Pentingnya Fasilitas Backup pada Layanan Web Hosting

Development & Security, Domain & Hosting / 1 | | 2

Kehilangan data atau informasi yang ada pada website atau aplikasi tentunya masalah yang sangat besar bagi kebanyakan pengguna. Bagaimana tidak ? Data tersebut terkadang tidak bisa dikembalikan secara utuh bahkan lebih parahnya lagi kehilangan keseluruhan data dan informasi sehingga mulai dari nol!

Hal ini yang pernah juga terjadi pada sebuah startup Fashion di Indonesia, fitinline.com yang kehilangan data karena gangguan pada sistem web hosting yang mereka gunakan. “Dig**al Oc**n: Sebuah Mimpi Buruk” bergitu lah judul yang dibuat dimana pada cerita menjelaskan secara detail kronologi terjadinya kehilangan data.

 

Apa yang terjadi jika Website Anda down sampai kehilangan data ? tentunya itu sangat merugikan Anda. Terbayang kalau misalnya Gojek mengalami Down dan kehilangan data, seberapa banyak driver yang menganggur ? Seberapa banyak penumpang yang pastinya kecewa, hingga banyak masalah lain yang bisa saja semuanya dimulai dari nol!

Nah, mengatasi hal ini. Tentunya dalam memilih web hosting provider Anda harus memastikan kebutuhan tersebut dimana Anda harus memastikan fasilitas backup yang tersedia pada layanannya. Pada umumnya setiap provider mempunyai layanan masing masing, dimana pada IDCloudHost menawarkan seperti yang dijelaskan pada TOS :

Kami menyimpan backup rutin berkala 4 kali dalam seminggu jangka waktu file 1 bulan terakhir, client bertanggungjawab penuh untuk melakukan backup atas masing-masing data web. IDCloudHost dibebaskan atas tuntutan ganti rugi atas kehilangan atau kerugian yang timbul. Anda bertanggung jawab penuh atas transfer dan manajemen data dan file account anda. Backup yang IDCloudhost lakukan untuk kepentingan internal, apabila memerlukan file yang kami backup dapat mengirim request melalui ticket.

Source TOS IDCloudHost

Dengan begitu, perlu teman-teman perhatikan, untuk mendapatkan fasilitas back up tersebut, pengguna juga harus berjaga-jaga untuk melakukan backup secara manual. anda bisa mengikuti panduan Cara Backup Website Melalui cPanel untuk bisa melakukan backup secara berkala.

Semoga Artikel ini bermanfaat!

Related Post :