Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Pernahkah Anda mendengar istilah software atau perangkat lunak komputer? Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah tersebut. Terlebih, apabila pekerjaan yang Anda lakukan erat hubungannya dengan komputer. Anda tentu sudah lebih paham mengenai software tersebut.Saat ini sendiri sudah ada banyak jenis perangkat lunak yang bisa Anda jadikan pilihan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis perangkat tersebut untuk berbagai keperluan.

Baik itu melakukan editing video, membuat desain, bermain game, dan masih banyak lagi yang lainnya. Para developer sendiri juga selalu melakukan pengembangan secara berkala agar semakin banyak fitur yang memudahkan para penggunanya dalam menggunakan software itu sendiri. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian software, fungsi hingga contoh software, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini

 

Apa Pengertian Software

 

Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software
 

Software adalah data yang diprogram, disimpan, dan diformat secara digital dengan fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik, Anda bisa mengoperasikannya lewat perangkat komputer. Untuk pembuatannya sendiri, perangkat ini memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang pemrogram/orang yang ahli akan bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat tersebut dikompilasikan memakai aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware/ perangkat keras. Yang dimaksud hardware/perangkat keras disini adalah Personal Computer/komputer.

Kemudian perangkat lunak yang ada pada perangkat keras tersebut merupakan nyawa dari komputer itu sendiri. Dengan begitu, tanpa menginstall sistem operasi tersebut komputer Anda pun tidak dapat dijalankan. Pasalnya, dengan software itulah yang merupakan suatu perintah program untuk menjalankan kebutuhan pada sebuah komputer. Lalu, apa saja fungsi software? Di bawah ini beberapa fungsinya yang bisa Anda diketahui?

 

Apa Fungsi Software atau Perangkat Lunak Komputer

 

Pengertian Software : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Software
 

Sebenarnya dari pengertian software yang sudah dijelaskan di atas, Anda sudah bisa mengetahui apa saja fungsi software yang ada pada sistem operasi komputer. Namun, agar lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa fungsi utama dari software selengkapnya di bawah ini:

 

  1. Software berfungsi sebagai dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan dengan baik.
  2. Software memiliki fungsi dalam mengatur hardware/perangkat keras yang ada pada komputer. Dengan begitu, komputer yang digunakan dapat bekerja dengan baik sesuai pekerjaan apa yang dibutuhkan.
  3. Software juga dapat digunakan sebagai penghubung antara beberapa software yang lain dengan hardware komputer.
  4. Software juga dapat berfungsi sebagai penerjemah perintah pada software lain yang ada dalam bahasa mesin. Dengan begitu, hardware pada komputer pun bisa mengerti dan menerimanya dengan baik.
  5. Selain itu, perangkat lunak komputer ini juga dapat Anda gunakan dalam mengindentifikasi sebuah program di dalam komputer.

 

 

Baca Juga : Pengertian Hardware : Fungsi, Jenis, Spesifikasi dan Contoh Hardware 

 

Pembagian Software Berdasarkan Jenisnya

Jika dilihat secara umum, perangkat lunak terbagi menjadi tiga jenis. Di bawah ini beberapa jenis tersebut:

 

  1. Sistem Operasi (Operating System)

    Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU sehingga perintah user tersebut dapat dikerjakan komputer dengan baik.

  2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

    Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahasa yang bisa Anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. Dalam membuat bahasa pemrograman ini nantinya masih memerlukan perangkat lunak khusus untuk merancang program sesuai metode dan struktur yang ada pada bahasa pemrograman itu sendiri.

  3. Program Aplikasi

    Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas-tuigas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya.

 

 

Baca Juga : Apa itu Wiraswasta : Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Cara Suksesnya 

 

Jenis Software/Perangkat Lunak Berdasarkan Distribusinya

Selain beberapa jenis perangkat lunak yang dijelaskan di atas, Anda juga perlu mengetahui beberapa jenis software yang dibedakan berdasarkan distribusinya. Di bawah ini beberapa pengelompokannya yang bisa Anda simak:

 

  1. Firmware

    Merupakan jenis penyimpanan perangkat lunak yang hanya bisa dibaca. Anda tidak dapat mengubah sifat tersebut sehingga tidak perlu lagi melakukan modifikasi maupun pengembangan lebih lanjut meskipun terjadi masalah pada fungsinya.

  2. Freeware

    Merupakan salah satu jenis software yang tidak memiliki batas waktu tertentu. Akan tetapi, kebanyakan software jenis ini memiliki fitur yang tidak begitu lengkap sehingga penggunaannya pun kurang maksimal.

  3. Adware

    Jenis perangkat lunak ini dapat diperoleh serta digunakan tanpa biaya. Akan tetapi, perangkat lunak ini masih menyediakan kompensasi dengan adanya iklan yang muncul pada perangkat komputer yang digunakan.

  4. Opensource

    Yakni sejenis perangkat lunak yang dapat dibuka kode sumbernya. Anda juga bisa mengubah, meningkatkan, hingga menyebarluaskannya. Umumnya, software jenis ini diperoleh tanpa biaya dan dikembangkan oleh orang lain menggunakan lisensi yang bernama GPL (General Public License).

  5. Malware

    Merupakan salah satu jenis dari software yang dianggap berbahaya dan bisa merusak apabila disalahgunakan penggunaannya.perangkat lunak apa pun yang sengaja dirancang untuk menyebabkan kerusakan pada komputer, peladen, klien, atau jaringan komputer Berbagai jenis malware ada, termasuk virus komputer

  6. Shareware

    Shareware merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk keperluan tertentu. Anda bisa menggunakannya secara gratis. Pada umumnya, jenis perangkat lunak yang satu ini digunakan sebagai demonstrasi dengan fitur dan waktu pengguaan yang terbatas.

  7. Spyware

    Adalah software yang khusus digunakan dalam memata-matai setiap aktivitas pengguna komputer.teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Dari beberapa jenis software di atas, apa saja spesifikasi yang ada pada perangkat tersebut? Di bawah ini beberapa spesifikaisnya yang bisa Anda ketahui.

 

 

Baca Juga : Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya 

 

Spesifikasi Software untuk Komputer

Terdapat beberapa spesifikasi software yang bisa mendukung operasi pada komputer. Seperti:

 

  1. Sistem operasi untuk mesin server
    Beberapa diantaranya seperti Sun Solaris, Microsoft Windows Server, Free BSD, Varian Sistem Operasi Linux untuk server (misalnya caldera, debian, mandrake, redhat, dan masih banyak lagi), serta sistem operasi khusus server yang lain.
  2. Apikasi yang menunjang layanan aplikasi jaringan komputer
    Hal ini seperti web server, DNS server, database server, remote desktop, dan aplikasi penunjang jaringan komputer lainnya.
  3. Aplikasi untuk mengelola lalu lintas jaringan
    Diantaranya seperti routing (proses pengiriman data/informasi yang dilakukan dengan meneruskan paket data yang dikirim pada sebuah jaringan satu ke jaringan yang lain). Atau yang lainnya seperti NMS (Network Mananjemen System). NMS disini berarti pemantau jaringan network yang berguna dalam mengawasi jaringan komputer.

 

Beberapa Contoh Software

Dari beberapa penjelasan lengkap mengenai software di atas, kurang lengkap rasanya apabila Anda belum mengetahui contoh software itu sendiri. Di bawah ini merupakan contohnya berdasarkan fungsinya:

 

  1. Microsoft Office Word
    Software yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengetik dan mengedit sebuah dokumen dalam tampilan kertas.
  2. Microsoft Office Powerpoint
    Software yang digunakan untuk membuat sebuah presentasi. Anda bisa menggunakannya untuk mengedit foto, membuat video, dan masih banyak lagi lainnya.
  3. Microsoft Excell
    Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word, perangkat ini digunakan untuk mengedit serta membuat sebuah dokumen dengan tampilan kolom.
  4. Mozilla Firefox
    Sebuah software yang berguna yang dapat Anda gunakan sebagai peramban web lintas platform bebas dengan sumber terbuka. Itulah beberapa contoh software/perangkat lunak yang bisa Anda ketahui

 

Dalam sebuah komputer memang tidak akan terlepas dari yang namanya perangkat lunak itu sendiri. Nantinya, setiap komputer yang sudah memiliki software didalamnya, maka akan memudahkan seseorang dalam melakukan tugasnya.

Untuk melakukan tugas tersebut, tidak bisa jika tidak ada software yang disediakan. Dengan adanya software yang tersedia berdasarkan fungsinya masing-masing, maka komputer dapat digunakan dengan bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diperlukan. Terlebih saat ini sudah tersedia berbagai jenis software/perangkat lunak yang bisa Anda pilih. Semua software tersebut dibuat tak lain untuk membantu dan meringankan aktivitas ataupun pekerjaan manusia

 

Related Post :

popup image