Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022

Serba Serbi, Technology / 0 | | 1

Sektor teknologi informasi dan ilmu data dibangun di atas bahasa pemrograman. Untuk membuat aplikasi kreatif, pengembang perangkat lunak dan ilmuwan data menggunakan berbagai programming language. Selain itu, salah satu keterampilan yang paling penting untuk dipelajari di dunia saat ini adalah mengetahui cara menulis program komputer. Komputer telah memasuki hampir setiap industri. Saat ini, hampir setiap produk dan layanan menggunakan komputer dalam berbagai cara.

Seiring berkembangnya teknologi, komunitas pemrograman dan pengembang juga berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Beberapa bahasa pemrograman dan framework baru pun bermunculan. Jika Anda mempertimbangkan untuk meningkatkan keterampilan Anda dan beralih ke programming language yang sangat dicari ini, maka Anda harus mengetahui berbagai jenis dan level pemrograman, dan tentu saja bahasa pengkodean apa yang terbaik untuk dipelajari.

Dalam artikel ini, akan dibahas rekomendasi programming language terbaik untuk dipelajari di awal tahun 2022. Sehingga Anda dapat memulai karir Anda sebagai pengembang perangkat lunak atau ilmuwan data. Karena salah satu tantangan bagi orang yang mengejar karir di bidang pemrograman adalah memutuskan bahasa mana yang akan dipelajari. Dengan begitu banyak bahasa yang digunakan untuk tujuan yang berbeda, memilih bahasa yang ingin Anda pelajari akan bergantung pada spesialisasi yang paling menarik minat Anda serta permintaan pekerjaan.

 

Baca Juga :  Sejarah Singkat dan Mengenal Bagian/Jenis Bahasa Pemrograman Phyton

 

Mengenal Apa Itu Programming Language

Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022
 

Bahasa pemrograman atau programming language adalah seperangkat perintah, instruksi, dan sintaks lainnya yang digunakan untuk membuat program perangkat lunak. Bahasa yang digunakan programmer untuk menulis kode disebut high-level language. Kode ini dapat dikompilasi menjadi low-level language yang dikenali langsung oleh perangkat keras komputer.

High-level language dirancang agar mudah dibaca dan dipahami. Ini memungkinkan programmer untuk menulis kode sumber secara alami, menggunakan kata-kata dan simbol logis. Misalnya, kata-kata yang dicadangkan seperti function, while, if, dan else digunakan di sebagian besar bahasa pemrograman utama. Simbol seperti <, >, ==, dan != adalah operator umum. Banyak high-level language yang cukup mirip sehingga programmer dapat dengan mudah memahami kode sumber yang ditulis dalam berbagai bahasa.

Contoh high-level language termasuk C++, Java, Perl, dan PHP. Bahasa seperti C++ dan Java disebut compiled language karena kode sumber harus dikompilasi terlebih dahulu agar dapat dijalankan. Bahasa seperti Perl dan PHP disebut interpreted language karena kode sumber dapat dijalankan melalui juru bahasa tanpa dikompilasi. Umumnya, bahasa yang dikompilasi digunakan untuk membuat aplikasi perangkat lunak, sedangkan bahasa yang ditafsirkan digunakan untuk menjalankan skrip, seperti yang digunakan untuk menghasilkan konten untuk situs web dinamis .

Low-level language termasuk bahasa rakitan dan mesin. Bahasa rakitan berisi daftar instruksi dasar dan jauh lebih sulit dibaca daripada bahasa tingkat tinggi. Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang programmer dapat memutuskan untuk membuat kode program dasar dalam bahasa assembly untuk memastikannya beroperasi seefisien mungkin. Assembler dapat digunakan untuk menerjemahkan kode rakitan ke dalam kode mesin. Kode mesin, atau bahasa mesin, berisi serangkaian kode biner yang dipahami secara langsung oleh CPU komputer. Tak perlu diragukan, bahasa mesin tidak dirancang untuk dapat dibaca manusia.

 

Baca Juga :  Programming Language/Bahasa Pemrograman : Pengertian dan Daftar Terbaik 2022

 

Rekomendasi Programming Language Terbaik 2022

Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Terbaik 2022
 

Bahasa pemrograman atau programming language adalah bahasa komputer yang digunakan oleh programmer atau pengembang untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa pemrograman terutama digunakan untuk mengembangkan aplikasi desktop, situs web, dan aplikasi seluler. Berikut adalah bahasa teratas yang terbaik di tahun 2022.

  • Python

    Python secara harfiah adalah bahasa pemrograman terbaik di dunia saat ini dan telah berlangsung selama beberapa waktu. Faktanya, statistik menunjukkan bahwa Python secara konsisten menempati peringkat nomor satu di beberapa indeks peringkat utama, menjadikannya salah satu pilihan teratas untuk pengembang, tetapi juga pilihan utama untuk klien. Baik itu untuk pengembangan aplikasi Android atau iOS, bahkan untuk membangun aplikasi desktop, klien saat ini akan mempekerjakan pengembang perangkat lunak yang secara khusus menawarkan Python sebagai bahasa pembuatan perangkat lunak terkemuka. Tidak mengejutkan, karena Python membawa banyak manfaat ke dalam tabel dan ini adalah bahasa serbaguna tingkat atas.
    Salah satu nilai jual terbesar Python adalah relatif mudah dipelajari dan juga mempercepat waktu pengembangan, itulah sebabnya klien sangat menyukainya. Tetapi bagi Anda sebagai pengembang, Python juga memiliki keuntungan tambahan sebagai open source dan memiliki komunitas online yang dinamis. Ini berarti Anda bisa mendapatkan bimbingan dan dukungan kapan pun Anda membutuhkannya. Fakta bahwa Python sangat populer bukan berarti tidak ada kekurangan di bidang ini, tetapi itu tidak berarti bahwa Anda tidak boleh mempelajari bahasa yang lengkap ini. Perlu diingat bahwa Python bisa lebih lambat daripada beberapa bahasa lain seperti Kotlin, dan ini bukan bawaan perangkat seluler, sehingga dapat menyebabkan konsumsi memori yang tinggi di aplikasi.

  • R

    R adalah bahasa open source yang pada dasarnya merupakan versi berbeda dari bahasa S. Sebagian besar kode yang ditulis pengembang untuk S berjalan di R tanpa modifikasi. Aplikasi bawaan R digunakan untuk memproses statistik, termasuk pemodelan linier dan nonlinier, perhitungan, pengujian, visualisasi, dan analisis. Aplikasi yang dikodekan menggunakan R dapat berinteraksi dengan sejumlah database dan memproses data terstruktur dan tidak terstruktur. R memiliki kurva belajar yang moderat dan tidak mudah dipelajari oleh pemula seperti beberapa bahasa lain dalam artikel ini. Namun, seperti bahasa pemrograman open source lainnya, R menawarkan komunitas pengembang online yang aktif, yang selalu menjadi nilai tambah saat mempelajari keterampilan pengkodean baru.

  • JavaScript

    JavaScript telah menjadi pemimpin industri dalam perangkat lunak desktop, aplikasi berbasis web, dan bahkan aplikasi untuk ponsel. Anda mungkin berpikir saat ini bahwa Anda harus mempelajari setiap bahasa yang disebutkan disini untuk menjadi pengembang yang sukses, tapi memang kenyataannya adalah semakin banyak bahasa yang Anda miliki, semakin baik peluang Anda untuk memulai karir yang berkembang. Karena saat ini tim pengembang dan perusahaan pada umumnya mempekerjakan pengembang dengan beragam keterampilan, dan JavaScript hanyalah salah satunya. Hal baiknya pada JavaScript adalah Anda dapat mengkodekan hampir semua hal dalam bahasa ini. JavaScript sangat populer di industri E-commerce untuk pengkodean aplikasi pengiriman yang tepat dan aplikasi backend dan customer-centric lainnya. Fakta lainnya adalah eBay dibangun dengan Node.js dan runtime JavaScript. Semua ini menunjukkan bahwa JavaScript adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki. Manfaat nyatanya termasuk kecepatan, keserbagunaan, dan keandalan, penting juga untuk dicatat bahwa ini dapat diakses dan terjangkau. Popularitasnya juga membuatnya mudah dipelajari, karena Anda akan memiliki akses ke komunitas online yang besar.

Baca Juga :   Daftar Rekomendasi Programming Language/Bahasa Pemrograman Populer 2022

  • PHP

    PHP adalah bahasa pemrograman open-source yang dibuat pada tahun 1990. Banyak pengembang web akan merasa penting untuk mempelajari PHP, karena bahasa ini digunakan untuk membangun lebih dari 80% situs web di Internet, termasuk yang seperti Facebook dan Yahoo. Namun, PHP tetap menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer di tahun 2022. Pemrogram terutama menggunakan PHP terutama untuk menulis skrip sisi server. Tetapi pengembang juga dapat menggunakan bahasa ini untuk menulis skrip baris perintah, dan programmer dengan keterampilan pengkodean PHP tingkat tinggi juga dapat menggunakannya untuk mengembangkan aplikasi desktop. PHP dianggap sebagai bahasa yang relatif mudah dipelajari untuk pengembang pemula. Professional PHP memiliki sejumlah komunitas online khusus, sehingga mudah untuk mendapatkan dukungan dan jawaban atas pertanyaan.

  • C++

    C++ telah meningkat selama bertahun-tahun menjadi bahasa pemrograman yang masuk untuk tujuan analisis dan penelitian, tetapi saat ini C++ adalah salah satu bahasa utama untuk pengembangan dalam game. Namun ini hanya sebagian karena C++ juga merupakan bahasa skrip utama untuk Unreal Engine, yang diketahui adalah salah satu mesin game paling populer di dunia yang menawarkan kinerja terbaik, dan visual yang menjanjikan. Jika tidak ada alasan lain, penting untuk mempelajari C++ pada tahun 2022 untuk menjadi pengembang yang kompetitif di industri game. Selain itu C++ merupakan bahasa yang sangat berguna juga untuk pengembangan perangkat lunak sistem, serta mengintegrasikan metodologi manajemen proyek ke dalam aplikasi PM dan perangkat lunak berpemilik untuk bisnis. Bahasa ini mendukung pemrograman berorientasi objek serta beberapa paradigma pemrograman lainnya, yang membuatnya sangat serbaguna, dan lebih mudah dipelajari daripada beberapa bahasa pengkodean lainnya. Satu-satunya hal yang mungkin menyulitkan Anda saat pertama kali bekerja di C++ adalah tidak adanya pengumpul sampah otomatis, artinya Anda harus membuang data yang tidak berguna secara manual.

  • Go

    Go dikembangkan oleh Google pada tahun 2007 untuk API dan aplikasi web. Go baru-baru ini menjadi salah satu bahasa pemrograman yang tumbuh paling cepat karena kesederhanaannya, serta kemampuannya untuk menangani sistem multicore dan jaringan serta basis kode yang masif. Go, juga dikenal sebagai Golang, diciptakan untuk memenuhi kebutuhan programmer yang mengerjakan proyek besar. Go mendapatkan popularitas di antara banyak perusahaan IT besar berkat struktur dan sintaksnya yang sederhana dan modern. Perusahaan yang menggunakan Go sebagai bahasa pemrograman mereka termasuk Google, Uber, Twitch, Dropbox, di antara banyak lainnya. Go juga semakin populer di kalangan ilmuwan data karena kelincahan dan kinerjanya.

  • Kotlin

    Kotlin adalah bahasa pemrograman tujuan umum yang awalnya dikembangkan dan diresmikan sebagai Project Kotlin oleh JetBrains pada tahun 2011. Versi pertama secara resmi dirilis pada tahun 2016. Ini dapat dioperasikan dengan Java dan mendukung bahasa pemrograman fungsional. Kotlin digunakan secara luas untuk aplikasi Android, aplikasi web, aplikasi desktop, dan pengembangan aplikasi sisi server. Kotlin dibuat agar lebih baik dari Java, dan orang-orang yang menggunakan bahasa ini yakin. Sebagian besar aplikasi Google didasarkan pada Kotlin. Beberapa perusahaan yang menggunakan Kotlin sebagai bahasa pemrograman mereka termasuk Coursera, Pinterest, PostMates, dan banyak lainnya.

  • C#

    Dikembangkan oleh Microsoft, C# menjadi terkenal pada tahun 2000-an karena mendukung konsep pemrograman berorientasi objek. Ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk kerangka .NET. Anders Hejlsberg, pencipta C#, mengatakan bahasa ini lebih mirip C++ daripada Java. Ini paling cocok untuk aplikasi di Windows, Android, dan iOS, karena membutuhkan bantuan produk lingkungan pengembangan terintegrasi, Microsoft Visual C++. C# digunakan di bagian belakang beberapa situs web populer seperti Bing, Dell, Visual Studio, dan MarketWatch.

 

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu HTML dan Cara Kerjanya

 

Kesimpulan dan Penutup

Semoga Anda menyukai artikel tentang programming language terbaik ini. Meskipun ada ratusan bahasa pemrograman atau programming language, sangat sedikit bahasa yang termasuk dalam artikel ini yang Anda ketahui, dan delapan yang dijelaskan di atas adalah beberapa yang terbaik. Jika Anda ingin memulai karir sebagai programmer, pindah ke bidang ini, atau mengupgrade pekerjaan Anda saat ini, mempelajari salah satu bahasa di programming language adalah hal yang sangat baik untuk memulai transisi Anda.

Anda mungkin tidak harus menguasai semua bahasa yang dijelaskan diatas, tetapi semakin banyak bahasa yang Anda miliki di resume Anda, semakin banyak klien dan tim pengembang yang ingin bekerja dengan Anda pada tahun 2022 ini dan bahkan tahun-tahun mendatang. Dengan mengingat hal itu, pastikan untuk memilih kursus dan jenis pelatihan yang tepat, mulailah mempelajarinya satu per satu untuk menjadi ahli teratas di sektor programming language yang berkembang pesat ini.

Related Post :