Pengertian Web Server beserta Fungsinya

Informasi / 0 | | 0

Banyak orang yang mulai menyadari betapa pentingnya mempelajari kemajuan teknologi. Internet adalah salah satu bentuk kemajuan teknologi yang telah menyebar luas di kalangan masyarakat Indonesia. Saat kita melakukan pencarian di internet maka kita berlaku sebagai client yang kemudian akan di proses oleh web server. Lalu apa sebernarnya fungsi dari web server tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Pengertian Web Server

Pengertian web server dapat dilihat dari berbagai segi. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari web server dan fungsinya. Untuk lebih memahami mengenai web server dan fungsinya mari kita melihat pengertian web server dari berbagai sudut pandang para ahli.

Baca Juga : Mengenal Kapasitas (Space) Web Hosting

Solichin berpendapat bahwa web server adalah suatu perangkat lunak yang secara otomatis terinstal dalam komputer milik server atau client untuk menerima permintaan dalam bentuk halaman website melalui http atau https dan kemudian dikiramkan kembali dalam bentuk dokumen html.

Menurut Khairil web server adalah perangkat lunak yang menjadi sandaran utama dari www (world wide web) yang memroses permintaan dari user dan mengirimkannya dalam sebuah tampilan halaman browser.

Sedangkan menurut Nugroho pengertian web server adalah suatu bentuk server yang berfungsi untuk menyimpan halaman website dari komputer.

Secara umum web server dapat diartikan sebagai sebuah perangkat lunak atau software yang memberikan pelayanan berbasis data yang digunakan untuk menerima permintaan atau request dari pengguna internet atau biasa disebut client berupa http atau https yang kemudian akan ditampilkan kedalam bentuk halaman website.

Apa saja fungsi web server ?

Setelah mengetahui pengertian web server, Kita berlanjut untuk mengetahui apa saja fungsi dari web server. Ini karena web server dan fungsinya adalah satu paket yang mana keduanya harus benar-benar dipelajari dengan baik.

Selain fungsi utama web server, ada beberapa fungsi dari web server yang lain seperti :

1. Memastikan kebutuhan akan semua modul telah tersedia dan siap digunakan.
2. Membersihkan ruang penyimpanan dari chace dan modul yang sudah tidak terpakai lagi.
3. Memeriksa keamanan terhadap permintaan http yang dikirimkan client.

Baca Juga : Cara Install Web Server di VPS

Web server selain sebagai perangkat lunak/software juga dapat digolongkan dalam perangkat keras/hardware. Web server sebagai sofware berfungsi melayani permintaan client sedangkan sebagai hardware, web server berfungsi sebagai tempat penyimpanan semua data. Web server dan fungsinya inilah yang membantu Kita saat melakukan pencarian di internet.

Bagaimana Cara Kerja Web Server?

Berbicara tentang cara kerja web server seperti halnya Kita membicarakan tentang pengertian web server dan fungsinya yaitu suatu perangkat lunak yang berfungsi memberikan pelayanan pada client berupa halaman website yang sesuai dengan permintaan dari client tersebut.

Secara lebih jauh ketika seorang pengguna internet atau client yang menggunakan sistem pencarian bisa dalam bentuk layanan mozilla, opera, chrome atau layanan browser lainnya, maka request tersebut akan masuk ke server selaku pemberi pelayanan. Masuknya data permintaan ke web server ini akan diproses oleh TCP (Transmission Control Protokol) selaku protokol transport.

Ketika data permintaan telah ditemukan maka server akan mengirimkan kembali pada server melalui http atau https dalam bentuk tampilan halaman website. Namun jika server tidak berhasil menemukan sesuai dengan permintaan client maka akan muncul penolakan oleh browser dengan menampilkan notifikasi halaman error 404 atau Page not Found.

Meskipun cara kerja web server terlihat rumit namun proses ini berlangsung sangat cepat. Tanpa kita sadari ternyata proses munculnya pencarian di browser melalui proses yang rumit dan panjang.

Mengetahui Produk Web Server

Setelah mengetahui pengertian web server dan fungsinya kini Kita beralih ke produk web server. Ada banyak sekali produk web server yang diproduksi untuk hosting website. Berikut ini ringkasan produk web server yang paling populer dan sering digunakan antara lain :

1. Apache

Apache merupakan salah satu produk web server yang paling populer dan sering digunakan. Pada mulanya apache digunakan sebagai sistem operasi UNIX. Apache mimiliki keunggulan pengaturan lebih mudah, open source dan komunitas yang cukup besar. Apache memiliki beberapa dukungan seperti kontrol akses, PHP dan SSL.

Namun kekurangan apache yaitu tidak mampu menangani web server dengan traffic yang tinggi.

2. Nginx

Nginx (dibaca : engine x) adalah web server yang open source dan gratis digunakan selain Apache. Nginx memiliki kelebihan mampu menangani web server dengan traffic yang tinggi, memiliki performa yang luar biasa, arsitektur event-based dan dilengkapi dengan banyak fitur yang stabil.

3. IIS (Internet Information Services)

IIS adalah salah satu keluaran web server yang digunakan dalam windows yaitu windows 2000 dan windows 2003. IIS didukung oleh beberapa komponen pendukung seperti protokol jaringan DNS, TCIP/IP dan software untuk membuat sebuah situs web. IIS juga mendukung beberapa protokol seperti HTTP,FTP, NNTP, SSL dan SMTP.

Kelebihan yang dimiliki IIS adalah mendukung penuh pada windows, mampu melakukan pengecekan kesalahan, mendukung platform .NET dan kinerja dengan PHP yang stabil. Kekurangannya IIS termasuk web server yang masih berbayar, mudah diserang cracker dan keamanan mudah ditembus.

Baca Juga : Cloud Hosting Indonesia

4. Lighttpd

Lighttpd (dibaca : lightly) juga termasuk salah satu web server yang oper source. Web server ini dikembangkan oleh programmer yang berkebangsaan Jerman. Kelebihannya yaitu mampu mengatur CPU load secara efektif dan juga beberapa fitur lainnya.

Itulah beberapa pengertian web server dan fungsinya serta cara kerja dan juga macam-macam produk web server. Berkaitan dengan web server, kini telah hadir sebuah produk web hosting yang memberikan pelayanan tercepat dan memuaskan yaitu IDCloudHost yang telah banyak digunakan di masyarakat. Anda bisa memilihnya untuk mendapatkan layanan web server yang Anda inginkan dengan mudah.

Related Post :

popup image