Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Email adalah alat komunikasi online yang masih tetap populer dan dibutuhkan yang mana juga rentan dengan resiko adanya spam juga virus. Oleh karenanya sebagian platform email juga memiliki kemampuan penyaringan dasar, tetapi hal itu seringkali tidak cukup untuk melawan peretas yang terus berkembang dan terus menjadi canggih. Semakin berkembangnya suatu teknologi maka trik penyerangan dan penyusupan siber juga ikut berevolusi.

Dengan demikian, telah timbul kebutuhan akan layanan khusus untuk penyaringan spam email, salah satunya adalah aplikasi email filter. Layanan email filter adalah proses pemfilteran email yang masuk ke kotak surat Anda dan keluar dari server Anda. Pemfilteran email bekerja dengan cara masuk ke email lalu memeriksa dan akan memfilter email masuk Anda, seperti dari spam, malware, atau tautan yang mencurigakan.

Selain itu, aplikasi email filter juga dapat mengatur pesan Anda ke dalam berbagai kategori atau folder. Hal ini akan memastikan email Anda agar tidak ada spam, konten yang berbahaya, atau data sensitif yang keluar dari server tanpa izin. Layanan email filter telah memiliki jenis yang berbeda, dan Anda dapat memilih metode penerapan sebagai layanan yang berbasis cloud atau sebagai solusi lokal, di mana hal itu akan sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak penjelasan singkat dan rekomendasinya berikut ini.

 

Mengenal Rekomendasi Aplikasi Email Filter

Sebagian besar penyedia email utama memiliki filter spam bawaan untuk memindahkan email yang meragukan ke folder sampah atau spam. Email sendiri merupakan vektor serangan siber yang paling umum sehingga spam telah menjadi gangguan dan ancaman. Serangan spam ini masuk dan terus- menerus masuk dengan menyisipkan tautan link yang berbahaya, penipuan dengan meminta data dan informasi penerima email hingga serangan dunia maya.

Maka tanpa adanya filter bantuan penyaring spam, jika Anda mengklik tautan yang salah akan dapat membahayakan perangkat dan jaringan Anda. Ini membuat naiknya kebutuhan akan aplikasi email filter yang bisa diandalkan untuk menganalisa dan menyaring semua email masuk ke inbox Anda. Berikut adalah rekomendasi aplikasi email populer untuk menyaring email masuk Anda secara online.

 

SpamTitan

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

SpamTitan mengklaim dapat menghentikan 99,9% spam sebelum mencapai kotak masuk Anda, aplikasi penyaring email yang satu ini adalah solusi anti-spam berbasis web yang ditujukan untuk pengguna akun Microsoft Office 365. Layanan email filter Ini telah dirancang untuk menemukan serangan email phishing, serangan spear-phishing, dan serangan zero-day. Secara drastis hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi waktu yang sudah Anda habiskan untuk tugas yang membosankan dalam mengelola akun email Anda. Untuk mengenali ancaman terbaru, SpamTitan menggunakan campuran pembelajaran mesin dan analisis zero-day yang sangat baik untuk meminimalkan paparan terhadap ancaman email yang muncul. Kelebihan menarik dari SpamTitan adalah SpamTitan telah menggunakan AI dan analitik perilaku untuk mendeteksi dan menghentikan ancaman. Tidak hanya itu saja, SpamTitan juga akan memungkinkan Anda untuk memprioritaskan ancaman secara manual.

 

Baca Juga  :   Cara Membuat Email Secara Cepat di Yahoo, Outlook, Gmail dan Mozilla Thunderbird

 

MailWasher

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

Aplikasi MailWasher telah mengklaim basis pengguna lebih dari 8 juta orang yang mana tidaklah mengherankan karena aplikasi penyaring spam ini mempunyai program andalan yang dapat memblokir spam sebelum mencapai kotak masuk Anda. Selain itu, layanan email filter ini juga kompatibel dengan semua penyedia email, baik di desktop maupun perangkat seluler Anda. Cara kerja aplikasi ini untuk menghentikan virus yang telah memasuki kotak masuk Anda, MailWasher ini memungkinkan Anda untuk melihat dan menghapus email sebelum diunduh ke komputer Anda.

Dengan memblokir email seperti ini, Anda dapat melihat informasi di dalam email tanpa membukanya dan membiarkan komputer Anda berisiko menularkan virus. Kelebihan yang menarik dari MailWasher adalah, MailWasher dapat memfilter konten yang menyinggung, serta dapat memindai dan menghapus lampiran berbahaya sebelum mencapai kotak masuk Anda. Adapun penyedia email yang didukung oleh MailWasher adalah Outlook, Incredimail, Thunderbird, Windows Live Mail, Gmail, Hotmail, Yahoo, EM Client, dan masih banyak lagi lainnya.

 

SPAMfighter

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

Salah satu fitur terbaik dari SPAMfighter adalah aplikasi ini dapat digunakan dalam berbagai bahasa dan dapat memblokir spam dalam bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, Polandia, Denmark, dan banyak lagi. Disamping SPAMfighter juga merupakan filter spam yang kompatibel dengan Outlook, Outlook Express, Thunderbird, Windows Mail, dan Windows Live Mail.

Setelah email yang mencurigakan telah ditandai, perangkat lunak akan menambahkan pengirim ke daftar hitam dan memblokir email di masa mendatang agar tidak mencapai kotak masuk Anda. Antarmuka pengguna mudah dinavigasi dan Anda dapat melihat statistik langsung pada pesan yang diblokir. Selain itu, Anda juga memiliki Pelaporan Penyalahgunaan Spam dengan mengklik tombol jika Anda perlu mengumpulkan informasi. Aplikasi ini juga mampu mengatur semua informasi keamanan yang akan membantu memastikan bahwa Anda mengetahui segala sesuatu yang mencoba menjangkau akun Anda.

 

Baca Juga  :    Spam Email : Pengertian, Sejarah dan Cara Mengatasinya dengan Mudah dan Aman

 

MX Guarddog

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

Jika Anda mencari penyaring filter yang berbeda, maka Anda dapat mencoba MX Guarddog yang merupakan spam filter yang berbasis cloud. Aplikasi email filter ini akan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama terhadap spam, virus komputer, malware, email phishing, pemberitahuan palsu yang tidak terkirim, dan serangan Denial of Service(DoS). Selain itu, MX Guarddog merupakan pemblokiran spam yang menggunakan enkripsi TLS untuk melindungi kotak masuk email Anda. Saat MX Guarddog mendeteksi email yang mencurigakan, MX Guarddog akan memindahkannya ke karantina dan pada saat yang sama, MX Guarddog akan mengirimi Anda pemberitahuan sehingga Anda dapat mengambil tindakan tersendiri nantinya. Kelebihan menarik dari aplikasi email filter yaitu adalah MX Guarddog akan melindungi email anda dari phising serta malware yang berbasis file.

 

Comodo Dome AntiSpam

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

Lalu apabila Anda memerlukan penyaring email profesional dan dengan skala lebih besar, maka Anda bisa mencoba Comodo Dome AntiSpam yang merupakan alat pencegahan spam yang dirancang terutama untuk pengguna perusahaan. Aplikasi ini bekerja dengan cara memindai dan memfilter email agar saat menjadi kotak masuk Anda, akan aman dari penyerang diseluruh dunia maya. Saat Anda mengunduh file dari kotak masuk, Comodo Dome AntiSpam akan menggunakan platform vonis file Valkyrie untuk menganalisis file saat sedang diunduh.

Anda dapat membuka dan berinteraksi dengan file tanpa resiko infeksi bahkan dari serangan malware terbaru. Dengan menggunakan Comodo Dome AntiSpam, pemfilteran email ini akan mengontrol jenis pesan yang Anda lihat saat membuka akun email Anda. Email dengan virus yang diblokir telah mengamankan email utama Anda, sehingga Anda tidak perlu offline untuk memastikan Anda memiliki transparansi penuh atas email yang dikirim ke kotak masuk Anda. Fitur menarik dari Comodo Dome AntiSpam adalah aplikasi email filter ini telah tersedia sebagai solusi lokal atau berbasis cloud.

 

Baca Juga  :    Apa Itu Email Phishing : Pengertian, Bahaya, Ciri-Ciri, dan Contohnya

 

Manfaat Menggunakan Aplikasi Email Filter Dalam Menyaring Spam

Rekomendasi Aplikasi Email Filter Untuk Menyaring Email yang Masuk Secara Online
 

Spam yang biasa disebut junk mail, dikenal juga sebagai sarana untuk menjual produk atau layanan ke target pembeli yang sebenarnya tidak tertarik, telah beroperasi sejak dunia mengenal internet. Setelah mendapatkan alamat email dari sejumlah besar individu, spammer mengirimkan penawaran mereka ratusan atau ribuan sekaligus. Jenis spam yang umum termasuk kupon, link konten dewasa, permintaan donasi, buletin, dll.

Apabila spam hanya email tidak diinginkan, di lain pihak, email phishing adalah suatu rancangan khusus untuk merugikan perusahaan atau individu dengan memperoleh informasi sensitif. Jenis email gangguan ini seringkali berbentuk pesan yang tampak sah dari pengirim terpercaya. Email phishing menargetkan kredensial perbankan, kata sandi, penarikan tunai, atau informasi berharga serta pencurian identitas. Mengingat penyaring email bawaan dari penyedia email tidak mencukupi, maka berikut manfaat penggunaan email filter :

 

  • Menggunakan aplikasi email filter, akan melindungi email Anda terhadap virus yang berbahaya.
  • Aplikasi email filter, email Anda akan tetap aman dan email Anda akan dilindungi dari peretas yang berbahaya.
  • Aplikasi email filter, akan membantu Anda untuk menghemat waktu Anda dalam memblokir email spam yang masuk ke kotak masuk email Anda.
  • Aplikasi email filter, akan menghindari peristiwa kebocoran data penting Anda, sehingga tidak akan merusak reputasi Anda.
  • Aplikasi email filter, Anda akan mendapatkan layanan sesuai dengan yang Anda inginkan untuk mengamankan email Anda.

 

Baca Juga  :     Keuntungan dan Manfaat Email Hosting dalam Bisnis

 

Kesimpulan dan Penutup

Meski sebagian besar penyedia email utama memiliki filter spam bawaaan yang akan secara otomatis memindahkan email yang mencurigakan ke label folder spam, tetapi ini tidaklah mencukupi. Terkadang, folder ini juga akan mengaktifkan pengaturan yang secara otomatis telah menghapus semua email di folder ini setelah jangka waktu tertentu. Email spam biasanya lebih mengganggu karena mereka mencoba menjual produk kepada Anda atau membujuk Anda untuk mengambil beberapa jenis tindakan seperti menyumbang untuk suatu tujuan.

Di sisi lain, email phishing lebih berbahaya juga, terutama bagi keamanan informasi pribadi Anda. Email phishing berbahaya karena email phishing akan berusaha dengan mencuri informasi pribadi Anda untuk tujuan yang jahat, dan hal ini bisa merusak reputasi Anda. Mengingat email masuk adalah salah satu titik masuk paling umum untuk perangkat lunak berbahaya, terutama di lingkungan perusahaan yang lebih kompleks. Karenanya, gunakan bantuan email filter untuk menyaring semua kemungkinan buruk dan juga mencegah Anda mengunjungi situs web yang diketahui telah mengandung malware.

Related Post :