Proxy Server : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Informasi / 1 | | 0

Proxy server atau atau yang sering juga disebut proxy adalah server perantara, baik untuk perangkat lunak atau perangkat keras,yang berada di antara pengguna akhir dan situs web atau server layanan lain. Adapun penggunaan proxy untuk berbagai alasan termasuk efisiensi, privasi, dan keamanan. Dengan adanya proxy, lalu lintas web bergerak melalui proxy sepanjang perjalanannya ke tujuan akhirnya.

Dari sini permintaan akan dikirim ke server proxy, yang menangani permintaan bersama dengan tugas tambahan untuk menyaring konten- konten, memindai malware, menutupi asal permintaan, mengenkripsi pesan, dan banyak lagi. Proxy sendiri biasanya digunakan untuk keamanan informasi terhadap ancaman dan untuk optimasi sistem, seperti load balancing dan cache permintaan serupa untuk kecepatan tambahan. Jadi proxy dapat berfungsi sebagai firewall sekaligus juga dapat menangani permintaan otentikasi.

Paling tidak, contohnya proxy dapat melindungi infrastruktur internal perusahaan dari ancaman yang diketahui yang ditemukan di web eksternal. Meski server proxy dapat memiliki konsekuensi yang tidak diinginkan untuk keamanan karena mereka dapat mengaburkan asal permintaan yang sebenarnya, proxy juga dapat menutupi pihak-pihak yang sah dalam suatu kebutuhan, pertukaran atau transaksi tertentu. Semua komputer memerlukan alamat Internet Protocol (IP) unik yang berfungsi sebagai pengenal yang sah, sehingga tanpa pengetahuan bisa saja ada malaware yang menyusup dengan berpura- pura sebagai program yang valid.

 

Memahami Apa Itu dan Cara Kerja Proxy Server

Proxy Server : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Setiap komputer di internet harus memiliki alamat Internet Protocol (IP) yang unik yang merupakan alamat komputer itu juga. Alamat ini sama dengan alamat rumah yang dalam hal ini, bukan alamat untuk surat menyurat fisik, tetapi menjadi alamat agar internet tahu bagaimana dan dimanakah untuk mengirim data yang benar ke komputer yang benar dengan alamat IP tersebut. Server proxy pada dasarnya adalah komputer di internet dengan alamat IP sendiri yang diketahui komputer Anda.

Maka saat Anda mengirim permintaan web, permintaan Anda masuk ke server proxy terlebih dahulu. Dari sini server kemudian membuat permintaan web Anda atas nama Anda, mengumpulkan respons dari server web, dan meneruskan data halaman web kepada Anda sehingga Anda dapat melihat halaman tersebut di browser Anda. Saat server proxy meneruskan permintaan web Anda, ini dapat membuat perubahan pada data yang Anda kirim dan tetap memberi Anda informasi yang Anda harapkan untuk dilihat. Server proxy dapat mengubah alamat IP Anda, sehingga server web tidak tahu persis di mana Anda berada di dunia. Karena server dapat mengenkripsi data Anda, sehingga data Anda tidak dapat dibaca dalam perjalanan dan tentu saja server proxy dapat memblokir akses ke halaman web tertentu berdasarkan alamat IP.

 

Baca Juga  :     Memahami VPN (Virtual Private Network) dan Caranya Dalam Melindungi Data Pengguna

 

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Proxy Server

Proxy Server : Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya
 

Secara sederhananya, proxy adalah perantara antara klien dan server yang sering bertindak sebagai pengaman. Melalui proxy juga klien dapat mengakses informasi yang tersimpan di berbagai server selain juga digunakan untuk berbagai tujuan lain. Meski sering juga dibandingkan dengan VPN karena kurang lebih mempunyai fungsi yang serupa, proxy juga sering digunakan umum, yang sama dengan VPN juga, proxy juga menawarkan layanan gratis. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan proxy, terlebih lagi jika Anda menggunakan layanan gratisnya.

 

Kelebihan Proxy Server

Alasan utama dari pengguna proxy server adalah pengguna dapat mengandalkan berbagai fitur- fiturnya serta dapat mengandalkan bantuan keamanannya. Berikut beberapa hal lainnya jika Anda menggunakan proxy.

  • Menjaga anonimitas pengguna

    Proxy telah digunakan terutama untuk menutupi alamat IP yang mana dari cara ini, setiap peretas yang mencoba mengakses komputer Anda tidak akan dapat mencari tahu alamat Anda. Saat mencoba mengakses komputer Anda, mereka akan masuk ke proxy alih-alih alamat IP asli. Selain itu, situs web tidak akan dapat melacak Anda karena alamat IP asli disembunyikan dan dengan cara ini proxy dapat memberikan anonimitas kepada penggunanya.

  • Memberikan perlindungan kepada klien

    Saat Anda menjelajahi web, ada kemungkinan besar Anda akhirnya mengunjungi situs web berbahaya. Jika Anda mengunjungi situs seperti itu, malware akan menyelinap ke sistem Anda yang menyebabkan kerusakan permanen. Ada juga banyak situs yang tidak terpercaya yang khusus dibuat untuk meretas pengguna yang masuk ke situs tersebut yang membuat informasi Anda menjadi rentan. Dengan bantuan proxy, maka sistem Anda tidak akan membuat permintaan langsung ke situs tersebut melainkan ujung proxy akan menyaring ancaman dari situs. Inilah kenapa proxy akan memberikan perlindungan maksimal dari jenis- jenis situs mencurigakan.

  • Membuka situs web yang diblokir

    Banyak pemilik situs yang membatasi konten dan undang- undang hak cipta mereka sehingga tidak semua pengunjung di internet bisa mengaksesnya. Jadi bagi pengguna yang tinggal di luar wilayah yang ingin mengunjungi situs tersebut harus menggunakan proxy yang bekerja dengan menyembunyikan alamat IP.

  • Mengendalikan dan memblokir konten- konten berbahaya

    Disamping membuka situs web yang diblokir, proxy juga dapat melakukan hal yang sebaliknya. Proxy dapat digunakan untuk membatasi akses ke situs- situs yang mempunyai konten berbahaya dan mencurigakan. Tidak mengherankan kalau proxy umum digunakan oleh orang tua untuk membatasi konten tidak pantas dalam upaya melindungi anak mereka di di dunia maya.

  • Kinerja yang lebih baik

    Beberapa layanan proxy menggunakan data cache dimana setelah pengguna mengunjungi situs web, maka proxy akan menyimpan semua informasi yang diperlukan melalui data cache. Karena itu, ketika pengguna mengunjungi halaman yang sama, halaman tersebut akan ditampilkan lebih cepat. Namun ini hanya dapat terjadi jika proxy memiliki data cache yang diperlukan dari situs web karena jika tidak, proxy perlu memintanya dari server jauh.

 

Baca Juga  :    Cara Cepat Menghapus dan Membersihkan Virus/Malware di Komputer

 

Kekurangan Proxy Server

Layaknya dua sisi mata uang, maka proxy juga mempunyai kekurangannya tersendiri. Pertimbangkan kekurangannya dibawah ini sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan proxy.

  • Ancaman cyber yang canggih

    Meskipun proxy memberikan manfaat anonimitas, sayangnya proxy juga tidak memiliki sisi enkripsi. Sebagian besar proxy menggunakan sertifikat SSL untuk mengenkripsi data yang tidak akan cukup kuat untuk mencegah atau mengatasi serangan cyber yang semakin maju dan rumit. Ketika enkripsi jenis SSL digunakan, data yang berjalan melalui server akan menjadi kurang aman yang akan memberikan resiko bagi penggunanya.

  • Dapat dilacak

    Data cache yang disimpan proxy memang praktis, tetapi ini juga turut menyimpan semua informasi pribadi termasuk kata sandi, alamat, hingga nomor penting Anda. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika proxy tidak di usik, tetapi bisa saja terjadi penyusupan dari penyedia proxy itu sendiri yang membuat informasi Anda bisa di salah gunakan nantinya. Koreanya, gunakan layanan proxy yang sudah terbukti aman dan tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit biaya jika Anda ingin menjaga keamanan data- data Anda.

  • Perlunya konfigurasi kode proxy

    Konfigurasi proxy sudah diprogram untuk satu tujuan tertentu yang karenanya harus ada beberapa pengkodean yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seorang penggunanya. Tetapi konfigurasi proxy bisa sangat sulit mengingat harus dibuat dan dirancang dengan sempurna sedemikian rupa sehingga tidak ada port yang dibiarkan terbuka, sehingga tidak ada peretas yang dapat memata-matai informasi pribadi para klien.

  • Tidak cocok/kompatibel

    Meski proxy adalah pilihan perlindungan yang umum, tetapi tidak semua proxy bisa selalu kompatibel dengan jaringan lokal setiap penggunanya. Ini dikarenakan baik proxy itu sendiri maupun jaringan yang digunakan memiliki konfigurasi mereka masing- masing. Jika Anda ingin menggunakan proxy pada jaringan lokal Anda, pilihan yang Anda punyai adalah melakukan konfigurasi atau hanya menggunakan proxy yang sudah kompatibel dengan jaringan Anda saja.

 

Baca Juga  :      Pengertian dan Fungsi SSL (Secure Socket Layer)

 

Kesimpulan dan Penutup

Diambil dari data Wikipedia, ada ribuan jasa penyedia layanan proxy baik itu berbayar maupun gratis di luar sana. Ini berarti proxy sama populernya dengan VPN yang juga menawarkan dukungan yang sama. Maka pengguna dapat memilih layanan proxy manakah yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

Juga dikarenakan fitur dan dukungan yang diberikan akan berbeda dari setiap versi, maka perusahaan atau bisnis sebaiknya menggunakan proxy server versi premium yang tentunya akan mampu menjamin lebih banyak keamanan. Sedangkan jika Anda menggunakan proxy untuk keperluan pribadi, rasanya layanan proxy gratis juga sudah mencukupi kebutuhan Anda.

 

Related Post :