Perbedaan Antara Virtual Reality dan Augmanted Reality

Serba Serbi, Technology / 1 | | 0

Banyak sekali yang mengira bahwa augmanted reality dan virtual reality itu sama. Padahal keduanya merupakan sebuah tools yang berbeda, baik dari segi desain hingga perangkat pendukungnya.

Kedua jenis teknologi baru ini, sekarang sangat diminati oleh pelaku bisnis di manapun. Anda penasaran dengan kedua teknologi tersebut?nah namun sebelumnya anda dapat mengetahui apa itu Virtual Reality dan Augmanted Reality  mulai dari definisi dan beberapa fitur yang berbeda.

Nah, artikel ini akan menjelaskan secara detail perbedaan antara virtual reality dan augmanted reality beserta contohnya.

 

Apa Perbedaan AR dan VR ?

Jika anda sering salah mengira bahwa Augmanted Reality dan Virtual Reality ini sama, maka anda  dapat melihat beberpa perbedaan berikut ini :

 

1. Augmented Reality

 

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara dunia real dan dunia maya. Hal ini membuat yang menggunakannya dapat berinteraksi secara real time. Contoh dari teknologi AR ini pernah booming saat orang-orang bermain Pokemon Go.

Perkembangan AR di Indonesia kini sudah masuk ke dalam dunia industri. Perusahaan ini menggunakan AR untuk menarik anak-anak bisa mengalami permainan yang bisa sekaligus berinteraksi dengan dunia nyata.

AR ini menambah pengalaman pengguna karena bisa secara langsung berinteraksi dengan dunia nyata dan ditambahkan konten virtual atau khayalan. Untuk dapat menikmati AR hanya dibutuhkan perangkat yang cukup sederhana yaitu smartphone dan aplikasi AR yang terinstal di perangkat tersebut.

Aplikasi AR dapat dinikmati selain game Pokemon Go yaitu Field Trip, Ingress, dan Google Translate. Field Trip ini merupakan aplikasi AR yang digunakan bagi pecinta travelling. Aplikasi ini mudah digunakan karena berbasis mobile.

User dapat memilih macam-macam kategori lokasi yang diinginkan, seperti museum atau hanya tempat terdekat untuk makan. Field Trip dilengkapi juga dengan feature yang bisa memberitahu anda lokasi yang tergolong unik untuk dikunjungi.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Pemberitahuan dan Contoh-Contohnya

 

2. Virtual Reality

 

Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau imajinasi. Dalam VR ini membawa user untuk menikmati pengalaman yang berbeda karena user dibawa ke sebuah dunia yang berbeda.

VR dapat dinikmati dengan memerlukan perangkat khusus yaitu berupa headset VR, seperti Googel Cardboard, Oculus Rift atau Samsung Gear VR. Selain itu juga membutuhkan smartphone. Mengapa hanya membutuhkan smartphone saja? Karena pada umumnya smartphone saat ini telah dilengkapi oleh sensor Gyroscope dan Magnetic.

Dua teknologi ini baik AR maupun VR ini saling mendukung dan meramaikan perkembangan dunia teknologi. Hal ini dapat menambah pengalaman di dalam dunia hiburan, membuat pengalaman yang baru dan di masa depan akan ditambahkan dukungan teknologi cerdas. AR dan VR membawa dimensi baru dari interaksi antara perangkat digital dan dunia nyata.

Baca Juga : Mengenal Virtual Reality : Definisi, Cara Kerja, Contohnya

 

Manfaat Virtual Reality dan Augmented Reality 

 

Dengan adanya teknonogi canggih ini membuat Anda bisa merasakan pengalaman baru dalam dunia hiburan. Selain hadir pada aplikasi games, teknologi tersebut juga sudah tidak asing menghiasi aplikasi sosial media Anda.

Hebatnya, virtual reality dan augmented reality sekarang juga mulai dimanfaatkan untuk keperluan sains dan kedokteran. Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk mengobati dan menyembuhkan kondisi psikologis seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.  Anda dapat simak tentang perbedaan virtual reality dan augmented reality. Penemuan-penemuan baru dalam bidang teknologi memang berkembang sangat pesat. Seperti virtual reality dan augmented reality contohnya, dari yang semula hanya dipakai untuk tujuan hiburan sekarang merambah ke dunia kedokteran.

Hal tersebut mungkin saja akan membuka peluang yang lebih lebar untuk bisa dimanfaatkan dalam bidang lainnya di masa depan.

 

Virtual Reality vs Augmented Reality

 

Jika anda mencoba mencari perbedaan dari kedua teknologi ini, ada baiknya untuk tahu definisi dari masing-masing teknologi tersebut. Virtual Reality, yang sering disingkat VR adalah sebuah rekayasa komputer yang bisa membuat Anda seolah-olah berada di alam virtual baru.

Melalui teknologi ini Anda dibuat untuk bisa merasakan sensasi tak nyata melalui indera penglihatan dan pendengaran. Untuk bisa menikmatinya, biasanya Anda harus memakai sebuah alat seperti headset atau kacamata VR khusus. Umumnya, virtual reality ini dikemas untuk keperluan media hiburan seperti games, video dan juga film.

Berbeda dengan virtual reality, augmented reality tidak sepenuhnya membuat Anda untuk merasakan sensasi virtual sepenuhnya. Saat Anda menjajal teknologi AR ini, akan lebih terlihat bahwa sisi virtual yang ditampilkan adalah penggabungan ke dunia nyata. Bahkan melalui AR tersebut Anda masih bisa melakukan interaksi.

Beberapa contohnya dari teknologi AR ini dapat kamu temukan pada games Pokemon Go yang sempat viral beberapa waktu lalu. Melalui games tersebut Anda diminta untuk mencari monster virtual yang dapat Anda lihat pada layar smartphone dengan mengelilingi lingkungan sekitar Anda.

Aplikasi-aplikasi terbaru di layar smartphone yang bisa Anda dapatkan di Playstore juga banyak yang mengusung teknologi Augmented Reality. Contohnya adalah fitur-fitur lucu yang bergerak, yang bisa Anda temukan di Instagram Story, Snapchat dan aplikasi kamera lainnya.

 

Kesimpulan dan Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Augmented Reality (AR) merupakan sebuah teknologi yang menggabungkan antara dunia real dan dunia maya. Selanjutnya Virtual Reality ialah Virtual Reality (VR) adalah teknologi yang memungkinkan dapat berinteraksi dengan lingkungan 3D yang dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata atau imajinasi.

Manfaat dari Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yaitu untuk Teknologi ini dapat diaplikasikan untuk mengobati dan menyembuhkan kondisi psikologis seperti Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Jika anda menginginkan belajar teknologi yang canggih, dan tidak memkan banyak biaya anda dapat memilih salah satu antara augmanted reality atau virtual reality baik iu untuk belajar sendiri, untuk hiburan mauapun mengajarkan keponakan anda.

Related Post :

popup image