencari ketika user mengetikan kata kunci tertentu. Untuk menjadi seorang yang ahli SEO anda akan berjumpa dengan tools seperti Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Gimana Rasanya Kerja di Startup ?

 

9. Computer Forensic Investigator

Computer Forensic Investigator atau lebih dikenal dengan Forensik komputer, merupakan salah satu cabang ilmu forensik yang berkaitan dengan bukti legal yang dapat ditemui pada media penyimpanan dan komputer digital.

Tugas dari seorang Computer Forensic Investigator secara khusus bekerja dengan profesional pada suatu perusahaan atau organisasi secara privat. Selain itu, seorang investigator komputer forensik populer bekerja di lembaga penegakan hukum, misalnya kepolisian.

 

10. Konsultan IT

 

Suatu perusahaan tentu membutuhkan konsultan yang akan memberikan solusi mengenai masalah dalam suatu sistem informasi. Konsultan IT berperan dalam evaluasi dan perancanaan penerapan teknologi informasi pada suatu organisasi.

Anda bisa menawarkan solusi mulai dari database yang akan digunakan, UI tampilannya, hingga aplikasi yang dibutuhkan seperti apa. Selain itu, anda juga dapat menawarkan produk dari kantor anda. Agar si costumer menjadi salah satu pelanggan anda. Selain itu, strategi menjadi konsultan juga bisa mendapatkan banyak relasi para pengusaha maupun pemerintahan.

 

Kesimpulan dan Penutup

Bidang IT kini memang menjadi banyak bisnis di indonesia, misalnya saja untuk start up. Proses pengolahan data, hingga sumber daya yang mudah didapatkan membuat bisnis di bidang IT dapat berkembang pesat. Nah, ini merupakan langka yang tepat apabila anda ingin memilih jurusah IT untuk perkuliahan anda.

Apabila anda sudah menyelesaikan perkuliahan anda, maka anda dapat mencoba pekerjaan seperti IT Support, System Analyst, Website developer, IT Consultant. Namun, masih saja ada yang ingin memilih menjadi admin saja. sebenarnya banyak sekali bidang ilmu dan pekerjaan yang ada di dunia IT yang dapat anda gali.

Pekerjaan dibidang IT ini sangat cocok bagi anda yang ingin bekerja dikantoran. Karena hampir setiap hari, pekerjaan ini memang dikerjakan di kantor saja. Jika anda ingin bekerja dilapangan namun masih ingin sesuai jurusan IT anda, anda dapat memilih menjadi Sales IT, maupun Network administrator. Selamat mencoba!

 

Related Post :

popup image