Pengertian Bandwidth dan Semua Istilahnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Walau semua orang telah menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari, tetapi tidak semuanya mengenal istilah yang berhubungan dan internet seperti bandwidth. Adapun bandwidth sendiri adalah jumlah maksimum data yang ditransmisikan melalui koneksi internet dalam jumlah waktu tertentu. Bandwidth juga sering disalah artikan sebagai kecepatan internet padahal sebenarnya adalah volume informasi yang dapat dikirim melalui koneksi dalam jumlah waktu yang terukur, dihitung dalam megabit per detik (Mbps).

Jadi bandwidth menggambarkan kecepatan transfer data maksimum dari jaringan atau koneksi Internet yang mengukur berapa banyak data yang dapat dikirim melalui koneksi tertentu dalam jumlah waktu tertentu. Misalnya, koneksi ethernet gigabit memiliki bandwidth 1.000 Mbps atau 125 megabyte per detik, sedangkan koneksi internet melalui modem kabel dapat menyediakan bandwidth 25 Mbps.

Meski memang tidak banyak diketahui umum, bandwidth sangat penting dan tidak terpisahkan dari internet itu sendiri. Karena jika Anda mengetahui sedikit tentang bandwidth, cara kerja serta istilah- istilahnya, maka paling tidak Anda mengerti bagaimana jaringan internet Anda bekerja selama ini. Simak dan pahami penjelasan singkat tentang bandwidth dibawah ini.

 

Memahami Pengertian Apa Itu Bandwidth

Bandwidth adalah cara mengukur dengan menunjukkan kapasitas maksimum tautan komunikasi kabel atau nirkabel untuk mengirimkan data melalui koneksi jaringan dalam jumlah waktu tertentu. Umumnya bandwidth direpresentasikan dalam jumlah bit, kilobit, megabit atau gigabit yang dapat ditransmisikan dalam 1 detik. Identik dengan kapasitas, bandwidth menggambarkan kecepatan transfer data dan bukanlah ukuran kecepatan jaringan yang sering salah dipahami selama ini.

Sedangkan dalam komputasi, bandwidth adalah kecepatan maksimum transfer data melintasi jalur tertentu. Selain juga dapat dicirikan sebagai bandwidth jaringan,bandwidth data, atau bandwidth digital. Meski pengertian bandwidth ini berbeda dengan bidang pemrosesan sinyal, komunikasi nirkabel, transmisi data modem, komunikasi digital, dan elektronik. Ini membuat bandwidth digunakan untuk merujuk pada bandwidth sinyal analog yang diukur dalam hertz, yang berarti rentang frekuensi antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat dicapai sambil memenuhi tingkat penurunan daya sinyal yang terdefinisi dengan baik. Laju bit aktual yang dapat dicapai tidak hanya bergantung pada bandwidth sinyal tetapi juga pada noise pada salurannya.

 

Baca Juga :    Daftar Negara Dengan Internet Tercepat di Dunia

 

Manfaat dari Bandwidth

Pengertian Bandwidth dan Semua Istilahnya
 

Adanya bandwidth bukan tanpa tujuan dan manfaat, meski tentu saja ada kekurangannya tersendiri. Namun kelebihan dari bandwidth bisa dikatakan lebih unggul, berikut manfaat penggunaan dari bandwidth yang harus Anda ketahui :

  • Dengan kinerja aplikasi lebih cepat, maka pengguna tidak perlu lagi menunggu dan dapat menggunakan internet dengan cepat. Bandwidth yang lebih tinggi secara substansial meningkatkan respons semua aplikasi situs web Anda.
  • Interaksi meningkatkan koneksi dan loyalitas pengguna ke situs web. Bandwidth yang lebih tinggi meningkatkan pengalaman pengguna Anda dengan memungkinkan mereka mengunggah dan/atau mengunduh konten, seperti foto dan video.
  • Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda mengunggah dan mengunduh data dalam jumlah besar ke situs web Anda.
  • Kecepatan transfer data lebih cepat karena manfaat interaktivitas situs web ditiadakan jika unggahan dan unduhan sangat lambat. Bandwidth yang lebih tinggi menghasilkan kecepatan transfer yang jauh lebih cepat sehingga mengurangi frustasi dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.
  • Semakin banyak lalu lintas situs web Anda dapat menampung, semakin cepat akan tumbuh dan semakin besar keuntungan Anda. Bandwidth yang lebih tinggi mencapai tujuan ini dengan memungkinkan banyak pengunjung sekaligus.
  • Jika pengguna menunggu atau tidak dapat mengakses situs web Anda dalam jangka waktu tertentu, Anda akan kehilangan mereka. Bandwidth yang lebih tinggi membantu menghindari kompromi server baik itu kerusakan, kesalahan sinyal atau penolakan, sehingga menghasilkan pengalaman yang jauh lebih lancar bagi pengguna Anda.
  • Pengguna jarang menjalankan satu aplikasi pada satu waktu maka dengan bandwidth yang lebih tinggi, Anda memungkinkan pengguna untuk melakukan banyak tugas dan memaksimalkan produktivitas mereka dengan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.
  • Menonton video yang membutuhkan waktu loading lama akan membuat penonton Anda kabur dan mungkin saja tidak ingin kembali lagi. Bandwidth yang lebih tinggi memungkinkan pengguna Anda untuk fokus pada konten video Anda daripada gangguan yang mengganggu.

 

Baca Juga  :    Apa itu ISP (Internet Service Provider) : Layanan, Fungsi, dan Tujuannya

 

Istilah- Istilah Umum dalam Bandwidth

Meskipun banyak juga yang telah memahami apa itu bandwidth hingga bahkan cara mengukurnya, tetapi ada lagi istilah- istilah umum yang menyangkut bandwidth yang bisa memberikan Anda pengetahuan lebih dalam lagi akan cara kerja dari bandwidth. Berikut beberapa istilah yang paling umum digunakan di bidang ini :

  • Paket data

    Unit data yang dibuat menjadi satu paket yang berjalan di sepanjang jalur jaringan. Ini adalah sejumlah kecil data yang dikirim melalui jaringan dan, seperti paket kehidupan nyata, berisi sumber dan tujuan, serta konten yang ditransfer.

  • Broadband

    Secara singkat broadband adalah transmisi data bandwidth lebar yang mengangkut banyak sinyal dan jenis lalu lintas. Kerja broadband disini dengan menyediakan akses internet berkecepatan tinggi melalui berbagai media seperti kabel koaksial, serat optik, radio, atau twisted pair.

  • ISP (Internet Service Provider)

    Merupakan singkatan dari Penyedia Layanan Internet atau Internet Service Provider, ISP biasanya mengacu pada perusahaan yang memberi Anda akses ke internet.

  • Latency

    Berikutnya adalah latency yang merupakan waktu yang dibutuhkan satu paket data untuk melakukan perjalanan dari sumbernya ke tujuannya, atau dengan kata lain, penundaan antara tindakan pengguna dan respons dari jaringan.

 

Baca Juga  :   Mengenal Internet Download Manager : Fungsi, Keunggulan, Fitur, dan Cara Downloadnya

 

Cara Cepat Menghitung Bandwidth

Pengertian Bandwidth dan Semua Istilahnya
 

Jumlah bandwidth yang dibutuhkan untuk menjelajahi web dengan mulus tergantung pada tugas yang ingin dilakukan pengguna. Misalnya, percakapan pesan instan mungkin menggunakan 1.000 bit, atau satu kilobit, per detik dalam bandwidth. Tetapi percakapan dengan format voice-over, di mana suara seseorang ditransmisikan melalui koneksi komputer, biasanya menggunakan 56 kilobit per detik (Kbps). Lalu jenis data dengan format video definisi standar membutuhkan satu Mbps, sementara kualitas video HDX yang merupakan salah satu standar tertinggi pada layanan berbagi video, membutuhkan lebih dari tujuh Mbps untuk dapat diunduh.

 

Baca Juga  :    Cache : Pengertian, Cara Kerja dan Manfaatnya Bagi Pengguna Internet

 

Kesimpulan dan Penutup

Banyak yang masih mengabaikan bandwidth sebagai istilah teknis yang tidak benar-benar berlaku untuk Anda kecuali jika Anda memang mengetahui dan menggemari apa saja yang berhubungan dengan teknologi dan teknis dunia maya. Kelebihan mempelajari apa arti bandwidth dan bagaimana penerapannya pada jaringan Anda sendiri dapat membantu Anda mengubah pengaturan untuk mendapatkan koneksi internet yang lebih cepat saat Anda membutuhkannya.

Anda mungkin ingin tahu tentang bandwidth jika koneksi internet Anda tiba-tiba lebih lambat dari biasanya. Mungkin Anda menduga bahwa Anda harus membeli lebih banyak bandwidth atau Anda tidak mendapatkan apa yang Anda bayar. Ada banyak alasan mengapa Anda tiba- tiba merasa internet Anda bermasalah dan ingin tahu kenapa, maka pelajari mengenai bandwidth agar Anda bisa mengetahui masalah yang ada di belakang layar jaringan internet Anda selama ini.

Related Post :