Platform CMS Blogging Tumblr Dijual ke WordPress

News & Release, Serba Serbi / 1 | | 0

Verizon telah setuju untuk menjual Tumblr ke pemilik WordPress Automattic Inc. dengan jumlah yang tidak diungkapkan, lapor The Wall Street Journal. Verizon, yang pertama kali mengakuisisi Tumblr pada tahun 2017 setelah membeli Yahoo, mulai mengeksplorasi penjualan awal tahun ini. Automattic dilaporkan membeli Tumblr dengan harga kurang dari $ 3 juta, menurut Axios, penurunan nilai yang menakjubkan dari $ 1,1 miliar yang dibayarkan Yahoo pada tahun 2013.

“Tumblr adalah merek tenda yang telah mulai bergerak, memungkinkan identitas sejati berkembang dan menjadi rumah bagi banyak komunitas dan fandom kreatif,” kata CEO Media Verizon, Guru Gowrappan dalam sebuah pernyataan. “Kami bangga dengan apa yang telah dicapai tim dan senang telah menemukan mitra yang sempurna di Automattic, yang keahlian dan rekam jejaknya akan membuka kemungkinan baru dan menarik bagi Tumblr dan penggunanya.”

Meskipun masuk akal. Tumblr pernah menjadi kekuatan yang sangat berpengaruh dalam bidang blogging dan media sosial, tetapi menjadi kurang begitu di bawah Yahoo dan kemudian kepemilikan Verizon. Sementara itu, platform seperti Instagram, Snapchat, dan YouTube bergerak untuk mengisi kekosongan dan menjadi kekuatan budaya yang jauh lebih besar sebagai hasilnya. Meski demikian, Tumblr memang memiliki komunitas yang sangat aktif dan berdedikasi.

Itu menjadi sangat jelas bagi kepemimpinan Verizon tahun lalu ketika Verizon memutuskan untuk melarang konten dewasa di platform tersebut pada bulan Desember. Tumblr bertindak sebagai tempat yang aman bagi banyak anggota LGBTQ yang menggunakan platform ini untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan seksualitas mereka dan untuk menemukan komunitas online yang memiliki minat yang sama. Keputusan untuk melarang semua jenis konten dewasa menyebabkan banyak orang memboikot situs tersebut, dan larangan tersebut mengasingkan sebagian besar basis pengguna Tumblr. Tidak ada rencana untuk membalikkan keputusan itu, CEO Automattic Inc. Matt Mullenweg mengatakan kepada Journal. Sebagai gantinya, Tumblr akan bertindak sebagai situs “pelengkap” untuk WordPress.

“KAMI TIDAK AKAN PERUBAHAN APA PUN.”
“Itu hanya menyenangkan,” kata Mullenweg kepada Journal. “Kami tidak akan mengubah itu semua.”

Salah satu bagian dari menjadi pelengkap WordPress adalah kemungkinan berbagi layanan dan fungsionalitas, menurut laporan itu. Tumblr memiliki antarmuka seluler yang dapat digunakan eksekutif untuk memanfaatkan platform seluler WordPress sendiri. Tidak jelas layanan lain apa yang dapat dibagikan oleh kedua perusahaan, tetapi mengingat keduanya adalah platform blogging sampai batas tertentu, ada ruang untuk eksperimen.

David Karp, yang mendirikan Tumblr pada 2007, meninggalkan perusahaan pada November 2017. Dia tidak menyebutkan alasannya pada saat itu, tetapi dia menulis di blog pribadi bahwa dia percaya pada masa depan perusahaan. “Saya mohon Anda mengerti bahwa keputusan saya datang setelah berbulan-bulan merenungkan ambisi pribadi saya,” tulis Karp pada saat itu, “dan tanpa biaya untuk harapan saya untuk masa depan Tumblr atau dampak yang saya tahu dapat terjadi.”

  • Pembaruan 12 Agustus, 4:50 siang ET: Kisah ini telah diperbarui untuk memasukkan laporan dari Axios yang menunjukkan penjualan kurang dari $ 20 juta.
  • Pembaruan 2, 12 Agustus 6:40 pm ET: Cerita telah diperbarui untuk menyertakan pembaruan dari Axios yang menunjukkan penjualan kurang dari $ 3 juta.
  • Pembaruan 3, 12 Agustus 19:10 ET: Kisah ini telah diperbarui untuk memasukkan pernyataan dari Verizon.

Related Post :

popup image