Pengertian Internet : Defenisi, Fungsi, Manfaat, Dampaknya

Serba Serbi, Technology / 0 | | 0

Tahukah kamu apa pengertian dari internet? Hampir setiap hari kita menggunakan Internet, baik dari anak – anak, orang dewasa, sampai lansia menggunakan internet. Bahkan Internet merupakan sebuah kebutuhan yang digunakan setiap hari dari semua kalangan. Maka dari itu, pengertian internet sudah dapat kita artikan secara general karna istilah internet sudah tidak asing lagi untuk kita.

Dikota – kota besar sering kali kita lihat, Bahwa Internet ini sangat berpengaruh di segala kegiatan. Mulai dari Perkantoran yang memiliki teknologi canggih untuk mengatur segala kegiatan perkantoran menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini dikarenakan Internet dapat memberikan solusi yang tepat dalam berbagai masalah.

Bahkan kita bisa lihat di Pusat Perbelanjaan Mall, Taman bermain, hingga restoran memiliki teknologi canggih. Misalnya, untuk sekedar bermain Bersama keluarga di taman bermain. Tak jarang, kita melihat para orang tua sibuk mengambil gambar dan merekam video anaknya di layar handphone dan mengabadikannya kedalam bentuk social media.

Nah, sebenarnya apa pengertian dari internet? Seperti apa manfaat dan fungsinya? Hingga dampaknya dalam kehidupan sehari – hari? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Apa Pengertian dari Internet?

  1. Allan (2005)
    Menurut Allan, Pengertian Internet adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat membaca serta menguraikan berbagai protocol komunikasi tertentu yang biasa kita kenal dengan istilah Internet Protocol (IP) dan juga Transmission Control Protocol (TCP). Protokol juga memiliki definisi lebih lanjut menurut Allan merupakan sebuah spesifikasi sederhana mengenai bagaimana komputer dapat berinteraksi satu sama lainnya.
  2. Turban, Rainer, Potter (2005)
    Menurut Turban, Rainer, Potter Internet adalah suatu jaringan besar yang dapat menghubungkan jaringan komputer, mulai dari organisasi pemerintah, organisasi bisnis, hingga sekolah – sekolah di seluruh dunia secara langsung dan cepat.
  3. Supriyanto (2006)
    Menurut Supriyanto, Internet memiliki arti yaitu suatu hubungan dengan berbagai jenis komputer dan dengan jaringan yang ada di dunia serta memiliki sistem operasi dengan aplikasi yang berbeda. Hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan perangkat komunikasi misalnya telepon dan satelit yang juga menggunakan protokol standar dalam melakukan komunikasi, yaitu protocol TCP/IP (Transmission Control / Internet Protocol).
  4. Harjono (2009)
    Menurut Harjono, Internet memiliki arti yaitu kumpulan dari beberapa komputer, bahkan bisa mencapai jutaan komputer di dunia kemudian saling terhubung dan terkoneksi satu dan lainnya. Supaya komputer dapat saling berinteraksi dan terkoneksi, maka diperlukan suatu media agar saling menghubungkan antar komputer. Media yang digunakan bisa menggunakan kabel atau serat optik, bisa juga satelit, maupun sambungan telepon.
  5. Sibero ( 2011)
    Menurut Sibero, Internet yaitu Inter-connected Network yang merupakan sebuah jaringan komputer yang saling menghubungkan antar komputer secara global. Internet dapat bekerja sama seperti jaringan komputer, dan juga jaringan komputer local maupun jaringan komputer area yang lebih luas, dan interet menggunakan sebuah protocol komunikasi yang sama yaitu TCP/IP (Transmission Control Protokol/Control Protokol).
  6. Sarwono (2012)
    Internet adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala global. Menurut Sarwono tidak ada orang yang mamou bertanggung jawab untuk menggunakan internet itu . Awalnya, internet hanya digunakan untuk kepetingan militer, tetapi sekarang internet merupakan kebutuhan sekaligus hiburan dimasyarakat.

Baca Juga : Mengenal Sejarah TCP/IP

Apa itu Fungsi dan Tujuan Internet ?

Fungsi internet ada berbagai macam dalam kehidupan sehari – hari, yaitu :

  1. Memudahkan untuk mengakses Informasi
    Sekarang kita bisa mendapatkan informasi dengan mudah hanya dengan menggunakan internet. Bahkan, jika dulu kita sering sekali mengeluh tidak dapat belajar karena tidak memiliki buku dengan harga yang mahal. Sekarang, kita dapat belajar berbagai hal dengan menggunakan internet dimanapun dan kapanpun.
  2. Memudahkan Komunikasi
    Jika dulu kita ingin berkomunikasi dengan teman ataupun teman yang berbeda negara ataupun beda kota, kita harus terlebih dahulu bertemu langsung untuk dapat berkomunikasi dan membutuhkan banyak biaya dan waktu yang lama. Namun, kini dengan internet kita dapat berkomunikasi setiap saat.
  3. Memudahkan dalam Pekerjaan
    Perusahaan banyak menggunakan Internet sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan berbagai masalah secara cepat dan efisien. Dengan memiliki sistem yang saling berhubungan satu sama lain.

Baca juga : Mengenal Macam – Macam Layanan Internet

Apa itu Manfaat Internet ?

Manfaat internet dalam kehidupan sehari – hari diantaranya, yaitu :

  1. Manfaat Internet untuk Bisnis
    Sudah tidak asing lagi kata Belanja Online dalam kehidupan sehari -hari. Mulai dari pelaku bisnis yaitu penjual yang tidak harus memiliki toko ataupun ruko untuk membuka bisnisnya, melainka cukup mendaftar tokonya ke media belanja online. Dengan menggunakan proses online, pembeli dapat dengan mudah memilih barang dan toko yang d inginkan tanpa harus datang untuk membeli langsung barang yang di inginkan.
  2. Manfaat Internet untuk Belajar
    Internet dengan metode belajar online memudahkan siswa maupun mahasiswa dalam berinteraksi dan mempelajari pelajaran yang di inginkan secara otodidak. Untuk media pembelajaran online mulai dari matematika hingga Bahasa inggris dan pelajaran lainnya dapat dengan mudah dipelajari hanya dengan menggunakan internet. Misalnya :, e – learning, tutorial, hingga kursus juga ditawarkan diberbagai media.
  3. Manfaat Internet untuk Sarana Hiburan
    Dalam keuntungan mencari informasi secara cepat, sering kali internet kita gunakan untuk mencari hiburan seperti : youtube, facebook, maupun Instagram.  Sarana seperti ini bisa kita gunakan dengan cara gratis maupun berbayar sehingga kita akan dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan dengan adanya internet.

Baca Juga : Pengertian dan Perbedaan dari Internet dan Intranet

Bagaimana Dampak Internet dalam Kehidupan sehari- hari?

Dalam berinternet terkadang juga ada dampak yang akan kita rasakan baik itu dampak positif maupun negatif, kira kira apa saja itu? Simak beberapa dampak positif dan negatif dari internet :

1. Dampak Positif :

Berikut ini adalah Dampak Positif dari penggunaan internet :

  • Memudahkan mendapatkan Informasi
    Salah satu hal yang paling menyenangkan dengan adanya internet adalah tersebarnya banyak informasi hanya dengan dalam genggaman hp maupun laptop. Berbeda jaman dahulu yang harus ke perpustakaan untuk mendapatkan banyak informasi.
  • Membantu dalam menyelesaikan masalah dan tugas
    Hal ini juga dirasakan bagi kita pelajar, ada banyak informasi bahkan ada juga aplikasi pembelajaran yang menggunakan internet yang diakses dengan cepat, mudah, dan proses yang interaktif.
  • Mendapat sarana hiburan
    Kita tentu tahu ada banyak sekali fasilitas hiburan yang kita bisa gunakan di internet baik itu fasilitas hiburan seperti menonton video di youtube, mendengar lagu di spotify, dan lainnya.
  • Memudahkan dalam berbisnis
    Perkembangan internet juga mempengaruhi perkembangan bisnis saat ini, saat ini siapa yang tidak punya social media ? Website ? atau fasilitas internet lainnya? Hal tersbut merupakan channel yang bisa digunakan oleh orang untuk berjualan menggunakan internet untuk bisnis online mereka
  • Memudahkan Proses Komunikasi
    Kamu sadar g sih sekarang mudah banget untuk reuni, hal itu dikarenakan internet mempermudah kita dalam berkomunikasi satu sama lainnya.

2. Dampak Negatif :

Berikut ini adalah Dampak Negatif dari penggunaan internet :

  • Terjadinya Cyber bulliying
    Hal ini yang terkadang suka membayakan karena banyak sekali masalah Cyber bulliying yang terjadi diinternet yang dalam hal ini juga dengan adanya internet juga menyebabkan privasi menjadi akan susah sekali untuk disembunyikan.
  • Perilaku negatif dan konten yang tidak baik untuk dilihat
    Internet menuntut kita untuk bijak dalam menggunakannya, sehingga sangat disarankan untuk tidak menggunakan internet dalam kegiatan yang tidak bermanfaat.
  • Maraknya isu Hoax dan penyebaran Hoax
    Hal ini juga menjadi hal yang sering terjadi, siapa yang tidak pernah mendapatkan hoax? saya rasa semua pasti sudah pernah mendapakan berita bohong diinternet atau kita sering sebut HOAX. Nah semoga tidak banyak lagi kejadian berita HOAX yang tersebar asalkan kita sebagai pengguna lebih bijak dalam menggunakan internet.
  • Adanya Cyber Crime yaitu kejahatan internet misalnya penipuan
    Siap yang disini sangat senang dalam berbelanja online ? nah salah satu dampak negatif adanya internet adalah memungkinkan terjadinya penipuan atau kita sering sebut Cyber Crime yang kita harus terus berhati-hati dalam menggunakan fasilitas internet yang kita gunakan.
  • Budaya asli mulai ditinggalkan
    Ini yang juga jangan sampai terjadi, bagaimanapun teknologi berkembang pesar bukaan berarti kita harus meninggalkan kebiasaan baik yang bisa kita laksanakan sebagai mana mestinya.

Penutup

Internet memang menjadi suatu kebutuhan yang  sangat digunakan saat ini, apalagi didukung  dengan perkembangan teknologi yang terus tumbuh dan penuh dengan inovasi. Dengan memanfaatkan internet dengan baik, tentunya kita  akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari internet baik itu untuk kegiatan sehari-hari maupun untuk bekerja.

Disatu sisi juga, meskipun internet mempunyai dampak positif, tapi kita juga harus bisa selektif untuk bisa menggunakan internet untuk kebutuhan produktif, karena bagaimanapun akan ada dampak negatif  yang ditimbulkan oleh internet jika kita tidak bijak alam menggunakannya terutama ancaman HOAX  yang beredar dengan cepat.

Demikianlah Pengertian, Fungsi, serta dampak Internet. Yuk, lebih selektif dalam penggunaan internet dalam kehidupan – sehari hari. Mari kita jadikan Internet lebih bermanfaat setelah mengetahui berbagai macam manfaat Internet. Jika kamu punya masukan terkait hal ini jangan ragu untuk komen pada postingan di bawah ini.

Related Post :

popup image