logo Penyedia Font Keren Gratis dan Berbayar - IDCloudHost

Penyedia Font Keren Gratis dan Berbayar

Penyedia Font Keren Gratis dan Berbayar

Mengenal font mungkin tidak bisa lepas dari seni tipografi itu sendiri, karena selain pemakaiannya yang menarik dan unik font juga ditata sedemikian rupa. Tipografi merupakan seni dan teknik untuk mengatur bahasa yang tertulis sehingga bisa dibaca, ditulis, dan ditampilkan semenarik mungkin, susunan dan jenis-jenis dari font juga melibatkan tipografi, ukuran titik, panjang garis, dan lainnya.

Tipografi merupakan salah satu hasil karya seorang individu yang kemudian dilindungi hak kekayaan intelektualnya (HKI), sebab itulah ketika Anda mengunduh sebuah jenis font akan ada lisensi atau persetujuan yang muncul dan harus dipatuhi. Jika tidak, Anda tidak akan bisa mengunduhnya atau bisa saja melakukan pelanggaran dan dikenakan denda sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dimisalkan pada sebuah font keren, yang kemudian dipakai pada proyek komersial. Anda harus pastikan terlebih dahulu terkait lisensi dan izin penggunaannya, karena di beberapa kasus penggunaan font yang sembarangan bisa membuat Anda terjerat kasus persoalan hak cipta. Karena di beberapa situs yang menyediakan font, ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada pula yang membutuhkan izin dan membayar biaya penggunaannya.

 

Website Penyedia Font Keren

Penyedia Font Keren Gratis dan Berbayar untuk Kebutuhan Design Anda
 

Ada banyak situs penyedia font yang tersedia di internet, Anda bisa menjadikan ini rekomendasi pilihan situs font Anda. Berikut beberapa ulasannya.

 

  1. Font Squirrel

    Salah satu situs yang menyediakan font keren dengan kualitas tinggi, sayangnya mayoritas font yang tersedia di situs ini memiliki lisensi komersial sehingga tidak bisa dipakai secara gratis. Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa melakukan pengecekan lisensi yang dimiliki tiap fontnya sebelum melakukan unduhan. Kelebihan yang ditawarkan oleh situs ini adanya pilihan multibahasa dan tools keren yang dimilikinya, tools andalan tersebut yaitu Webfont Generator dan Font Identifier. Untuk mendeteksi serta mencari font berdasarkan dari gambar, tools Font Identifier bisa membantu Anda dalam hal ini. Jika Anda ingin menciptakan font Anda sendiri, Anda bisa menggunakan Webfont Generator.

  2. Google Fonts

    Salah satu penyedia font yang keren dan populer selanjutnya adalah Google Fonts, situs ini menyediakan font families lebih dari 800 font di dalam librarynya. Font yang tersedia beragam jenisnya mulai dari sans serif, tulisan tangan, monospace, dan lainnya, kabar baiknya semua font ini bisa Anda gunakan secara gratis. Tampilan websitenya pun bersih, minimalis dan cepat respon, Anda yang ingin menggunakan font yang ada bisa langsung menggunakan dengan cara menyalin dan menempelkan kode font di website mereka tanpa perlu repot untuk mengunduh terlebih dahulu.

  3. FontSpace

    Jika persediaan di Google Fonts masih sedikit menurut Anda, sebaiknya Anda mencoba situs satu ini. Koleksi yang dimiliki oleh situs ini sangatlah besar, tersedia sekitar 68 ribu font dari ribuan desainer yang bisa Anda gunakan secara gratis. Member yang dimiliki oleh situs ini bahkan mencapai 746 ribu orang, dengan situs ini Anda bisa mencari styles, mencari nama si desainer, membaca tulisan milik mereka, dan melakukan pengecekan lisensi sebelum mengunduh. Jika Anda mendaftar menjadi member, akan ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan seperti membuat koleksi font favorit, menghubungi desainer secara langsung, dan ikut berdonasi di sana.

  4. Abstract Fonts

    Merupakan salah satu dari sekian banyak situs yang memiliki koleksi dengan kualitas yang tinggi, ada lebih dari 14 ribu koleksi font yang dimilikinya. Kebanyakan dari koleksi tersebut bisa digunakan secara gratis, baik untuk pemakaian personal maupun komersial. Namun tetap harus Anda cek lisensinya sebelum mengunduhnya, tampilan website yang dimilikinya juga sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Terdapat fitur berupa pencarian font berdasarkan kategori, selain itu Anda bisa kustom previewnya dan mengupload font di sana.
    Baca Juga : Tips Membuat Kartu Nama Bisnis yang Baik dan Benar serta Contohnya

  5. FontStruct

    Sebenarnya ini merupakan tools dalam membuat font, namun situs ini menyediakan galeri font dalam jumlah besar. Ada lebih dari 43 ribu font gratis yang dimilikinya, font-font yang ada umumnya juga dibuat oleh orang-orang yang meletakkan fontnya di sana. Kelebihan dari situs ini adalah Anda bisa mencari dan mengunduh font dengan gratis, Anda bisa membuat font dengan bentuk yang geometris, bahkan Anda bisa melakukan kloning font buatan dari desainer lain dan dikreasikan kembali sesuai keinginan.

  6. 1001 Fonts

    Penyedia font satu ini sudah ada sejak lama, meski namanya 1001 fonts sejatinya ia menyediakan lebih dari 9 ribu font di sana. Keistimewaan yang dimilikinya adalah koleksi font yang berkualitas tinggi lebih update dan fresh, koleksi yang ada tersedia untuk komersial. Sama seperti penyedia lain, Anda bisa mencari font yang diinginkan berdasarkan kategori ukuran, style, dan lainnya. Tapi jangan lupa untuk tetap melakukan pengecekan lisensi sebelum mengunduh.

  7. UrbanFonts

    Website satu ini juga menyediakan font keren dan gratis yang bisa Anda jadikan salah satu pilihan, bedanya dengan situs lain adalah Urban Fonts memiliki fitur yang lebih detail. Anda bisa mencari font sesuai kategori tema, abjad, dan lainnya, kelebihan yang bisa didapatkan ketika Anda memiliki akun di situs ini yaitu, Anda bisa menyimpan font untuk kebutuhan proyek Anda diwaktu yang akan datang.

  8. Befonts

    Font-font yang disediakan oleh befonts didesain oleh desainer yang sudah profesional dan kreatif dari berbagai belahan dunia, itulah alasan mengapa ada banyak font sampel gratis dari versi premium yang dimilikinya. Istimewanya dari situs ini yaitu adanya menu identification, di mana Anda bisa menanyakan nama sebuah font dengan cara add topik di menu tersebut.

  9. FontSpring

    FontSpring masuk kategori salah satu marketplace yang menyediakan font premium, jika Anda seorang desainer handal yang membutuhkan font premium untuk kebutuhan komersil FontSpring bisa jadi salah satu pilihan. Selain menyediakan font premium, situs ini juga memiliki font yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa mencari font dengan mudah sesuai dengan klasifikasi yang tertera pada menu di sebelah kanannya, selain itu juga terdapat informasi detail terkait lisensi dari tiap fontnya.

  10. Awwward

    Situs yang satu ini cukup populer di kalangan desainer web, font yang tersedia bisa digunakan secara gratis dengan kualitas terbaik dari berbagai desainer seluruh dunia. Font yang didapat di situs ini ada yang paling unik dan jarang dijumpai, didukung dengan tampilan webnya yang menarik dan memanjakan mata pengunjungnya. Kebanyakan font yang disediakan oleh situs ini hanya untuk kebutuhan personal, sehingga akan kurang tepat jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan komersial.

  11. Fontsly

    Ada banyak koleksi font yang dimiliki oleh situs ini, kategori font yang disediakan juga beragam dan banyak. Dengan tampilan website yang sederhana tentu akan semakin memudahkan Anda dalam navigasinya, namun kebanyakan font gratisnya hanya tersedia untuk kebutuhan personal.

  12. Dafont

    Sudah sering terdengar dan banyak penggunanya, situs satu ini cukup terkenal jika sudah membahas terkait font. Tersedia segala font yang bisa digunakan untuk kepentingan komersial maupun personal, font-font yang ada tetap memiliki lisensinya. Menariknya Dafont juga memiliki fitur category, sehingga Anda bisa mencari koleksi font sesuai dengan kategorinya. Misalnya terdapat font dengan tema horor, valentine, hewan, dan masih banyak lagi, hal ini memudahkan Anda untuk mencari font dengan proyek yang berbeda.

  13. MyFonts

    Situs penyedia font ini bisa digunakan dengan gratis dan berbayar, misal pada kategori font family Anda akan diberi pilihan untuk menggunakan font yang tersedia gratis atau yang berbayar. Umumnya harga sebuah font berbayar tidaklah mahal, bahkan beberapa ada yang ditawarkan dengan harga diskon. Anda bisa memilih jenis lisensi setelah menentukan pilihan font yang tepat, baik digunakan pada logo produk atau dicetak pada cover buku, atau juga pada website milik Anda pribadi.

 

Baca Juga   :     Contoh Design Kartu nama yang Keren, Unik, dan Terbaik untuk Bisnis

 

Cara Install Font di Komputer

Penyedia Font Keren Gratis dan Berbayar untuk Kebutuhan Design Anda
 

Setelah Anda menentukan dan mendownload font yang ingin Anda gunakan, maka langkah selanjutnya adalah menginstalnya ke komputer Anda. Sebelumnya pastikan semua font yang Anda unduh adalah berupa file RAR dan membukanya dengan aplikasi pembuka RAR. Kemudian Anda akan menemukan file dalam format TTF, selanjutnya adalah menginstalnya.

 

  • Buka font yang sudah di download

    Disini Anda dapat mengklik 2 kali pada file font yang berformat TTF yang akan membawa Anda ke jendela baru.

  • Klik instal di sudut kiri atas window

    Font yang ada akan diinstal secara otomatis, kemudian Anda bisa mencarinya dalam aplikasi dan software yang Anda gunakan seperti pada font file Microsoft Word, Adobe Photoshop, Indesign, Illustrator dan lain- lain.

 

Baca Juga    :    Rekomendasi Website Download Font GRATIS yang Terbaik dan Terbagus

 

Kesimpulan dan Penutup

Setelah Anda menemukan font yang tepat, ada baiknya untuk tidak lupa melakukan pengecekan lisensi. Jika dilihat sekilas mungkin tampak sepele, namun jika dilanggar efek yang ditimbulkan akan besar. Anda bisa terjerat kasus hak cipta, proses hukumnya juga pasti Anda dapatkan. Sehingga ada baiknya Anda menghindari hal tersebut dan teliti sebelum melakukan pengunduhan.

Mengingat ada banyak situs yang menyediakan jenis font yang beragam, Anda bisa menjadikannya rekomendasi dalam memilih situs dan font yang sesuai. Font yang baik tentu adalah font yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa membuat pihak lain merasa dirugikan, tentunya font juga ada yang tersedia secara gratis dan beberapa hanya untuk komersial.

Solusi Sempurna untuk Bisnis Anda

Dalam Waktu 3 Menit, Anda akan mendapatkan semua
layanan dengan cepat. Tidak ada kewajiban untuk upgrade,
downgrade atau cancel setiap waktu

Buat Private Cloud
Subscribe here to get update
popup image