Program Afiliasi : Cara Kerja dan Pembayaran Serta Jenis/Tipenya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Afiliasi atau juga sering dikenal sebagai pemasaran atau bisnis afiliasi adalah jenis pekerjaan dimana afiliasi akan mempromosikan produk dan layanan bisnis dan menerima komisi jika afiliasi mencapai penjualan. Ini membuat orang yang mengambil program ini disebut penerbit yang bekerja dengan memanfaatkan jaringan dan kemampuan pemasaran online untuk mempromosikan produk dan layanan.

Jadi bisa dikatakan ini adalah metode periklanan berbasis kinerja dan penjualan yang menawarkan banyak manfaat bagi bisnis dan pemasar. Diantara banyak teknik pemasaran digital, afiliasi merupakan yang bermanfaat untuk bisnis apa pun yang ingin mengembangkan bisnis mereka karena ini merupakan teknik penjualan tanpa harus lagi anggaran periklanan tradisional.

Tidak hanya membantu bisnis dalam memasarkan dan meluaskan brand mereka, afiliasi menjadi opsi bisnis yang bertumbuh cepat yang bahkan diperkirakan akan terus tumbuh setiap tahunnya. Meskipun begitu, untuk mengembangkan strategi pemasaran afiliasi juga pekerjaan yang tidak mudah baik untuk pemasaran dan penerbitnya. Mari simak penjelasan mengenai afiliasi yang merupakan bagian penting dari strategi pemasaran digital apa pun.

 

Memahami Cara Kerja Afiliasi

Program Afiliasi : Cara Kerja dan Pembayaran Serta Jenis/Tipenya
 

Mengingat pemasaran afiliasi bekerja dengan menyebarkan teknik pemasaran dan pembuatan produk di seluruh pihak, bisnis ini berhasil memanfaatkan kemampuan berbagai individu untuk strategi pemasaran yang lebih efektif sambil memberikan bagian keuntungan kepada kontributor. Adapun untuk membuat afiliasi itu bekerja, dibutuhkan beberapa pihak yang terlibat :

  • Penjual dan pencipta produk

    Penjual atau perusahaan selaku pembuat program afiliasi biasanya adalah vendor, pencipta produk atau pengecer. Sedangkan produk yang ingin dipasarkan dapat berupa benda fisik maupun jasa. Dikenal juga sebagai brand, penjual tidak perlu harus secara aktif terlibat dalam pemasaran, tetapi mereka juga dapat menjadi pengiklan dan mendapat untung dari bagi hasil yang terkait dengan pemasaran afiliasi.

  • Afiliasi atau penerbit

    Juga dikenal sebagai penerbit, afiliasi dapat berupa individu atau perusahaan yang memasarkan produk penjual dengan cara yang menarik bagi calon konsumen. Dengan kata lain, afiliasi bekerja dengan mempromosikan produk untuk meyakinkan konsumen bahwa produk itu berharga atau bermanfaat serta meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut. Jika konsumen akhirnya membeli produk, afiliasi menerima sebagian dari pendapatan yang dihasilkan. Setiap afiliasi yang bergabung biasanya telah memiliki audiens yang sangat spesifik sebagai target pasar mereka. Target ini akan sesuai dengan ceruk atau niche tertentu untuk afiliasi menarik konsumen yang kemungkinan besar akan bertindak berdasarkan promosi.

  • Konsumen/pembeli

    Mereka yang tergabung dalam program afiliasi akan membagikan produk dan memasarkannya ke media sosial, blog dan situs web mereka. Sedangkan konsumen akan menyelesaikan proses pembelian dan menerima produk seperti biasa, tidak terpengaruh oleh sistem pemasaran afiliasi yang berada di balik layar. Begitu konsumen tertarik dan melakukan pembelian, penjual dan afiliasi akan berbagi keuntungan dari situ.

 

Baca Juga  :    Keunggulan dan Kekurangan Pemasaran Afiliasi yang Harus Diketahui Oleh Pemula

 

Jenis dan Tipe Umum Afiliasi

Program afiliasi adalah sekelompok orang yang memasarkan produk atau layanan dari suatu bisnis, brand atau perusahaan dengan imbalan komisi saat produk tersebut terjual. Tidak diperlukan pembayaran di muka dan afiliasi hanya menghasilkan uang saat mereka berhasil mengonversi prospek. Penjualan ini sendiri dapat dilacak, biasanya dengan tautan khusus yang diterbitkan khusus untuk setiap afiliasi dan mereka dapat membayar iklan untuk produk yang mereka promosikan untuk menghasilkan penjualan. Berikut beberapa jenis dan tipe umum afiliasi yang bisa ditemukan.

  • Afiliasi berbasis konten

    Ini adalah jenis afiliasi yang paling umum ditemukan karena afiliasi ini berbasis pada konten yang bisa ditemukan pada blogger, podcast atau YouTuber. Afiliasi yang bekerjasama dengan blogger biasanya akan menulis artikel dalam bentuk review atau tutorial. Ini adalah jenis afiliasi yang cukup memakan waktu dan membutuhkan upaya serta ceruk dengan audiens khusus.

  • Afiliasi berbasis situs web kupon

    Jenis afiliasi ini seringnya bermitra dengan situs kupon lebih relevan untuk perusahaan B2C yang bergerak di bisnis kuantitas. Salah satu jenis afiliasi yang populer karena memanfaatkan rasa kesukaan masyarakat akan diskon dan potongan harga yang membuatnya sebagai cara mudah untuk menarik lebih banyak penjualan, baik untuk pedagang maupun afiliasi.

  • Afiliasi sebagai duta sebuah brand

    Tipe afiliasi yang satu ini akan sangat bagus bagi perusahaan atau brand yang ingin agar peserta program afiliasi mereka untuk terus dapat memberikan exposure. Umumnya brand akan menggunakan wajah yang telah dikenali seperti influencer untuk terus menyapa pengikut mereka dengan menyertakan produk dari afiliasi. Hanya saja, sesuaikan afiliasi dengan ceruk penjualan dan pengikut mereka agar pemasaran menjadi lebih efektif.

 

Baca Juga  :   Plugin untuk Afiliasi Website WordPress Gratis dan Mudah Digunakan

 

Cara Pembayaran Program Afiliasi

Program Afiliasi : Cara Kerja dan Pembayaran Serta Jenis/Tipenya
 

Sebagai salah satu opsi bisnis yang menarik, afiliasi menjadi sangat populer terutama dikalangan pemilik situs web, blogger, atau siapa saja yang terlibat dengan audiens di platform- platform media sosial setiap harinya. Berikut beberapa cara pembayaran dari program afiliasi.

  • Pembayaran per klik

    Program ini berfokus pada pemberian insentif kepada afiliasi untuk mengarahkan konsumen dari platform pemasaran mereka ke situs web merchant. Dimana ini berarti afiliasi harus dapat melibatkan konsumen agar bisa berpindah dari situs afiliasi ke situs pedagang atau situs khusus yang dipersiapkan. Dari sini afiliasi kemudian akan dibayar berdasarkan peningkatan lalu lintas web.

  • Pembayaran per penjualan

    Ini adalah struktur pemasaran afiliasi standar dimana dalam program ini, pedagang akan membayar afiliasi berdasarkan persentase dari harga jual produk setelah konsumen membeli produk sebagai hasil dari strategi pemasaran afiliasi. Dengan kata lain, afiliasi harus benar-benar membuat investor berinvestasi dalam produk sebelum mereka diberi kompensasi.

  • Pembayaran per lead

    Sedikit lebih kompleks dari dua cara pembayaran diatas, program afiliasi bayar per prospek mengkompensasi afiliasi berdasarkan konversi prospek. Afiliasi harus mampu membujuk konsumen untuk mengunjungi situs web pedagang dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan, apakah itu mengisi formulir kontak, mendaftar untuk uji coba suatu produk, berlangganan buletin, atau mengunduh perangkat lunak atau file. Cukup rumit terlebih lagi karena konsumen harus bisa diyakinkan untuk melakukan call to action yang telah ditentukan.

 

Baca Juga  :   Peluang dan Cara Mendapatkan Uang dari Internet Dengan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Saat memulai program afiliasi atau mitra, salah satu tantangan pertama yang harus dihadapi adalah mengidentifikasi jenis mitra afiliasi apa yang sesuai dengan Anda. Dengan perekrutan menjadi bagian yang paling memakan waktu dalam menjalankan program afiliasi, lebih baik untuk merencanakan penargetan Anda dengan hati-hati. Ini juga termasuk pada platform manakah, jenis pembayaran yang sesuai dengan program hingga niche atau ceruk yang sesuai dengan program yang Anda pilih.

Ceruk dan produk Anda jelas memiliki dampak kuat pada perekrutan afiliasi. Jadi, titik awal yang baik adalah melihat basis pelanggan dan audiens Anda dan jangan lupa untuk mengevaluasi segmen mana yang berpotensi menjadi mitra yang baik. Saat memperluas jaringan mitra dari pelanggan yang terbuka untuk mendapatkan penghasilan dari rujukan, Anda akan menemukan berbagai jenis mitra afiliasi yang bisa Anda sesuaikan dengan platform dan keuntungan yang terbaik bagi Anda.

 

Related Post :