Pengenalan Singkat Metode dan Cara Kerja Figma

Serba Serbi, Technology / 0 | | 3

Sejak dirilis pada tahun 2016 yang lalu, software atau perangkat lunak Figma telah menjadi antarmuka desain yang sangat populer di antara pengembang aplikasi dan situs web. Kemajuan ini karena Figma datang dengan tawaran berbeda dengan menggunakan alat pengeditan visual yang canggih dan dukungan grafik vektor sehingga akan memungkinkan para pengembang dan desainer dalam membangun juga menyempurnakan interface yang mereka rancang.

Selain itu, Figma juga memugkinan untuk melakukan kolaborsi karena fitur ini memungkinkan beberapa desainer untuk bekerja bersama secara real-time disaat yang bersamaan. Bahkan Figma merupakan aplikasi web yang membungkinkan para penggunanya untuk menggunakan browser interet tanpa harus melakukan instalasi seperti software perancang lainnya.

Faktor menarik lainnya adalah Figma juga menawarkan opsi bagi pengguna mulai dari gratis hingga berbayar. Dengan membawa fitur- fitur dan ide yang inovasi bagi industri desain grafis, pengembang merasa sangat terbantu dalam menjalankan proyek mereka meski Figma adalah alat berbasis web. Tidak mengherankan kalau Figma sangat sesuai digunakan untuk pengembang pemula sekalipun.

 

Memahami Apa Itu Perangkat Lunak Figma dan Pengaruhnya Pada Bisnis

Pengenalan Singkat Metode dan Cara Kerja Figma
 

 

Merupakan alat yang canggih, Figma adalah alat desain dan prototipe digital berbasis web. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk membuat antarmuka aplikasi seluler, situs web, posting media sosial, dan banyak lagi. Meski ada beberapa alat desain grafis lainnya, tetapi Figma menawarkan banyak fitur unik yang berguna seperti akses ke aplikasi melalui platform cloud.

Faktor praktis dan efisiennya ini memungkinkan pengguna untuk mengakses proyek mereka dari komputer mana pun yang memiliki browsers sehingga bagi pengguna yang tidak ingin menginstal Figma, akan merasa sangat terbantu dengan opsi ini. Selain itu sebagai alat desain online terkemuka, Figma juga menawarkan beberapa manfaat bagi pengguna bisnis. Kemudahan dan kenyamanan aplikasi browser yang dikombinasikan dengan lingkungan kolaboratif memungkinkan alur kerja yang dioptimalkan untuk pekerjaan tim agar lebih efisien.

Bahkan jika bisnis dan desainer sebelumnya menggunakan solusi atau perangkat lunak lain seperti Adobe, kini dapat menggunakan Figma mengingat sebagian besar format file desain kompatibel dengan Figma. Dukungan yang tidak kalah menarik lainnya adalah Figma juga dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak lain seperti Slack untuk tetap menjaga kolaborasi antar tim yang lebih lancar. Oleh karena Figma berbasis cloud, bisnis dan desainer tidak perlu berinvestasi dalam perangkat keras yang mahal atau membeli lisensi untuk banyak komputer lagi.

 

Baca Juga  :     Wireframe : Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

 

Mengenal Metode dan Cara Menggunakan Figma

Dikarenakan perangkat lunak Figma memberi opsi pemakaian yang cukup mudah yakni baik dengan menggunakan metode instalasi perangkat lunak atau versi web apabila. Jika Anda ingin mengunduh Figma, Anda bisa mengunjungi situs resmi Figma, mengunduh dan melakukan menginstalnya di sistem operasi Windows maupun Mac. Lalu bila Anda menggunakan versi web, Anda bisa menggunakan layanan perubahan IP di laman website Figma.

Secara umum seperti perangkat lunak kebanyakkan, pada tampilan awal program, pengguna akan disuguhkan pada Search (Pencarian), Recent (Terbaru), Plugins dan juga Draft dengan kegunaan masing- masing. Sedangkan jika Anda ingin membentuk tim untuk proyek Anda, Anda dapat menggunakan fitur ini juga. Hanya saja, Figma memberikan dukungan gratis bagi jumlah tim terbatas, tetapi jika jumlah tim Anda bertambah, maka ada harus yang dibayarkan.

 

Baca Juga  :      Apa itu React : Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Cara Kerjanya

 

Fitur dan Dukungan Terbaik Figma

Sebagai alat modern yang membantu mendesain dan merancang desain grafis, Figma menawarkan banyak fitur serta dukungan dalam mengembangkan desain web yang unik dan berkualitas. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan oleh Figma adalah :

  • Tata letak otomatis
    Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengembangkan tata letak yang responsif. Fitur ini juga menawarkan fleksibilitas karena kemampuannya untuk menyesuaikan secara otomatis berdasarkan konten pengguna.
  • Perpustakaan yang dapat diakses
    Selanjutnya adalah fitur yang terdiri dari perpustakaan yang dapat diakses dengan mudah oleh semua anggota tim.
  • Fitur ekspor
    Dukungan dan fitur format ini memungkinkan pengguna untuk mengekspor desain mereka dalam berbagai format.
  • Jaringan vektor yang kuat
    Ini adalah merupakan fitur yang andalan karena adanya alat pena dan pensil modern yang menyempurnakan gambar ke segala arah.
  • Desain busur instan
    Figma memiliki alat busur yang dapat digunakan untuk mendesain layar arloji, jam, atau diagram lingkaran.
  • Pilihan plugin
    Plugin mungkin bagian tak terpisahkan karena itu Figma menyadari hal ini dengan menyediakan plugin untuk membantu desainer dalam menggambar alur, bagan, citra stok, dan aksesibilitas warna.
  • Cukup fleksibel
    Figma memiliki gaya yang fleksibel dan konsisten seperti kisi, efek, teks, dan warna. Ini dapat diterapkan ke objek atau teks apa pun.

 

Baca Juga  :      Mengenal Apa itu API (Application Programming Interface) : Fungsi dan Cara Kerjanya

 

Manfaat dan Keunggulan Menggunakan Figma bagi Para Desainer Grafis

Pengenalan Singkat Metode dan Cara Kerja Figma
 

 

Merupakan software yang sesuai dengan tuntutan zaman modern, Figma menawarkan solusi yang lebih menguntungkan bagi setiap pengembang. Di bawah ini dicantumkan beberapa manfaat dan kelebihan yang dimiliki Figma untuk mengesankan pengembang.

  • Figma bekerja dengan baik di macOS atau Windows sehingga Anda dapat menjalankan Figma di seluruh platform tanpa hambatan.
  • Figma memudahkan untuk mengimpor proyek dari alat atau perangkat desain lain. Anda dapat membawa pekerjaan Anda dari alat desain grafis lainnya ke Figma dan melanjutkan pekerjaan Anda tanpa kendala.
  • Figma adalah aplikasi berbasis web sehingga Anda tidak memerlukan perangkat kelas atas untuk menjalankannya. Meskipun browser Anda masih harus memenuhi persyaratan yang direkomendasikan Figma, pada dasarnya Anda dapat menjalankannya di komputer mana pun.
  • Figma bersifat kolaboratif dan intuitif sehingga Anda dapat menambahkan investor, kolaborator, atau kolega pada proyek yang sedang berjalan. Kemampuan ini akan membantu Anda memberi dan menerima umpan balik sebelum meluncurkan prototipe ke pasar. Banyak pengembang dapat mengerjakan satu proyek yang memberikan hasil lebih cepat.
  • Figma menggunakan antarmuka UI/UX yang intuitif yang membuat para pengembang menikmati menavigasi melalui alat ini dikarenakan kepraktisannya.

 

Baca Juga  :        Aplikasi untuk Buat Mockup Website / Prototype Website yang Mudah dan GRATIS

 

Kesimpulan dan Penutup

Dikembangkan oleh Dylan Field dan Evan Wallace yang mulai mengerjakan proyek ini pada tahun 2012 lalu, Figma berkembang dengan merilis preview tahun 2015 dan mengenalkannya kepada penggunaan publik 2016. Figma adalah alat desain yang memungkinkan desainer web membuat antarmuka pengguna yang unik dan menarik untuk ponsel, tablet, dan media sosial.

Perangkat lunak ini juga menyediakan platform untuk kolaborasi dan pembuatan prototipe yang membuat desain menjadi lebih mudah dan ringkas. Sejak diluncurkan, Figma juga telah mengembangkan fitur-fitur baru yang telah meningkatkan kualitas desain web. Disamping itu penambahan fitur desain canggih akan merevolusi desain web di industri teknologi yang dikenal saat ini.
 

 

Related Post :