Tips dan Persyaratan Daftar Situs Web di Google News

Serba Serbi, Tips & Tricks / 0 | | 0

Saat ini, perkembangan teknologi memudahkan masyarakat untuk mengakses berita yang akurat, terkini dan up to date setiap detiknya. Berbagai kejadian di belahan dunia dapat diketahui hanya dengan ujung jari saja. Persebaran informasi yang sangat cepat menyebabkan banyak orang mengakses berita setiap harinya untuk mengetahui ada hal penting apa yang sedang terjadi. Karena konsumsi akan berita juga meningkat mesin pencari raksasa nomor 1 dunia, Google menyediakan layanan bernama Google News.

Google News sendiri merupakan salah satu tools dari produk Google yang bertujuan untuk menyajikan berita terkini segar dan akurat, terkini yang dioperasikan dan dikelola oleh mesin pencarian. Selain besarnya konsumsi berita oleh publik, banyak pembaca berita online cukup skeptis dengan kebenaran dari berita yang beredar baik itu secara sumber, akurasi kejadian, dan sebagainya. Mengingat hal ini, Google News memastikan bahwa berita yang ditampilkan adalah berita akurat, bukan hasil plagiarisme atau menyontek, maupun informasi palsu. Selain itu penulis berita perlu mencantumkan penulis, tanggal dan keterangan penerbit dari sumber yang diambil.

Selain membantu membuat berita yang valid, Google News bisa menjadi alat yang tepat agar produk atau jasa Anda terjangkau ke lebih banyak orang tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar jika Anda baru saja meluncurkan atau merintis bisnis kecil Anda. Anda dapat menjadi bagian dari Google News Publishers dan menyajikan berita mengenai bisnis Anda kepada pengguna Google News. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika mengelola tool seperti Google News dengan baik. Namun, apa yang harus dipersiapkan sebelum menjadi Google News Publisher serta bagaimana langkah-langkah untuk menjadi Google News Publisher? Simak artikel berikut ini.

 

Manfaat Menjadi Bagian dari Google News Publishers

Tips dan Persyaratan Daftar Situs Web di Google News
 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika Anda memiliki bisnis, dan masih merintis usaha, Google News bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan brand awareness. Namun, tidak hanya itu saja, masih banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan menjadi Google News Publisher. Kunjungan yang mencapai lebih dari 400 juta per harinya tentu tidak dapat dilewatkan. Di bawah ini adalah beragam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menjadi Google News Publisher.

  • Anda dapat monetisasi konten dan melakukan personal branding

    Anda memiliki konten penuh atas konten dan branding yang Anda kehendaki. Platform seperti Google News memberikan kebebasan bagi publisher nya untuk mengatur sendiri desain, branding, kostumisasi dan konten publikasi yang dikehendaki. Selain itu, Anda memiliki kesempatan untuk memonetisasi konten Anda. Publisher bisa menaruh iklan pada konten serta memperoleh uang lewat Google Ad Manager.

  • Meningkatkan link menuju website

    Google News mungkin akan memberikan tautan ke situs Anda dari situs web mereka yang mana ini akan meningkatkan kunjungan ke website yang Anda miliki. Selain itu peringkat Anda di mesin pencarian juga turut meningkat. Backlink yang mengalami peningkatan secara akan mempengaruhi peringkat situs web Anda dalam hasil pencarian organik, serta menambah kunjungan pembaca dari web lain. Disarankan untuk mempublikasikan 2 hingga 3 berita per hari di website Anda yang sudah menjadi Google News Publisher.

  • Membantu meningkatkan brand awareness

    Jika Anda seorang pebisnis, terutama yang memiliki toko online, Anda bisa memanfaatkan Google News untuk meningkatkan brand awareness. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kunjungan pembaca ke Google News yang nyaris mencapai 500 juta per harinya memberikan kesempatan yang bagus untuk membuat produk atau jasa menjangkau lebih banyak orang. Selain itu, pebisnis yang masih merintis usaha dan memiliki budget terbatas untuk pemasaran bisa mendaftar sebagai salah satu Google News Publisher, Anda hanya perlu aktif dalam mempublikasikan berita dan memanfaatkan tren dan hype yang ada,

  • Konten dibaca oleh target pasar yang sesuai

    Google News memiliki fitur penyaringan untuk pembacanya dimana fitur ini akan menyaring faktor- faktor seperti waktu, relevansi, sumber, dan kategori. Adanya fitur tersebut memastikan bahwa persentase pembaca yang sesuai dengan target pasar Anda lebih tinggi dibanding yang tidak sesuai. Pembaca yang membaca konten Anda juga bisa menjadi salah satu yang setia mencari bahan bacaan di situs Anda karena sesuai dengan minat dan preferensi mereka. Melalui hal ini, Anda bisa mengembangkan niche sendiri sehingga memiliki website yang menonjol dari website lain.

 

Baca Juga  :       Tips dan Trik Google Analytics Lengkap

 

Tips Untuk Menjadi Google News Publisher

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah menjadi Google News Publisher. Beberapa diantaranya bertujuan untuk mempermudah website Anda diterima sebagai bagian dari publisher, dan hal-hal lain adalah agar website Anda berkembang dengan baik. Berikut daftar tips yang bisa Anda terapkan.

  • Memilih niche yang tepat

    Ada banyak sekali website yang menyediakan berita general dan mencakup banyak hal atau tema. Anda perlu membuat website yang memiliki berita mendalam tentang topik tertentu dan spesifik. Ini dilakukan agar website Anda menjadi acuan bagi pembaca yang ingin mengetahui berita-berita mengenai topik spesifik tersebut. Anda perlu mempertimbangkan website berita seperti apa yang Anda ingin kembangkan, dan target pasar seperti apa yang Anda perlukan.

  • Menulis konten yang orisinil dan sesuai dengan isu terkini

    Google News memerlukan konten baru setiap harinya, sehingga penting untuk selalu menulis konten terkini dan sedang hype. Selain konten yang segar, tulislah konten yang juga orisinil. Anda tidak boleh melakukan plagiasi dari sumber lain, dan setiap sumber yang Anda gunakan perlu dituliskan dengan jelas siapa penulis, keterangan penerbit, tanggal dan sebagainya.

 

Baca Juga  :      Memahami Pengaruh Google Analytics Terhadap SEO

 

Syarat Menjadi Google News Publisher

Tips dan Persyaratan Daftar Situs Web di Google News
 

 

Menjadi Google News Publisher tentu tidak mudah karena ada seperangkat persyaratan yang harus dipenuhi. Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar lancar menjadi Google News Publisher.

  • Ikuti guideline resmi yang diberikan oleh Google

    Google memiliki seperangkat aturan yang harus dipatuhi, karena jika tidak, besar kemungkinan website Anda tidak diterima. Ada banyak website yang berlomba-lomba untuk menjadi publisher, Google tidak ingin membuang waktu untuk menyeleksi website yang tidak sesuai dengan guideline mereka.

  • Gunakan format atau template yang sesuai

    Crawlers mesin pencari saat ini hanya mengerti format teks. Berita yang Anda rasa baik dan bisa meningkatkan engagement sebaiknya memiliki banyak teks. Jangan gunakan format yang tidak dapat dibaca,

  • Buat URL yang unik namun dapat tetap terbaca

    Google akan mengecek berbagai aspek untuk menilai relevansi dan kualitas termasuk URL. URL yang Anda buat harus terbaca dan tidak disusun dengan karakter yang aneh/random karena Google mungkin tidak dapat memahaminya.

  • Optimalisasikan setiap halaman

    Anda harus membuat setiap halaman yang ada di website Anda mudah dicari sebagaimana situs yang Anda buat. Optimalisasikan setiap halaman sehingga memiliki tingkat kemudahan pencarian yang sama. Buat headline yang bisa di scan oleh mesin pencari,dengan kata kunci paling relevan untuk target pembaca Anda.

 

Baca Juga  :     Cara Mendapatkan Uang dari Google dengan Mudah dan Cepat

 

Kesimpulan dan Penutup

Arus informasi yang sangat cepat setiap detik di dunia membuat persebaran berita semakin mudah meluas dan diakses oleh siapa saja. Belum lagi besarnya konsumsi masyarakat akan berita yang akurat dan terkini mendorong Google menyediakan tools bernama Google News yang menyajikan berita dari berbagai sumber dan ribuan artikel. Tapi ternyata tidak semua berita yang disajikan adalah berita valid baik dari sumber dan penulisnya.

Salah satu tempat beredarnya berita adalah di Google News yang memiliki tingkat pengunjung yang sangat tinggi setiap harinya. Karena itu menjadi bagian dari Google News Publishers mendatangkan impact yang sangat positif jika Anda memiliki bisnis online atau ingin membangun brand awareness. Tentu ada syarat yang perlu Anda penuhi agar proses pendaftaran menjadi publisher berjalan lancar.

Related Post :