Pilih Domain *.COM atau *.ID ?

Development & Security, Domain & Hosting / 0 | | 0

Kami sadar, memilih nama domain bukanlah perkara gampang. Kenapa? Karena ini akan di pakai seumur hidup. Setidaknya sampai domain kamu expired. Meskipun masih memakai cms gratisan seperti blogspot, banyak orang-orang yang sudah mengcustom domain mereka menjadi TLD. Banyak alasan, saya menyarankan kamu membaca artikel alasan memilih domain TLD untuk website agar kamu lebih paham.

Setelah kamu paham, sekarang muncul dilema kedua. Harus pakai TLD yang mana? *.com kah? Atau *.id aja? Sebenarnya domain ID ini juga terbagi banyak, ada *go.id, *co.id, dan ‘pure’ *.id. Berikut kami paparkan mengenai masing-masing domain.

Domain *.ID

*.id merupakan domain khusus untuk negara Indonesia. *.id memang baru muncul beberapa tahun belakang. Untuk pengurusan domain sendiri, memang tidak sesusah domain ID yang lain. Seperti .co.id yang harus menyertakan npwp dan siup. Jadi *.id bisa dimiliki oleh siapapun. Untuk personal syarat utamanya adalah ktp. Meskipun untuk pengurusan tidak terlalu susah, namun untuk harga .id memang masih relatif mahal. Keuntungan menggunakan .id adalah kredibelitas domain yang sangat terjaga di mata pengguna.

Domain *.COM

*.com memang sangat mendunia. Domain ini bisa dimiliki di negara manapun. Untuk pendaftarannya pun tidak memiliki syarat apapun. Namun justru itulah yang menjadi kekurangan dari .com, kredibelitasnya kurang terjaga dibandingkan domain .id. Penipu bisa saja menggunakan domain .com untuk lebih meyakinkan korbannya. Tetapi yang menjadi keunggulan .com adalah persepsi di benak orang-orang bahwa suatu website…ya .com.

Website = .com

Bukan hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun juga sama. Ketika orang-orang mengatakan website, yang terbayang adalah .com

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah tingkat kepercayaan untuk .id sangat tinggi sedangkan untuk persepsi, orang-orang lebih mudah mengingat .com di banding .id. Apapun TLD yang kamu pilih, kamu harus menggunakannya sebaik mungkin.

Related Post :