Tips dan Langkah Mudah Untuk Belajar Coding Bagi Pemula

Serba Serbi, Tips & Tricks / 1 | | 0

Pengkodean atau coding telah menjadi terkenal dan populer dalam beberapa tahun terakhir ini seiringnya kemajuan era digital. Coding sendiri berubah dari sesuatu yang digunakan dalam komputer dan perangkat elektronik menjadi sesuatu yang membentuk cara hidup masyarakat di dunia modern seperti sekarang ini. Perubahan trend ini berarti bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempelajari cara membuat kode untuk pemula dari latar belakang apa saja.

Jadi tidak mengherankan kalau ilmu dan keahlian coding menjadi populer mengingat hampir setiap perangkat, barang elektronik, dan mesin modern setidaknya mengandung kode. Seiring bertambahnya jumlah permintaan penggunaan untuk pengkodean, jumlah pekerjaan yang ahli dalam bidang pengembang dan pengetahuan akan ilmu coding yang tersedia juga akan terus bertambah.

Jika Anda ingin mempelajari cara membuat kode, ada banyak cara yang bisa Anda tempuh. Mulai dari mendaftarkan diri Anda ke program IT di universitas hingga belajar online, Anda bisa memilih opsi yang paling sesuai dengan Anda. Tapi jika Anda memilih opsi belajar coding secara online, maka Anda bisa memanfaatkan sumber daya pembelajaran coding secara online baik itu gratis atau biaya lebih murah dibandingkan dengan belajar ke universitas. Simak tips dan langkah mudah untuk belajar coding bagi pemula berikut ini.

 

Mengenal Apa Itu Coding dan Cara Kerjanya

Tips dan Langkah Mudah Untuk Belajar Coding Bagi Pemula
 

Coding adalah proses menggunakan bahasa pemrograman untuk membuat komputer berperilaku atau bekerja seperti yang Anda inginkan. Setiap baris kode yang dibuat akan memberitahu komputer untuk melakukan sesuatu dan dokumen yang penuh dengan baris kode disebut skrip. Tidak seperti manusia, komputer akan melakukan persis seperti yang Anda perintahkan sesuai dengan kode yang Anda buat untuknya.

Sederhananya, cara kerja sebuah kode memberitahu komputer Anda apa yang harus dilakukan. Komputer tidak benar-benar memahami kata-kata seperti yang dilakukan manusia, karena mesin memahami konsep hidup dan mati. Jadi komputer kemudian akan dipandu oleh saklar hidup dan mati atau yang disebut “transistor.” Kode biner mewakili transistor hidup dan mati sebagai angka “1” dan “0.” Jumlah kombinasi yang tak terbatas dari angka-angka inilah yang membuat komputer bekerja.

Tetapi menguraikan kode biner tanpa bantuan komputer tidak mudah dilakukan bagi manusia. Untuk itulah bahasa pemrograman komputer diciptakan. Setiap bahasa memiliki tujuan yang berbeda tetapi semuanya memungkinkan pemogram untuk menerjemahkan perintah penting ke dalam kode biner. Meskipun ada ribuan bahasa pengkodean hingga saat ini, beberapa diantaranya sangat populer dan umum digunakan dari bahasa pemrograman yang lain.

 

Baca Juga  :     Rekomendasi CMS Laravel Terbaik untuk Pengembangan Website

 

Manfaat Belajar dan Menguasai Keterampilan Coding

Majunya zaman membuat manusia menciptakan banyak inovasi yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan harian. Oleh sebab itu kenapa ada banyak sekali aplikasi dan situs web diluar sana, termasuk game dan kemajuan teknologi lainya dalam permesinan yang membuat dunia semakin membutuhkan mereka yang menguasai coding. Meski bukan ilmu yang baru, coding menjadi populer yang menarik dan menghadirkan dunia peluang bagi orang-orang yang mau belajar. Terlepas dari apa yang mungkin pernah Anda dengar, belajar coding tidak terlalu sulit. Berikut alasan mengapa harus mempelajari dan menguasai coding.

  • Menarik dan membuka banyak peluang

    Jika Anda belajar coding, Anda dapat membangun situs web Anda sendiri dari awal, dapat membuat game seluler, aplikasi yang berguna bagi banyak orang dan dapat memprogram paket analisis data.

  • Memberi Anda keterampilan yang berharga

    Mempelajari coding untuk pemula akan memberi Anda keterampilan dan pengalaman yang cukup untuk mengejar karir sebagai pemrogram.

  • Menambah keahlian kerja

    Terbukanya dan tingginya permintaan akan programmer di seluruh dunia yang memahami coding akan membantu Anda mengejar karir sebagai programmer yang akan memberi Anda keamanan kerja yang signifikan.

 

Baca Juga  :     Mengenal Apa itu React Native : Developer dan Pengembangan Aplikasi & Website

 

Tips dan Langkah Mudah Untuk Belajar Coding

Tips dan Langkah Mudah Untuk Belajar Coding Bagi Pemula
 

Belajar bagaimana membaca dan menulis kode itu menantang yang membutuhkan banyak waktu dan fokus untuk mencapai tingkat penguasaan tertentu. Tidak seperti di disiplin ilmu lain, teknologi terus berubah setiap hari sehingga sulit, terutama bagi pemula, untuk mengikuti perkembangannya. Ini tidak hanya berlaku untuk pemula tetapi juga untuk pengembang berpengalaman. Namun bukan berarti coding tidak dapat dikuasai, sebaliknya Anda bisa menguasai coding jika Anda berdedikasi dan disiplin dalam mempelajarinya. Simak tips belajar coding berikut ini.

  • Menentukan tujuan pembelajaran

    Belajar tanpa tujuan akan membuat Anda kebingungan dan tidak mempunyai prioritas, karenanya Anda harus tahu apa yang ingin Anda buat dari coding. Selain itu, aplikasi berbasis apa yang ingin Anda gunakan, dan lain sebagainya, karena dengan mengetahui tujuan sejak awal, Anda akan memilih bahasa pemrograman yang sesuai. Jadi, saat mulai belajar Anda tidak harus mempelajari semua bahasa pemrograman, pilih satu bahasa pemrograman yang kiranya Anda perlukan dan kuasai bahasa pilihan tersebut hingga benar-benar mahir.

  • Mempelajari dasar ilmu coding

    Salah satu kesalahan umum yang dilakukan siswa atau pemula saat belajar pemrograman adalah melewatkan dasar-dasar. Agar dapat memahami konsep pemrograman tingkat lanjut, Anda harus mempelajari dengan sangat jelas tentang dasar-dasar pemrograman yang menjadi landasan pembelajaran yang lebih tinggi nantinya. Adapun dasar-dasar pembelajaran coding ini adalah struktur data, variabel, struktur kontrol, sintaks, alat, atau editor teks.

  • Belajar, berlatih dan praktik secara langsung

    Kesalahan umum selanjutnya yang sering dilakukan pemula saat belajar pemrograman adalah hanya membaca buku atau melihat kode sampel di desktop tanpa mempraktikkannya. Sangat mudah untuk membaca semua teori yang ada di buku, tetapi pemrograman yang sebenarnya tidak bekerja dengan cara ini. Belajar dan praktek secara langsung akan membuat Anda terlatih juga andal karena ketika menulis kode dan mengutak-atik kode secara langsung, maka Anda dapat melihat hasil yang berbeda.
    Dengan berlatih mengoptimalkan kode dan mencoba solusi yang berbeda, kemampuan berpikir logis Anda meningkat dari hari ke hari. Pada akhirnya Anda belajar banyak hal yang membuat Anda menjadi programmer yang lebih baik.

  • Memilih bahasa pemrograman

    Mengingat banyaknya jenis bahasa pemrograman diluar sana, maka Anda harus mengusirnya sesuai dengan keahlian yang ingin Anda kuasai. Bahasa- bahasa permoragaram ini bisa dipilih berdasarkan spesifikasi keahlian Anda, seperti jika ANda ingin menjadi pengembang Android maka bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih adalah Flutter, Java, JavaScript, Kotlin, C++ dan lain- lain. Adapun jika Anda ingin menjadi pengembang aplikasi yang berbasis web, bahasa pemrograman yang umum digunakan adalah JavaScript, Ruby, PHP, Python dan lain-lain.

  • Disiplin dan konsisten

    Ilmu coding cukup kompleks dan untuk bisa mahir dan ahli dalam coding membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, Anda harus kerja keras dan tentunya konsisten juga disiplin dan karena coding bukanlah pembelajaran yang penuh teori, latih terus coding Anda sehingga Anda benar- benar dapat memahami dan menguasainya.

 

Baca Juga  :    Daftar Situs Web Untuk Kursus dan Belajar Coding Secara Online Terbaik

 

Kesimpulan dan Penutup

Tanpa disadari banyak orang, pengkodean atau coding selalu bersinggungan dengan keseharian masyarakat dunia. Banyak yang tidak menyadari keberadaan coding dan apa saja yang bisa dibuat dengan keahlian ini yang mana terlepas dari kenyataan bahwa pengkodean sangat penting bagi sebagian besar bisnis kontemporer. Bahkan aplikasi yang sedang Anda gunakan saat ini adalah bagian dari hasil yang diciptakan oleh coding.

Sedangkan bagi mereka yang sudah memahami pentingnya coding dalam dunia modern saat ini, berlomba- lomba untuk mempelajarinya. Meski dulu coding lebih cenderung hanya dikuasai oleh segelintir orang dan untuk mempelajarinya mengharuskan Anda mendaftar di universitas, tidak untuk saat ini. Kemajuan zaman membuat semuanya serba mudah nyaris tanpa batas, termasuk bagi pemula yang ingin belajar coding secara online dengan gratis dan cepat.

 

Related Post :