Kenali Apa Itu Public Speaking, Pengertian, Manfaat Serta Cara Melatihnya

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 1

Tanpa disadari, semua orang pernah dan biasa berbicara di depan umum dimana kemampuan berbicara di depan umum di mulai dari keluarga terdekat lebih dulu. Dari sini berbicara di depan umum yang juga dikenal sebagai public speaking menjadi berkembang seiring perjalanan seseorang.

Public speaking menjadi skill yang sangat dibutuhkan dalam bisnis, pendidikan, dan arena publik. Ada banyak manfaat untuk berbicara di depan umum apakah Anda seorang individu atau mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Sayangnya tidak semua orang bisa melakukan public speaking karena banyak hal.

Namun jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai public speaking, mari simak pengertian serta apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengasah kemampuan Anda menjadi lebih baik dan menarik di mata penonton Anda.

 

Pengertian Apa Itu Public Speaking

Kenali Apa Itu Public Speaking, Pengertian, Manfaat Serta Cara Melatihnya
 

 

Pada dasarnya, public speaking adalah presentasi yang diberikan secara langsung di depan audiens. Pidato publik dapat mencakup berbagai topik yang berbeda dengan berbagai tujuan pidato mungkin baik itu untuk mendidik, menghibur, atau mempengaruhi pendengar. Seringkali, alat bantu visual dalam bentuk tayangan slide elektronik digunakan untuk melengkapi pidato untuk membuat presentasi menjadi lebih menarik bagi pendengar.

Presentasi berbicara di depan umum berbeda dari presentasi online dimana presentasi online tersedia kapan saja. Sedangkan pidato publik biasanya terbatas pada waktu atau tempat tertentu dimana presentasi online sering menggunakan tayangan slide. Tidak jarang juga bantuan video pembicara yang sudah direkam sebelumnya juga umum digunakan dalam public speaking ini.

 

Baca Juga  :    Jurusan Ilmu Komunikasi : Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

Manfaat Menguasai Public Speaking

Ada banyak alasan mengapa berbicara di depan umum itu penting tergantung pada tujuannya, tetapi manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menguasai public speaking beberapa diantaranya :

  • Untuk mendapatkan perhatian audiens

    Keterampilan penting yang harus dimiliki dalam bisnis dan khususnya di arena hubungan masyarakat adalah keterampilan persuasi atau kemampuan untuk mendapatkan perhatian orang banyak. Di dalam dan di luar tempat kerja, kekuatan persuasi dapat membawa Anda jauh dan semuanya dimulai dengan mengasah keterampilan berbicara di depan umum.
    Menguasai public speaking dapat membantu menghasilkan peningkatan kepercayaan diri di depan audiens. Tentu saja sangat penting untuk memiliki pengetahuan tentang subjek yang Anda presentasikan, tetapi di luar itu, ketika membuat pidato persuasif dalam bentuk apa pun, termasuk promosi penjualan kepada klien, Anda harus siap untuk menjawab pertanyaan dan berbicara dengan sikap tenang.

  • Untuk memotivasi

    Seorang pembicara publik yang hebat mencapai kekuatan untuk memotivasi audiensnya untuk melakukan sesuatu, berhenti melakukan sesuatu, mengubah perilaku, atau mencapai tujuan. Tetapi untuk menyebarkan ide, Anda harus bisa menarik perhatian dan semangat dari rekan kerja, karyawan, rekan kerja maupun pelanggan Anda.

  • Untuk menginformasikan sesuatu

    Kemampuan untuk menginformasikan adalah salah satu aspek terpenting dari kemampuan berbicara di depan umum. Dari mempresentasikan makalah penelitian dan presentasi di sekolah hingga mempresentasikan ide dan penawaran kepada atasan atau klien Anda, public speaking yang informatif adalah komponen penting dari karier yang sukses di semua bidang pekerjaan.

 

Baca Juga  :   Contoh Teks Pidato Singkat Terbaru dan Terlengkap untuk Topik apapun

 

Cara Melatih Kemampuan Public Speaking

Kenali Apa Itu Public Speaking, Pengertian, Manfaat Serta Cara Melatihnya
 

Sederhana, public speaking adalah keterampilan yang bersifat umum yang bisa dikuasai siapa saja. Walau memang ada orang yang berbakat untuk berbicara di tengah orang ramai, tapi jika Anda tidak yakin mempunyai kemampuan ini, ikuti cara singkat dan cepat untuk melatih kemampuan public speaking dibawah ini.

  • Mengatasi rasa takut berbicara

    Ketakutan berbicara di depan umum sering ditemukan dimana- mana dimana jika Anda ingin menguasai public speaking, Anda harus mengatasinya lebih dulu. Jika Anda tidak merasa percaya diri saat memberikan pidato, pendengar Anda mungkin juga tidak akan mendapat pesan dari pidato Anda. Hal ini dapat membuat presentasi Anda kurang efektif. Untungnya, ada beberapa teknik untuk membantu mengatasi rasa takut berbicara di depan umum yang juga akan membantu Anda menjadi lebih percaya diri.

  • Tulis pidato yang efektif

    Setelah Anda berhasil mengatasi rasa takut berbicara di depan umum, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menulis pidato yang terorganisir dengan baik dan menarik. Karena bahkan suara berbicara yang bagus atau banyak karisma tidak cukup jika materi Anda tidak bagus sehingga penonton Anda akan bisa atau kabur.

  • Latih terus isi pidato Anda

    Bahkan jika Anda tidak takut berbicara di depan umum, latihan membantu Anda memberikan pidato yang lebih efektif. Jangan lewatkan langkah ini, karena melatih pidato Anda sangat penting untuk dapat meningkatkan keterampilan presentasi publik Anda. Ini juga meningkatkan keakraban Anda dengan presentasi sehingga nantinya pidato Anda akan lancar.

  • Buat desain presentasi yang menarik

    Desain slide Anda harus tepat sasaran dan Anda harus memastikannya terlihat profesional dan mudah dibaca. Gunakan template yang sesuai dengan tema pidato Anda. Hindari menggunakan warna yang terlalu mencolok, font yang tidak sesuai dan terlalu bertele- tele.

  • Berpidato dengan percaya diri

    Ketika Anda telah menulis pidato yang bagus, Anda akan merasa lebih percaya diri untuk memberikan pidato di depan umum, dan Anda sudah berlatih. Anda siap untuk benar-benar memberikan pidato. Ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan pada hari pidato Anda agar pidato Anda berjalan lebih lancar. Ingat, Anda memberikan presentasi di depan audiens langsung di tempat dan waktu tertentu jadi jangan lewatkan latihan pidato Anda dan gunakan dukungan dengan efektif.

 

Baca Juga  :     Website Download Template PPT (Presentasi) yang Keren dan Gratis

 

Setelah Anda memahami lima poin diatas, pahami juga kalau seorang public speaker yang baik harus dapat :

  • Mengontrol kecemasan mereka sendiri sebagai pembicara
  • Meraih perhatian penonton dengan pembukaan pidato yang kuat, lucu atau unik tergantung situasi
  • Membagikan salinan slide terlebih dahulu untuk meminimalkan pencatatan pada audiens
  • Mempertahankan kontak mata dengan penonton dan memberikan kehadiran secara fisik yang energik dan bersemangat
  • Menghafal konten yang cukup sehingga Anda tidak lagi harus selalu membaca catatan
  • Memodulasi nada vokal untuk menekankan poin penting dan menghindari presentasi yang monoton
  • Menyiapkan contoh yang relevan dengan pengalaman audiens yang diharapkan
  • Memberikan bukti yang meyakinkan untuk mendukung tema, isi dan tujuan pidato Anda
  • Meneliti informasi tentang tren terbaru dalam suatu industri sebelum mempresentasikan di seminar profesional

 

Baca Juga  :      Profesi Sales Marketing : Job Deskripsi, Tugas, Kualifikasi, dan Tanggung Jawabnya

 

Kesimpulan dan Penutup

Seni berbicara di depan umum berperan di banyak tempat. Ini penting tidak hanya dalam penyampaian pidato dan pembicaraan publik, tetapi juga dalam presentasi profesional, acara pelatihan, dan pidato motivasi.

Konsultan, pelatihan, manajer, pendeta, perwakilan penjualan, dan guru, misalnya adalah orang- orang yang terus menggunakan keahlian public speaking dalam keseharian pekerjaan mereka. Lalu jika Anda ingin menjadi public speaker yang baik juga, silahkan praktikkan semua tips diatas

 

 

 

 

 

 

Related Post :