Pengertian Website : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat Website

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Hampir semua orang yang berselancar online di dunia maya pasti sudah pernah mampir ke situs website. Namun terkadang tidak semua orang memahami bahwa laman yang mereka kunjungi itu adalah website. Situs web sendiri adalah kumpulan halaman Web yang dapat diakses publik dan saling terkait yang berbagi satu nama domain.

Sebuah situs web dapat dibuat dan dikelola oleh individu, kelompok, bisnis atau organisasi untuk melayani berbagai tujuan. Bersama-sama, semua situs web yang dapat diakses publik membentuk World Wide Web atau www. Meskipun terkadang disebut “halaman web”, definisi ini salah, karena situs web terdiri dari beberapa halaman web.

Sebuah situs web juga dikenal sebagai “keberadaan web” atau hanya “situs”. Sedangkan tujuan pembangunan sebuah website juga bermacam- macam, mulai dari situs web e-commerce, berita, dll. Bahkan siapa saja dapat membuat website mereka sendiri. Mari cari tahu lebih lanjut mengenai situs web di bawah ini.

 

Pengertian Apa Itu Website

Situs web memiliki variasi yang hampir tidak ada habisnya, termasuk situs untuk tujuan pendidikan, situs berita, forum, situs media sosial, situs e-commerce, dan sebagainya. Halaman-halaman dalam situs web biasanya merupakan campuran teks dan media lain. Meskipun demikian, tidak ada aturan yang mengatur bentuk situs web, namun, banyak situs mengikuti pola standar beranda yang tertaut ke kategori dan konten lain di dalam situs web.

Homepage atau hanya “home” mewakili halaman utama dari situs itu sendiri. Seringkali, beranda adalah semacam “hub” dari mana semua halaman lain dapat diakses. Halaman web internal tempat beberapa halaman lainnya ditautkan dalam struktur yang koheren seperti kategori topik tertentu disebut “halaman induk”. Setiap halaman adalah satu dokumen HTML, dan semuanya terhubung melalui hyperlink atau hanya “link” yang dapat digabungkan dalam bilah navigasi untuk kemudahan penggunaan.

Bilah navigasi ditampilkan di setiap laman, bukan hanya beranda, dan memungkinkan pengguna untuk dengan cepat berpindah ke seluruh struktur situs web utama. Bagian penting lainnya dari kebanyakan situs web adalah footer, yang merupakan bagian berulang yang ditemukan di bagian bawah setiap halaman. Biasanya footer berisi tautan eksternal yang menunjuk ke situs web serupa dan sumber daya eksternal lainnya, bersama dengan info penting lainnya seperti penafian, tautan ke persyaratan layanan, kebijakan privasi dan halaman kontak, serta alamat fisik perusahaan yang memiliki situs tersebut. Situs web di hosting di server, dan memerlukan browser web seperti Chrome, Firefox, atau Internet Explorer untuk dikunjungi baik di komputer atau perangkat seluler. Sebuah situs web dapat diakses secara langsung dengan memasukkan alamat URL-nya atau dengan mencarinya di mesin pencari seperti Google atau mesin pencari lainnya.

 

Baca Juga  :  Tips Memanfaatkan Whatsapp untuk Berjualan Online dengan Mudah

 

Jenis dan Kategori Website

Pengertian Website : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat Website

 

Awalnya, situs web dikategorikan menurut domain level teratasnya meski kini telah berkembang lebih jauh lagi. Beberapa jenis atau kategori website termasuk :

  • Situs web badan pemerintah  .gov
  • Situs web institusi pendidikan  .edu
  • Situs web organisasi nonprofit  .org
  • Situs web komersial  .com
  • Situs informasi  .info

 

Baca Juga  :    Contoh Design Kartu nama yang Keren, Unik, dan Terbaik untuk Bisnis

 

Tujuan Pembuatan Website

Sebuah situs web adalah satu atau beberapa halaman di Internet. Halaman-halaman dari satu situs web terintegrasi di bawah nama domain, memiliki tema dan desain situs web yang sama. Contoh halaman dengan hasil pencarian Google, halaman dengan video di YouTube, halaman Facebook Anda, semua halaman ini adalah bagian dari situs web dengan nama yang sama.

Orang- orang dan perusahaan membuat situs web untuk tujuan yang berbeda, sebagian diantaranya adalah untuk :

  • Menjual produk dan jasa,
  • Memposting dan mencari informasi di Web
  • Mendapatkan pengetahuan
  • Wadah untuk berkomunikasi satu sama lain, dll

 

Baca Juga  :  Rekomendasi Bisnis Online Sampingan yang Menghasilkan Uang dengan Modal Kecil

 

Fungsi dan Manfaat Website

Pengertian Website : Fungsi, Jenis, Tujuan dan Manfaat Website

 

Fungsi dan manfaat sebuah situs web berbeda-beda tergantung dari kebutuhan pemilik situs web. Sebuah website bisa memiliki tujuan multi-segi dengan banyak tujuan dan sasaran situs web yang berbeda, atau bisa memiliki satu tujuan tunggal dan satu tujuan tunggal saja. Berikut ini bagian terkecil fungsi atau manfaat dari pembuatan situs- situs web :

 

  • Menghasilkan uang

    Tujuan paling umum dari situs web bisnis adalah menghasilkan uang karena saat ini seluruh dunia sedang online. Konsumen menjadi lebih nyaman memasukkan informasi kartu kredit mereka dan membeli barang secara online. Dimana konsumen berada adalah tujuan bisnis, karena konsumen menghabiskan sebagian besar uang mereka secara online sekarang, bisnis mulai membangun situs web untuk menargetkan pembeli ini.

  • Menjual produk

    Salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang secara online adalah dengan menjual produk fisik atau digital. Dengan menjadikan perjalanan pelanggan semudah dan semulus mungkin, bisnis terbukti telah dapat menghasilkan jutaan secara online dari menjual produk kepada pengguna online. Contoh nyatanya adalah e-commerce dan situs website affiliate.

  • Menjual jasa

    Di samping menjual produk, muncul pula layanan penjualan. Di sinilah situs web digunakan untuk menghasilkan kesadaran, arahan, dan penjualan online untuk layanan yang akan diberikan oleh bisnis yang memiliki situs web tersebut. Pada akhirnya, situs web memang digunakan untuk menjual layanan baik itu bisnis kecil, lokal, atau perusahaan multinasional besar, tujuan situs web bisnis ini adalah untuk meningkatkan posisi dan image brand secara online.

  • Alternatif hemat

    Di ujung lain dari spektrum penghasil uang adalah spektrum penghemat uang mengingat saat ini, situs web sangat murah dan relatif mudah dibuat. Pengembalian investasi untuk membuat situs web bisnis bisa sangat besar, dan menghemat uang Anda dalam jangka panjang untuk biaya overhead, tenaga penjualan, biaya kantor, dan banyak lagi. Faktor inilah membuat cara belanja konvensional seperti ke toko telah berkurang dengan ramainya pelanggan yang berbelanja online melalui website sehingga brand bisa menghemat pengeluaran menyewa toko.

  • Membangun kehadiran online

    Zaman digitalisasi ini menuntut banyak brand maupun individu untuk hadir secara online maka dari itu kehadiran online sangat berpengaruh pada saat ini. Karena itu, perilaku konsumen dan brand pun turut berubah. Sebagian besar konsumen meneliti produk atau layanan secara online sebelum mereka membuat keputusan pembelian. Jadi jika sebagai pemilik bisnis kecil, jika bisnis Anda tidak dapat ditemukan secara online, Anda berpotensi kehilangan uang dalam jumlah besar. Situs web digunakan untuk mengurangi risiko ini dan membangun kehadiran online untuk bisnis kecil Anda.

  • Branding

    Situs web adalah pusat bisnis Anda yang dengan pemikiran ini, sebagian besar bisnis menggunakannya sebagai cara untuk lebih membangun merek mereka. Mereka dapat menambahkan gambar, video, cerita, apapun yang mereka inginkan. Ini adalah cara yang bagus untuk lebih meningkatkan brand Anda dan mengomunikasikan kepada audiens apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda perjuangkan dalam hal bisnis Anda.

  • Hiburan

    Televisi merevolusi cara kita mencari hiburan karena sekarang kita semua memiliki televisi portabel di saku kita, masuk akal jika hiburan kita beralih ke perangkat ini. Audiens tidak lagi mengandalkan televisi dirumah untuk hiburan mereka karena dengan adanya situs- situs web hiburan, mereka tetap dapat terhibur dimana saja dan kapan saja.

 

Baca Juga  :    Hal yang Perlu diketahui sebelum menggunakan jasa Pembuatan Website dan Aplikasi

 

Kesimpulan dan Penutup

Fungsionalitas situs web pada dasarnya adalah apa yang dapat dilakukan situs web tersebut dan cara kerjanya. Ini juga mencakup segala sesuatu mulai dari tindakan yang dapat dilakukan pengguna hingga konten dinamis dan interaktivitas. Menyediakan fungsionalitas yang tepat sangat penting untuk keberhasilan situs web, dan itu harus menjadi bagian penting dari fase perencanaan.

Maka jika Anda berencana membangun sebuah website, sebelum situs web Anda ditulis, dirancang, atau diberi kode, Anda harus memiliki cakupan yang jelas tentang fitur yang akan ditawarkannya. Mengingat jika tidak ada rencana matang maka website Anda berpotensi tidak hanya dapat dikenali, tapi tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Related Post :

popup image