Test Kecepatan Akses Website dengan Tools dari Google

Development & Security, Tutorial / 0 | | 0

Google baru saja merilis sebuah tools yang dapat melakukan pengecekan terhadap performa kecepatan akses website Anda secara mobile. Pada Tools tersebut dapat menguji keramahan situs Anda dan kecepatan halaman untuk desktop dan mobile semua dalam satu tempat. Hal ini langsung diumumkan oleh Google melalui postingannya di Test Your Site with Google and See How It Works Across Devices.

Test Kecepatan Akses Website dengan Tools dari Google

Pada pernyataannya Google mengatakan,

On average, people check their phones more than 150 times a day, and more searches occur on mobile phones than computers. But if a potential customer is on a phone, and a site isn’t easy to use, they’re five times more likely to leave.

To avoid losing out in these crucial moments, you need a site that loads quickly and is easy to use on mobile screens. The first step is seeing how your site is performing. We can help by scoring your site for mobile-friendliness, mobile speed, and desktop speed.

Ada beberapa indikator yang menjadi penilaian pada tools ini, diantaranya :

  1. Mobile-Friendliness : Merupakan salah satu pengujian berdasarkan responsive suatu website jika diakses menggunakan smartphone. Hal ini dikarenakan banyaknya pengguna yang sudah menggunakan internet untuk mengakses ke suatu website melalui ponsel pintar mereka. Seperti pernyataan dari Google “People are five times more likely to leave a mobile site that isn’t mobile-friendly.
  2. Mobile Speed : Pengukuran selanjutnya adalah melakukan pengukuran terhadap kecepatan akses untuk website yang diakses melalui mobile, kamu tentunya merasakan jika suatu website mempunyai loading akses website yang sangat lama, maka akan meninggalkan halaman tersebut. Seperti pernyataan dari Google “Nearly half of all visitors will leave a mobile site if the pages don’t load within 3 seconds.”
  3. Desktop Speed : Tidak jauh beda dengan pengukuran sebelumnya, pengukuran dengan indikator kecepatan desktop menjadi penilaian tersendiri untuk suatu website agar dapat diakses dengan sangat cepat

Nah, bagi kita yang berada di South East Asia (Asia Tenggara), khususnya di Indonesia juga menjadi pertimbangan loh, untuk melakukan optimasi terhadap kecepatan Website agar dapat diakses menggunakan perangkat apapun.

Kamu dapat melakukan test kecepatan akses website kamu di https://testmysite.thinkwithgoogle.com

Berikut adalah penampakan hasil test website IDCloudHost pada halaman tersebut :

Test Kecepatan Akses Website dengan Tools dari Google

Menariknya, kamu dapat melihat secara details mengenai permasalahan yang bisa kamu solving berdasarkan saran dari aplikasi ini :

Test Kecepatan Akses Website dengan Tools dari Google

Salah satu indikator yang menjadi penilaian adalah server load time, nah kamu bisa menggunakan Hosting / VPS dari IDCloudHost untuk mendapatkan poin warna Hijau pada penilaian tersebut.

Bagaimana? Sudah cek kecepatan website kamu? Selamat mencoba! 

Sources Gambar : https://smallbusiness.googleblog.com/2016/06/test-your-site-with-google-and-see-how.html

Related Post :

popup image