Apa Itu Spyware, Jenis serta Cara Mengecek/Mengidentifikasinya

Informasi / 0 | | 0

Salah satu jenis ancaman kejahatan dunia maya adalah spyware adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang diinstal pada komputer atau perangkat seluler Anda tanpa persetujuan Anda. Jenis serangan ini bisa mendapatkan akses ke informasi pribadi sensitif Anda dan kemudian menyampaikannya ke pihak lain, beberapa berbahaya.

Spyware sebenarnya adalah salah satu ancaman paling umum di internet saat ini. Ini dikarenakan jenis virus ini dapat dengan mudah menyusup ke perangkat Anda dan, karena sifatnya yang terselubung, mungkin sulit untuk dideteksi. Tanpa sadar Anda mungkin sudah berhasil disusupi.

Karena sifatnya yang tidak mudah di deteksi secara langsung, pengguna internet harus ekstra waspada. Ketahui lebih lanjut mengenai betapa berbahayanya spyware dan bagaimana cara mengecek dan mengidentifikasi spyware dalam perangkat Anda.

 

Memahami Apa Itu Spyware

Spyware adalah perangkat lunak apa pun yang menginstal dirinya sendiri di komputer Anda dan mulai secara diam-diam memantau perilaku online Anda tanpa sepengetahuan atau izin Anda. Ini adalah sejenis malware yang secara diam-diam mengumpulkan informasi tentang seseorang atau organisasi dan menyampaikan data ini ke pihak lain.

Dalam beberapa kasus, spyware mungkin saja menyamarkan dirinya pengiklan atau perusahaan data pemasaran, itulah sebabnya spyware kadang-kadang juga disebut sebagai adware. Cara kerjanya adalah virus ini diinstal tanpa persetujuan pengguna dengan metode seperti unduhan drive-by, trojan yang disertakan dengan program yang sah atau jendela pop-up yang menipu.

Dengan menggunakan koneksi internet Anda, spyware akan menyampaikan informasi pribadi seperti nama, alamat, kebiasaan menjelajah, preferensi, minat, atau unduhan Anda. Bentuk spyware lainnya membajak browser Anda untuk mengarahkannya ke situs web lain, menyebabkan perangkat Anda melakukan panggilan atau mengirim teks secara otomatis, atau menayangkan iklan yang mengganggu bahkan saat Anda offline. Spyware yang mencuri nama pengguna, kata sandi, atau kredensial lainnya disebut sebagai keylogger yang terkenal sangat jahat.

 

Baca Juga  :    Mengenal Berbagai Jenis Virus/Malware dan Cara Menghapusnya di Komputer Windows

 

Jenis dan Bagian dari Spyware

Apa Itu Spyware, Jenis serta Cara Mengecek/Mengidentifikasinya
 

 

Pada dasarnya spyware adalah jenis perangkat lunak yang memperoleh akses ke komputer tanpa persetujuan pengguna. Beberapa spyware hadir dengan implikasi keamanan dan data yang semuanya dapat menghancurkan fungsionalitas komputer atau jaringan, sementara jenis lainnya hanya mengumpulkan informasi tentang pola penelusuran internet.

Untuk menghindari masalah, ada baiknya untuk tetap memperbarui ancaman spyware terbaru dan dapat mengenali tanda-tanda bahwa sistem Anda terinfeksi. Ketahui juga jenis dan bagian dari spyware :

  • Adware

    Adware adalah jenis spyware yang umum digunakan oleh pengiklan. Saat Anda online, ini merekam kebiasaan menjelajah web Anda untuk mengumpulkan informasi tentang jenis situs yang Anda cari. Informasi ini digunakan untuk mengarahkan pop-up pemasaran dan email spam.

  • Keyboard Logger

    Spyware logger keyboard adalah program jahat yang digunakan oleh peretas. Program ini dirancang untuk mencuri informasi pribadi dengan mencatat penekanan tombol aktual yang Anda ketik di komputer. Saat Anda memasukkan PIN, kata sandi, atau nomor kartu kredit, pencatat kata kunci mencatatnya untuk peretas. Informasi ini dapat digunakan untuk mengakses sistem dan melakukan pencurian identitas dan penipuan.

  • Pembajak Modem (Modem Hijacker)

    Pembajak modem mengikat ke saluran telepon Anda untuk melakukan panggilan tidak sah dan mengakses situs web anggota melalui koneksi online Anda. Biasanya program spyware ini digunakan untuk menelepon nomor telepon premium dan mengakses situs web seperti situs porno. Anda tidak tahu tentang akses dan panggilan sampai Anda melihat tagihan tidak sah pada tagihan Anda.

  • Pembajak Peramban (Browser Hijacker)

    Spyware pembajak peramban mempengaruhi akses internet Anda dengan menyetel ulang beranda dan bookmark Anda. Tujuannya adalah untuk mengarahkan Anda ke situs yang tidak diinginkan dengan iklan spam. Program-program ini juga penambang data, merekam aktivitas penjelajahan Anda dan menjual informasinya kepada pengiklan.

  • Spyware Komersial (Commercial Spyware)

    Perlu diketahui kalau tidak semua spyware tidak sah. Dalam beberapa kasus, perusahaan yang menyediakan perangkat lunak gratis dan platform jejaring sosial mengharuskan Anda untuk menyetujui pemantauan dengan spyware untuk mengakses sistem mereka. Di jenis ini kemudian mengarahkan iklan bertarget pada Anda saat Anda menggunakan sistem mereka. Dalam hal ini Anda menukar sebagian privasi Anda untuk mengakses perangkat lunak gratis.

 

Baca Juga  :    Cara Menghilangkan Iklan yang Tiba-Tiba Muncul di Laptop / PC dengan Aman

 

Cara Kerja Penyusupan Spyware

Menjadi bagian malware yang sangat berbahaya karena teknik penyeranganya yang termasuk susah dikenali, tapi tapi sebenarnya yang dilakukan spyware? Semakin baik Anda memahami cara kerja spyware, semakin baik Anda dapat bertahan melawannya. Umumnya spyware bekerja dengan cara :

  • Menyusup ke perangkat Anda yang terjadi saat Anda mengunjungi situs web jahat, tanpa disadari memasang aplikasi jahat, atau bahkan membuka lampiran file.
  • Menangkap data Anda, setelah spyware ada di perangkat Anda, spyware mulai mengumpulkan data, yang bisa berupa apa saja dari aktivitas web Anda hingga tangkapan layar atau bahkan penekanan tombol Anda.

 

Baca Juga  :    Tips dan Trick Agar Instagram Tidak Mudah Di Hack atau Diretas

 

Cara Mengecek/Mengidentifikasi Spyware

Apa Itu Spyware, Jenis serta Cara Mengecek/Mengidentifikasinya
 

 

Cukup mengerikan, spyware bisa mempengaruhi PC, Mac, dan iOS, atau perangkat Android, termasuk ponsel dan tablet. Tapi bagaimana cara mengidentifikasi spyware yang menyusup tanpa disadari ini mengingat jika perangkat Anda dapat terhubung ke internet, itu dapat terinfeksi spyware.

Meski memang spyware dirancang agar tidak terdeteksi dan tidak dapat dilacak, sehingga sulit untuk mengetahui apakah Anda memilikinya. Untuk melihat apakah itu telah menginfeksi komputer atau sistem seluler Anda, perhatikan tanda-tanda peringatan ini :

  • Perangkat Anda berjalan lebih lambat dari biasanya
  • Perangkat Anda sering macet atau crash tiba- tiba
  • Banyak pop-up mulai bermunculan
  • Beranda browser Anda berubah secara tidak terduga
  • Ikon baru muncul dan tidak dapat diidentifikasi muncul di bilah tugas
  • Pencarian web mengarahkan Anda ke mesin pencari yang berbeda
  • Anda mulai mendapatkan pesan kesalahan acak saat menggunakan aplikasi yang tidak pernah bermasalah sebelumnya

 

Baca Juga  :   5 Rekomendasi Situs Free VPN Terbaik untuk PC yang Layak Dicoba

 

Kesimpulan dan Penutup

Jika dirunut dan dipelajari, spyware dan virus komputer berada dalam keluarga yang sama dan keduanya adalah jenis perangkat lunak yang berbahaya. Tapi ada beberapa perbedaan. Spyware adalah jenis malware yang mengumpulkan informasi pribadi Anda dan mengumpulkan data tentang Anda tanpa persetujuan Anda.

Virus adalah jenis perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk menyebar dari perangkat Anda ke perangkat lain. Spyware dapat dideteksi oleh perangkat lunak keamanan internet canggih dan perangkat lunak anti-malware. Jika Anda memperhatikan bahwa komputer atau perangkat Anda berperilaku berbeda seperti berjalan lambat atau menampilkan pop-up yang tidak biasa atau sangat mengganggu, jalankan pemindaian untuk mengidentifikasi dan menghapus ancaman tersebut.

Selalu perhatikan keselamatan Anda ketika berselancar online. Jangan mudah mengklik link atau tautan yang tidak valid, hindari mengunjungi situs web yang mencurigakan dan jangan berbagi data serta informasi pribadi Anda karena ini akan menjadi bumerang bagi Anda.

 

 

 

 

 

 

Related Post :